Resep Menu Diet Paleo Adalah

 Kesehatan dan Gaya Hidup

Resep Menu Diet Paleo Adalah

diet ini layaknya manusia di jaman batu. diet yang juga dikenal dengan istilah caveman diet ini menganjurkan anda mengonsumsi makanan sealami mungkin. Menu diet ini didominasi daging, buah, dan sayur. Fitness For Men bersama dengan dr. Verawati Sudarma, M. gizi, Sp.gk, dokter ahli gizi dari rs siloam Jakarta, akan membahas lebih jauh mengenai diet Paleo



Mau Menerapkan Diet Paleo?

Ini Catatannya! Bagi anda yang yang sedang menjalani program penurunan berat badan, anda mungkin tertarik dengan diet Paleo mengingat beberapa penelitian menunjukkan diet ini efektif dalam menurunkan berat badan. Tapi, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan:

 

  • berkonsultasi dengan dokter atau ahli nutrisi sebelum memulai.

katleen Zelman menganjurkan agar sebelum anda memutuskan menerapkan diet ini, berkonsultasilah dengan dokter untuk mengetahui tipe tubuh anda dan kebutuhan nutrisi tubuh. Masing-masing orang berbeda kebutuhan nutrisinya.

 

  • berisiko terhadap penderita ginjal

Menurut dr. Verawati, onsumsi lemak hewani dan konsumsi total asupan protein yang cukup tinggi hingga 19-35% dapat menimbulkan masalah bagi ginjal. “sisa metabolisme protein adalah ureum. Pengeluaran ureum dari tubuh dikontrol oleh ginjal. Peningkatan konsumsi protein akan meningkatkan produksi ureum yang akan membebani fungsi ginjal,” ujarnya.

 

  • lengkapi kekurangan nutrisi dengan suplemen makanan.

Menurut lisa Moskovitz, r.d., pendiri The NY Nutrition Group, karena diet ini menghilangkan beberapa jenis makanan, seperti produk susu dan gandum, anda berisiko tinggi kekurangan asupan Vitamin B, magnesium, fosfor kalsium, antioksidan, dan Vitamin d yang bisa berefek pada kesehatan lainnya. karenanya, anda boleh mengonsumsi suplemen makanan yang mengandung nutrisi tersebut untuk menambal kekurangan nutrisi akibat melakukan diet Paleo.

 

  • kesulitan untuk vegetarian.

“diet ini juga sulit dilakukan bagi para vegetarian karena menghilangkan produk dari kacang polong seperti tahu, susu kedelai, dan sebagainya,” terang dr. Verawati.

Baca Juga  10 Tips Diet Sukses, Sehat, Alami, Cepat dan Ampuh

 

  • Siapkan bujet lebih.

anda tahu, mendapatkan bahan makanan alami dengan kualitas yang baik adalah hal yang tak mudah saat ini. anda harus mengeluarkan bujet lebih dan meluangkan waktu untuk menyiapkannya.

 

Manfaat Diet Paleo

kita tentu tak mungkin kembali ke jaman berburu dan meramu jika ingin menerapkan diet Paleo. Prinsipnya, diet ini mengutamakan menu tinggi protein dan tinggi serat. Menurut loren cordain, Ph.d, dokter ahli nutrisi dan penulis buku The Paleo Diet, dari beberapa penelitian yang dilakukannya terhadap beberapa orang yang menerapkan diet ini, terbukti bahwa diet ini efektif menurunkan berat badan tanpa memangkas asupan kalori yang masuk dalam tubuh.

Makanan yang harus dihindari:

Padi-padian, seperti oat, gandum, dan nasi – artinya, anda tidak diperbolehkan mengonsumsi sereal, roti, pasta, bagel, atau granola. Sayuran dengan pati, seperti kentang dan jagung – termasuk popcorn dan tortilla. legume, seperti kacang tanah, kacang kedelai (termasuk susu kacang, tahu, dan tempe), dan edamame. Produk susu daging yang mengandung kadar lemak tinggi. gula Makanan yang diproses Makanan yang mengandung garam.

 

Makanan Diet Paleo

dalam menerapkan diet ini, kita harus memperhatikan apa yang perlu kita konsumsi dan jenis makanan apa yang harus dihindari.

 

Makanan yang bisa dikonsumsi:

konsumsi lean meat, seperti ayam, kalkun, dan daging sapi ikan dan seafood. Buah-buahan sayuran tanpa pati, seperti selada, brokoli, dan bayam kacang-kacangan, seperti almond, walnut, mede, dan pistachios Biji-bijian, seperti biji bunga matahari Telur Minyak nabati, minyak zaitun dan kelapa.

 

Keunggulan Diet Paleo

Menurut dr. Verawati, pada dasarnya diet Paleo memiliki ciri menyerupai diet rendah karbohidrat. angka kecukupan gizi yang direkomendasikan adalah protein 19 – 35%, karbohidrat 22 – 40% dan lemak 28 – 47%. “diet rendah karbohidrat cenderung menormalkan metabolisme insulin sehingga akan mencegah naik dan turunnya kadar gula darah secara cepat. dengan level insulin yang relatif stabil, metabolisme akan terjaga, bahkan terpacu, sehingga mendukung proses penurunan berat badan,” ujarnya. keunggulan lain dari diet ini, anda diajak untuk membiasakan diri melakukan cleat eating dengan mengonsumsi makanan yang tidak menggunakan pengawet dan bahan kimia lainnya. Jika dijalani secara disiplin, diet ini bakal meningkatkan kemampuan tubuh mencerna nutrisi.

Baca Juga  Wisata Internasional di Pulau Kabupaten Bintan Riau

 

Menjalani diet ini memungkinkan anda untuk mengonsumsi bahan makanan yang lebih alami, rendah gula, rendah garam dan tidak menggunakan bahan tambahan makanan serta mengonsumsi buah dan sayuran dalam jumlah tinggi. Meningkatkan konsumsi buah dan sayur saat menerapkan diet Paleo baik untuk penderita rheumatoid arthritis (ra). konsumsi bahan makanan alami yang biasanya gluten free baik untuk penderita ra. Gluten dapat memacu penyakit auto immune sepert ra pada orang yang sensitif. Tetapi, mengonsumsi daging merah dapat memacu terjadinya peradangan pada rheumatoid arthritis. karenanya, dianjurkan mengonsumsi daging merah secara berlebihan. kathleen Zelman, MPh, rd, ahli nutrisi bersertifikasi dari amerika, menjelaskan bahwa dengan menghilangkan menu yang terbuat dari gandum, produk susu, makanan kalengan, gula, dan garam membantu menurunkan risiko serangan jantung, tekanan darah tinggi, dan risiko peradangan dalam tubuh. Pola makan ini juga akan meningkatkan stamina anda.

 

 

Menu Diet Paleo untuk Seminggu buat diet Paleo yang anda lakukan jadi lebih menyenangkan dengan beberapa referensi menu lezat berikut. : 

  • Senin
Baca Juga  Latihan Agar Perut Jadi Six Pack

Sarapan: Telur rebus (2 butir), teh hijau.
Makan siang: dada ayam panggang tanpa kulit + tomat, wortel kukut, apel (satu buah).
Makan malam: ikan panggang atau daging merah, salad sayuran dengan minyak zaitun, brokoli kukus, buah beri dan segenggam kacang almond.

 

  • Selasa

Sarapan: omelet Paleo (telur, tuna, sedikit mayo, bawang bombay, dan daun parsley).

Makan siang: salad sayuran dengan daging favorit anda yang tanpa lemak (daging ayam atau sapi).
camilan: Potongan apel dengan almond butter.
Makan malam: salmon panggang dan brokoli.

 

  • Rabu

Sarapan: Pancake pisang
Makan siang: sup ayam
camilan: Paleo trail mix (campuran kacang mede sangrai, kismis, chocolate chip, biji labu, dan sedikit garam).
Makan malam: Red curry chicken

 

  • Kamis

Sarapan: Brocolli egg bake
Makan siang: Tuna avocado lettuce wrap (tuna, alpukat, dan daun selada)
camilan: Kale chips.
Makan malam: Almond crusted chicken (dada ayam dilapisi remahan kacang almond)

 

  • Jumat

Sarapan: Telur rebus, bayam kukus, daging asap, dan tomat potong.
Makan siang: Tom zucchini, olive, salad.
camilan: Pisang
Makan malam: Tuna patty (almond, bawang bombay, tuna kaleng, perasan lemon, tepung kelapa, dan taburan kacang almond)

 

  • Sabtu

Sarapan: granola, telur rebus.
Makan siang: Paleo salad – ubi jalar rebus, alpukat, kacang sangrai, paprika merah, toge, daun parsley. Campur dengan minyak zaitun.
camilan: kacang mede sangrai, coklat potong kecil-kecil.
Makan malam: Fillet ikan dan jamur. Masak dengan menggunakan minyak zaitun

 

  • Minggu

Sarapan: Ubi jalar atau talas rebus.
Makan siang: salad dada ayam kukus yang dicampur dengan daun kemangi, lada hitam, siram dengan minyak zaitun.
camilan: Pisang dan pepaya potong.
Makan malam: Steak daging, wortel rebus, bunga kol.

Artikel yang kamu Cari ga ktemu? Cari disini. Teknorus.com

Author: 

No Responses

Leave a Reply