Spesifikasi, Harga, Kartu Grafis Gaming Terbaik, dari NVIDIA, GTX 1080

  • Whatsapp

Spesifikasi, Harga, Kartu Grafis Gaming Terbaik, dari NVIDIA, GTX 1080

Tanpa perlu berpanjang lebar: ini menjadi kartu grafis konsumen paling bertenaga saat ini. NVIDIA GeForce GTX 1080 juga banyak mengklaim sebagai yang pertama. Ia menjadi yang pertama dengan proses pabrikasi FinFET 16 nm, yang pertama mengusung memori GDDR5X, dan juga kartu grafis pertama yang memiliki komponen hardware khusus untuk kemampuan menyajikan banyak perspektif gambar dari satu titip pandang.

Read More

kartu grafis Nvidia Gaming Terbaik 1


Daftarnya terus berlanjut. GTX 1080 juga menjadi produk unggulan GPU berarsitektur Pascal besutan NVIDIA (arsitektur GPU baru setelah Maxwell di awal 2014). Hasilnya adalah performa tinggi, konsumsi daya lebih rendah, dan beragam fitur baru yang memungkinkan pengalaman gaming lebih lancar dan menyeluruh di beragam skenario.

kartu grafis Nvidia Gaming Terbaik 2

NVIDIA dengan cepat menyatakan GeForce GTX 1080 berperforma lebih cepat dibandingkan dengan GeForce GTX Titan X yang menjadi kartu grafis unggulan tahun lalu. Setelah menjalankan GTX 1080 dalam benchmark gaming, bisa dibilang bahwa Titan X memang tersingkirkan. Pada 3DMark, GeForce GTX 1080 unggul sekitar 20 persen lebih cepat dari Titan X pada mode uji Fire Strike Extreme dan Ultra, sebuah performa mengagumkan mengingat banderol harga US$ 599 yang lebih murah dari US$ 999 milik Titan X. Pada game modern seperti Hitman, GeForce GTX 1080 unggul sekitar 33 persen lebih cepat dari Titan X dan 62 persen lebih unggul dibandingkan dengan GeForce GTX 980. Sebuah lompatan yang besar untuk produk dengan rentang satu setengah tahun dari pendahulunya. Salah satu peningkatan lebih memikat ada pada performa DirectX 12 yang ditunjukkannya. Kemampuan tersebut tidak bisa dilepaskan dari peningkatan dukungan bagi asynchrounous compute yang dimiliki Pascal, sehingga mampu memproses beban komputasi dan grafis secara simultan.

Baca Juga  Review, Spesifikasi, Harga, Honda CRZ Terbaru, Merah, Automatic

kartu grafis Nvidia Gaming Terbaik 3

Jika kartu grafis NVIDIA sebelumnya tidak menunjukkan peningkatan – bahkan terkadang penurunan performa – saat beralih dari DirectX 11 ke 12, GeForce GTX 1080 menunjukkan peningkatan 19 persen pada Ashes of the Singularity. Angka konsumsi daya juga tak kalah menarik. Pada beban penuh, konsumsi daya total sistem uji sekitar 286 Watt, turun dari 353 Watt pada GeForce GTX Titan X. Sistem pendinginnya juga mampu mendinginkan kartu grafis secara efektif.

 

Meskipun menorehkan temperatur puncak 82 derajat Celcius, namun torehan rata-rata temperatur berada di kisaran 60 derajat Celcius, lalu turun ke angkat 40 derajat Celcius seketika setelah beban kinerja tinggi dihentikan. Meskipun memiliki kecepatan base clock agresif 1607 MHz, ternyata masih tersedia ruang overclock yang tinggi. Kami mampu meraih boost clock maksimum 2114 MHz yang mendongkrak performa sekitar 10 persen di 3DMark. Fitur penting lainnya termasuk GPU Boost 3.0 dan Fast Sync yang disiapkan untuk memaksimalkan performa dan menyediakan pengalaman gaming lebih lancar serta latensi rendah dalam game dengan beban grafis tidak terlalu tinggi.

Baca Juga  Inilah Harga Smartwatch Series 2 Terbaru

 

Lalu ada memori GDDR5X yang pada dasarnya merupakan versi lebih cepat dari GDDR5. Meskipun sedikit kecewa karena tidak menemukan memori HBM2, GDDR5X tetap memberikan peningkatan bandwidht memori yang memungkinkan kartu grafis menawarkan performa kompetitif dalam aplikasi dengan bandwidht tinggi seperti virtual reality (VR). GDDR5X menggunakan quad-data rate (QDR) bus, bukan rate (DDR) bus milik GDDR5, yang secara efektif menggandakan kapasitas transmisi data tanpa perlu meningkatkan kecepatan clock. Memori GDDR5X 8 GB yang diusung GeForce GTX 1080 berjalan dengan kecepatan clock 10.000 MHz sehingga menyajikan bandwidht sekitar 320 GB/detik. Terakhir, tersedia versi Founders Edition yang dilengkapi dengan bodi aluminium dan desain lebih cantik melalui garis tegas dan agresif. NVIDIA juga meningkatkan komponen internal dengan desain pasokan daya 5-fasa dan memiliki gangguan voltase lebih rendah untuk meningkatkan performa overclocking. Melalui GeForce GTX 1080, NVIDIA menyuguhkan lompatan besar dibandingkan dengan tawaran kartu grafis sebelumnya.

Baca Juga  Harga Fujifilm FinePix S4200, Kamera Prosumer Setara DSLR dengan Zoom Terjauh

 

SPESIFIKASI
TRANSISTOR : 7,2 miliar
CORE CLOCK : 1607 MHz
MEMORI : GDDR5X 8 GB
MEMORI CLOCK : 10.000 MHz
HARGA : US$ 699

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.