Layar Monitor untuk Kantor dan Gaming, Asus PA248Q

  • Whatsapp

Jangan remehkan monitor terutama jika pekerjaan Anda terkait dengan desain, foto atau apapun yang terkait dengan gambar dan warna. Perangkat itulah yang pertama kali akan menampilkan imaji karya Anda untuk dinikmati oleh orang lain sebelum dicetak atau disebar luaskan. Perangkat yang akan mewakili aneka warna yang ada dalam pikiran Anda sehingga akurasi repoduksi warna harus juga menjadi pertimbangan selain ukuran, resolusi dan sudut pandang ketika hendak membeli sebuah monitor.

layar monitor Asus

Untuk segmen ini, Asus menawarkan monitor mereka PA248Q. Monitor di bawah naungan seri PA (Pro Art) memang dirancang untuk mampu menampilkan akurasi warna tingkat atas dan telah dibekali teknologi QuickFit, Splendid dan tombol navigasi lima arah untuk kemudahan pengoperasian. PA248Q menggunakan panel layar e-IPS, berbeda dari seri PA246Q yang menggunakan panel P-IPS yang lebih mahal. Berukuran layar 24 inci, PA248Q terlihat kokoh dan berkat panel IPS berteknologi HD A+IPS serta resolusi 1920×1200 piksel menjadikan monitor ini memiliki sudut pandang hingga 178 derajat horisontal maupun vertikal. Dengan tetap mempertahankan akurasi warna yang ditampilkannya. Memiliki rasio aspek 16:10 serta rasio kontras hingga 80.000.000:1 yang dicapai berkat teknologi ASUS Smart Ratio.

Baca Juga  Inilah Fitur Face ID pada iPhone X

layar monitor Asus 2

PA248Q juga sangat flksibel sehingga Anda tak hanya bisa mengatur fungsi tilt atasbawah serta kiri-kanan saja namun juga menyesuaikan tinggi dan bahkan memutar posisi layar. Untuk konektivitas, produk ini dibekali dengan aneka port dari VGA Analog, DVI, HDMI, hingga DisplayPort serta ada juga empat port Hub USB 3.0. Seperti sudah dinyatakan di atas, pengaturan bisa Anda lakukan menggunakan kontrol navigasi lima arah yang berfungsi dengan sangat baik. Namun menu antarmuka pengaturannya cenderung membingungkan kaum awam meski lengkap dan bisa menyimpan seting favorit Anda, yang bisa diakses dengan cepat melalui dua tombol OSD. Fitur menarik dari monitor yang tidak dilengkapi dengan sistem audio ini (layaknya monitor non multimedia lain) adalah QuickFit Virtual Scale yang memungkinkan pengguna menampilkan foto dan dokumen di layar dalam ukuran yang sebenarnya sebelum dicetak. Fungsi ini bisa diakses via hotkey pada monitor dan mendukung berbagai format ukuran mulai dari A4, letter, 8”x10”, 5”x7”, 4”x6”, 3”x5”, hingga 2”x2”.

Baca Juga  Rekomendasi Proyektor Mini Terbaik untuk Presentasi

 

Dari segi performa, PA248Q berhasil menghadirkan kualitas warna yang diharapkan dari sebuah panel IPS. Uji DisplayMate menunjukkan monitor ini memiliki saturasi yang baik dan keseragaman di seluruh skala. Warna kulit tampak alami, backlight LED mampu memberikan gambar yang cerah serta warna hitam yang solid. Hal ini juga terbukti pada adegan awal fim Madagascar 3 di mana warna pada adegan permata terlihat sangat solid. Kendati masih ada beberapa hal minor yang perlu ditingkatkan namun secara keseluruhan ASUS PA248Q bisa memenuhi ekspektasi kaum profesional sesuai dengan kebutuhannya sehingga monitor ini layak untuk berada di meja kerja di kantor ataupun rumah.

 

Saat tulisan ini dipublish, harga layar monitor dari Asus ini dibandrol dengan harga 5.7 jutaan

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.