BeritaKesehatan dan Gaya HidupLain-Lain

Amoxilin Obat Apa ? Apa Kegunaan dan Fungsi Amoxilin ?

Amoxilin Obat Apa ? Apa Kegunaan dan Fungsi Amoxilin ? Amoxicillin merupakan salah satu jenis antibiotik (golongan penisilin) yang digunakan untuk mengatasi infeksi akibat berbagai jenis bakteri, seperti infeksi pada saluran pernapasan, saluran kemih, dan infeksi telinga.

Amoxicillin(amoxilin obat apa, obat amoxilin, amoxilin 500, kegunaan amoxilin) hanya berfungsi untuk mengobati infeksi yang disebabkan oleh bakteri dan tidak dapat mengobati infeksi yang disebabkan oleh virus, misalnya penyakit flu. Obat ini akan membunuh bakteri dengan cara menghambat dan menghentikan pembentukan dinding sel bakteri.

Amoxilin Obat Apa sih ?

Amoxicillin adalah obat antibiotik yang digunakan untuk mengobati berbagai jenis infeksi bakteri. Obat ini termasuk dalam kelompok obat penicillin yang bekerja dengan cara membunuh atau menghambat pertumbuhan bakteri di dalam tubuh. Amoxicillin biasanya dikonsumsi dalam bentuk tablet, kapsul, atau suspensi oral, dan dapat digunakan untuk mengobati infeksi pada saluran pernapasan, saluran kemih, tenggorokan, atau kulit. Obat ini tidak efektif untuk mengobati infeksi yang disebabkan oleh virus, seperti flu atau pilek. Selain itu, amoxicillin tidak boleh dikonsumsi oleh orang yang memiliki hipersensitivitas terhadap obat penicillin atau obat-obat lain yang termasuk dalam kelompok penicillin. Sebelum mengonsumsi amoxicillin, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan bahwa obat ini tepat untuk Anda dan untuk mengetahui dosis yang tepat sesuai dengan kebutuhan Anda.

Dosis Amoxicillin

Penggunaan Amoxicillin(amoxilin obat apa, obat amoxilin, amoxilin 500, kegunaan amoxilin) tentu harus menggunakan dosis tertentu. Hal tersebut bergantung pada penyakit yang akan diobati. Berikut ini adalah dosis secara umum.

1. Abses gigi : untuk dewasa sebanyak 3 gram, diulang sesudah 8 jam sekali.

2. Infeksi saluran kemih : untuk dewasa sebanyak 3 gram, diulang setelah 10-12 jam.

3. Infeksi saluran pernapasan parah atau berulang : untuk dewasa sebanyak 3 gram.

4. Infeksi H. Pylori : untuk dewasa sebanyak 750 atau 1000 mg.

5. Infeksi gonore : untuk dewasa sebanyak 3 gram.

6. Aktinomikosis, infeksi saluran empedu, bronkitis, endokarditis, gastroenteritis, infeksi mulut, otitis media, pneumonia, gangguan limpa, demam tifoid dan paratifoid, infeksi saluran kemih : untuk dewasa sebanyak 250-500 mg setiap 8 jam atau 500-875 mg setiap 12 jam. Sementara untuk anak di bawah 40 kg sebanyak: 40-90 mg/kg berat badan setiap hari, dibagi dalam 2-3 dosis dan maksimal: 3 gram/hari.

7. Faringitis dan tonsilitis : untuk dewasa sebanyak 775 mg untuk 10 hari.

8. Pasien hemodialisis (cuci darah): untuk dewasa sebanyak 250-500 mg setiap 24 jam.

Peringatan Ketika Menggunakan Amoxicillin

Amoxicillin(amoxilin obat apa, obat amoxilin, amoxilin 500, kegunaan amoxilin) memiliki reaksi tertentu terhadap beberapa bahan lain atau kondisi-kondisi tertentu. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang harus kita pahami ketika mengonsumsi Amoxicillin.

1. Berhati-hatilah jika memiliki alergi terhadap beberapa jenis obat, seperti penisilin atau bahan tertentu.

2. Apabila akan menjalani vaksinasi, pastikan untuk memberi tahu dokter bahwa kita sedang mengonsumsi amoxicillin karena obat ini dapat menghambat kerja vaksin, terutama vaksin tifoid.

3. Jika kita sedang mengonsumsi pil kontrasepsi dan mengalami muntah-muntah akibat amoxicillin, gunakan alat pengaman tambahan seperti kondom saat berhubungan badan.

4. Kosultasikan pada dokter apabila terdapat masalah atau gangguan ginjal serta dicurigai menderita demam kelenjar (glandular fever).

5. Segera beritahu dokter jika mengonsumsi obat lain, termasuk suplemen atau obat berbahan herbal.

6. Jika terjadi reaksi alergi atau overdosis, segera hentikan pemakaian dan temui dokter.

 

Petunjuk Menggunakan Amoxicillin

Supaya tidak mendapatkan efek samping terlalu besar, gunakan cara-cara yang benar dalam mengonsumsi Amoxicillin(amoxilin obat apa, obat amoxilin, amoxilin 500, kegunaan amoxilin).

1. Baca petunjuk penggunaan yang ada pada bungkus obat atau ikuti anjuran dokter dalam mengonsumsi amoxicillin. Jangan mengubah dosis amoxicillin dari yang tertera dalam kemasan, kecuali disarankan oleh dokter.

2. Amoxicillin aman untuk dikonsumsi sebelum atau sesudah makan, tetapi jangan dikombinasikan dengan obat lain.

3. Pastikan untuk menghabiskan dosis dalam jangka waktu yang sudah disarankan oleh dokter. Hal tersebut untuk mencegah munculnya kembali infeksi.

4. Jika kita tidak sengaja melewatkan jadwal dosis amoxicillin, segera minum jika jadwal dosis selanjutnya tidak terlalu dekat. Namun, apabila sudah dekat dengan jadwal selanjutnya, jangan menggandakan dosis.

5. Pada pasien anak-anak, konsumsi obat ini bisa mengakibatkan perubahan warna pada gigi menjadi kuning, coklat, atau abu-abu.

Hal yang Wajib di Perhatikan Saat Mengkonsumsi amoxilin

Amoxilin Obat Apa

Cara penggunaan amoxicillin tergantung pada kondisi kesehatan yang Anda derita, usia, dan keparahan infeksi yang sedang Anda alami. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengonsumsi amoxicillin:

  1. Baca label obat dengan seksama. Pastikan Anda memahami instruksi yang tercantum di label obat, termasuk dosis yang tepat dan interval waktu pemberian obat.
  2. Ikuti anjuran dokter. Jika dokter telah memberikan resep obat, pastikan untuk mengonsumsi obat sesuai dengan anjuran dokter. Jika Anda memiliki pertanyaan tentang dosis atau cara pemberian obat, sebaiknya bertanya kepada dokter atau apoteker.
  3. Minum obat sesuai dosis yang dianjurkan. Jangan mengonsumsi obat dalam jumlah yang lebih besar atau lebih kecil dari yang dianjurkan. Jangan mengonsumsi obat lebih sering atau lebih jarang dari yang dianjurkan.
  4. Minum obat sesuai interval waktu yang dianjurkan. Pastikan untuk minum obat pada waktu yang sama setiap hari sesuai dengan interval waktu yang dianjurkan. Jangan mengonsumsi obat lebih cepat atau lebih lambat dari waktu yang dianjurkan.
  5. Minum obat dengan segelas air. Minum obat dengan segelas air atau sesuai dengan anjuran dokter untuk membantu menetralkan obat di dalam perut.
  6. Lanjutkan mengonsumsi obat sampai habis. Jangan berhenti mengonsumsi obat sebelum waktunya, meskipun Anda merasa sudah tidak sakit lagi. Hal ini penting untuk membunuh semua bakteri yang ada di dalam tubuh dan mencegah kekambuhan infeksi.
  7. Jangan mengonsumsi obat ini jika Anda memiliki hipersensitivitas terhadap obat penicillin atau obat-obat lain yang termasuk dalam kelompok penicillin.
  8. Jangan memberikan obat ini kepada orang lain, terutama jika mereka memiliki gejala yang sama dengan Anda. Obat ini hanya untuk Anda pribadi dan tidak boleh diberikan kepada orang lain tanpa resep dokter.

Apakah Amoxilin bisa untuk Pengobatan Sakit Gigi ?

Amoxicillin dapat digunakan untuk mengobati infeksi gigi yang disebabkan oleh bakteri. Obat ini biasanya dikonsumsi dalam bentuk tablet atau kapsul yang diberikan oleh dokter gigi atau dokter spesialis bedah mulut. Amoxicillin dapat membantu mengurangi rasa sakit dan inflamasi yang disebabkan oleh infeksi gigi. Namun, obat ini tidak akan menyembuhkan gigi yang rusak secara permanen. Jika Anda memiliki gigi yang rusak atau terinfeksi, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter gigi untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Sebelum mengonsumsi amoxicillin untuk infeksi gigi, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter atau dokter gigi untuk memastikan bahwa obat ini tepat untuk Anda dan untuk mengetahui dosis yang tepat sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan mengonsumsi obat ini jika Anda memiliki hipersensitivitas terhadap obat penicillin atau obat-obat lain yang termasuk dalam kelompok penicillin. Jangan memberikan obat ini kepada orang lain, terutama jika mereka memiliki gejala yang sama dengan Anda. Obat ini hanya untuk Anda pribadi dan tidak boleh diberikan kepada orang lain tanpa resep dokter

Kesimpulan
Tanggal
Judul
Amoxilin Obat Apa
Rating
51star1star1star1star1star
Product Name
Amoxilin Obat Apa
Price
USD 0
Product Availability
Available in Store Only

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button

Hy Guys

Tolong Matikan Adblock Ya. Situs ini biaya operasionalnya dari Iklan. Mohon di mengerti ^^