Harga VGA untuk Game Komputer 3D Full HD

  • Whatsapp

Harga VGA untuk Game Komputer 3D Full HD

Seluruh graphics card NVIDIA GeForce seri 10 sejatinya dikembangkan untuk mengakomodir kebutuhan multimedia dan gaming pada resolusi 4K, tak terkecuali seri GTX 1050. Namun berbeda dengan GTX 1060, GTX 1070, dan GTX 1080 yang diposisikan sebagai graphics card kelas menengah ke atas, ia dirancang untuk mengisi kelas bawah sehingga harganya pun lebih terjangkau dari yang lainnya. Pada resolusi 4K, GTX 1050 sejatinya lebih ditujukan untuk multimedia.

Namun ternyata, pada resolusi Full HD, ia cukup tangguh untuk diajak bermain berbagai game berat. Sebuah produsen komponen komputer asal Taiwan, MSI pun sudah memiliki lini graphics card GTX 1050. Salah satu variannya adalah MSI GeForce GTX 1050 2G OC. Sesuai namanya, ia dibekali dengan memori GDDR5 berkapasitas 2 GB dan GPU GP107-300. Seperti graphics card pada umumnya, paket penjualannya tergolong minim. Di dalam kardusnya hanya ada Quick User Guide dan DVD Driver saja. Desain Berkat memory bus 128-bit, MSI GeForce GTX 1050 2G OC datang dengan ukuran yang sangat kecil. Total dimensinya hanya 177 x 118 x 34 mm sehingga muat di dalam casing PC untuk form factor mini-ITX.

 

Berbeda dengan saudara dekatnya, GTX 1060 yang memiliki memory bus 192-bit sehingga dimensi papan PCB-nya pun lebih panjang. Tak cuma dimensi keseluruhannya, proses fabrikasi GPU yang tertanam di dalam graphics card GeForce GTX 1050 pun lebih kecil. Sejauh ini, baru GTX 1050 dan GTX 1050 Ti saja yang mengadopsi arsitektur Pascal dengan teknologi 14 nm. Sementara GTX seri 10 lainnya masih megandalkan proses fabrikasi 16 nm. Penyusutan ukuran dari 16 nm ke 14 nm memang terbilang sangat kecil. Meski begitu, hal ini berhasil membuat graphics card lebih efisien dalam bekerja dan menghasilkan panas yang lebih sedikit lagi. Dimensi keseluruhan yang kecil serta dispasi panas yang rendah membuat MSI hanya menyertakan sistem pendingin yang sederhana pada graphics card ini.

Baca Juga  Inilah Merk Harga PC All in One Terbaik

 

Bagaimana tidak, tepat di atas GPU hanya terpasang sebuah heatsink kecil yang tak disertai heatpipe untuk mengalirkan panas. Sementara untuk membuang panas dari heatsink, terpasang sebuah kipas berdiameter 8 cm pada sisi depan. Pada sisi atasnya, MSI GeForce GTX 1050 2G OC tak dibekali dengan pin power. Ini dikarenakan ia hanya membutuhkan daya maksimal yang kecil, yakni 75 watt. Dengan begitu, graphics card ini sudah bisa beroperasi secara optimal tanpa harus mengandalkan daya tambahan dari power supply. Secara keseluruhan, MSI merekomendasikan Anda untuk menggunakan power supply minimal 300 watt supaya seluruh komponen yang ada di dalam komputer juga bisa berjalan dengan semestinya. Selain konektor pin power, gold notch pada sisi atas PCB juga tak ditemui pada graphics card ini. Biasanya, konektor tersebut digunakan untuk menghubungkan satu graphics card ke graphics card lainnya. Absennya gold notch membuat Anda tak bisa melakukan konfigurasi NVIDIA SLI pada MSI GeForce 1050 Ti 4G OC, baik 2-Way SLI, 3-Way SLI maupun SLI HB.

 

Meski begitu, hal ini sama sekali bukan masalah bagi Anda yang tak berencana untuk menggunakan lebih dari satu graphics card. Beralih ke bagian samping, terdapat tiga port output display yang terdiri dari HDMI, DisplayPort, dan DVI-D dengan jumlah masing-masing satu buah. Ketika menggunakan satu monitor, Anda bisa memilih salah satu dari port tersebut untuk bisa menampilkan gambar dari desktop PC. Atau, jika kurang puas, Anda bisa menggunakan konfigurasi NVIDIA Surround dengan cara mengoneksikan tiga monitor pada masing-masing port output display yang ada. Performa Dari sisi performa, embel-embel overclock memberikan graphics card ini sedikit keunggulan dari model reference. Pasalnya, model reference hanya memiliki base GPU clock 1.354 MHz dan boost clock 1.455 MHz. Sementara base GPU clock dan boost clock yang dipunyai MSI GeForce GTX 1050 2G OC masing-masing adalah 1.404 MHz dan 1.518 MHz. Selain itu, memory clock-nya juga turut ditingkatkan dari 7.000 MHz ke 7.008 MHz.

Baca Juga  Laptop Tablet Lenovo Windows 10 8 TouchScreen Harga Murah

 

Jika performanya terasa masih kurang, pengguna masih bisa menaikkannya melalui aplikasi MSI Afterburner yang tersedia di dalam DVD Driver dan website resmi MSI secara gratis. Untuk menguji seberapa kencang performanya, pertama kali menggunakan game Grand Theft Auto V pada konfigurasi VERY HIGH dan resolusi Full HD. Hasilnya, ia mendapatkan angka rata-rata frame sebesar 42,61 fps. Jika masih terasa kurang lancar, Anda bisa mengurangi konfigurasi anti-aliasing dan berbagai detail objek untuk mendapatkan angka di atas 50 fps. Sayangnya, kapasitas RAM yang hanya 2 GB membuat Anda tak bisa menggunakan konfigurasi display yang maksimal pada game ini. Tak jauh berbeda dengan game Battlefield 4 dan Rise of The Tomb Raider, keduanya masih berjalan di bawah 60 fps pada konfigurasi ULTRA. Battlefield 4 berhasil ditaklukkan dengan angka 48,60 fps. Sementara pada game Rise of The Tomb Raider, secara keseluruhan poin yang diperoleh adalah 32,92 fps. Sedangkan pada skenario Mountain Peak, Syria, dan Geothermal Valley, masing-masing skor yang didapatkan adalah 49,98 fps, 26,69 fps, dan 28,11 fps

Baca Juga  Laptop Gaming Acer Murah 15 inch Harga 6 jutaan

 

BENCHMARK
3DMark Fire Strike Ultra: 1.318 poin
3DMark Fire Strike Extreme: 3.188 poin
3DMark Fire Strike: 6.252 poin
3DMark Sky Diver: 19.276 poin
3DMark Cloud Gate: 22.362 poin
3DMark Ice Storm Extreme: 126.591 poin
Unigine Heaven 4.0: 33,7 fps
GTA V: 42,61 fps
Battlefield 4: 48,6 fps
Rise of the Tomb Raider (Overall): 32,92 fps

PRODUSEN:
MSI
www.msi.com
HARGA:
Rp1.650.000
DISTRIBUTOR:
Alfa Artha Andhaya

DATA TEKNIS
Arsitektur: GP107-300
Instruction Set: Pascal
Compute Unit: 32
CUDA Core: 640
GPU Clock: 1404 MHz
GPU Boost: 1518 MHz
Memori: 2 GB GDDR5
Memory Clock: 7008 MHz
Bus Size: 128-bit
Interface: PCI Express 3.0 x16
TDP: 75 Watt
PAKET PENJUALAN
Quick User Guide, Driver Disc

Kelebihan :
+ Konfigurasi default clock speed lebih tinggi
dari model reference
+ Tak membutuhkan daya tambahan dari power supply
+ Desain minimalis
+ Performa cukup mumpuni untuk gaming

Kekurangan :
– ┬ákelas menengah
– Tak memiliki gold notch untuk konfigurasi SLI

KESIMPULAN : Meninggalkan standar resolusi Full HD dan beralih ke 4K untuk mengembangkan graphics card GeForce seri 10 menjadi keuntungan tersendiri bagi Anda yang masih menggunakan resolusi Full HD. Pasalnya, MSI GeForce GTX 1050 2G OC yang dirancang sebagai graphics card multimedia pada resolusi 4K ternyata cukup bertenaga untuk diajak bermain game pada resolusi Full HD. Dengan performa yang dimilikinya dan ukurannya yang kecil membuat graphics card ini cocok untuk Anda yang berniat untuk membangun PC gaming ekonomis dengan form factor ITX.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.