Cara Membuat Studio Mini Sederhana

 Kamera

Cara Membuat Studio Mini Sederhana

 

Kreativitas memotret memang tidak terhalang oleh ruang dan waktu. Seperti halnya, untuk memotret satwa, tentunya tidak melulu harus di alam terbuka, di hutan, atau di pegunungan. Seorang fotografer yang terasah kreativitasnya, bisa saja memotret satwa liar di rumah, atau di studio mini. Satwa liar yang dimaksud di sini, tentu bukanlah satwa buas yang hidup secara liar di hutan. Namun, lebih kepada satwa yang sering kali berkeliaran di sekitar pekarangan rumah kita. Misalnya, musang, tikus, kucing, burung gereja, atau mungkin hamster dan kelinci peliharaan yang hidup bebas di pekarangan rumah Anda. Untuk memotert satwa-satwa tersebut, Anda dapat langsung berburu ke habitat tempat mereka berkeliaran.

Baca Juga  Inilah Kamera DSLR Nikon Fitur Lengkap untuk Pemula



Atau, seperti sudah kami sampaikan di atas, Anda dapat membawanya ke studio mini yang dibuat di dalam rumah. Namun, Anda juga harus memastikan bahwa satwa yang difoto tidak ganas dan tidak berbahaya. Memotret satwa tidak sama seperti halnya memotret benda mati, atau memotret manusia yang dapat diarahkan. Karena itu, diperlukan kreativitas dan kesabaran. Anda dapat berlatih terlebih dahulu dengan menggunakan objek lainnya, seperti boneka misalnya. Jika memotretnya di studio mini dengan pencahayaan artifisial (lampu tambahan), pastikan bulu-bulu halus dari satwa yang Anda foto dapat terekam dengan baik. Selain itu, Anda juga memotret dengan menggunakan teknik High-Key (lebih terang) untuk objek berwarna putih, agar tampak menyatu dengan background.

Baca Juga  Pilihan Kamera DSLR Dibawah 3 Juta

 

Satwa Jinak
Memberinya Makanan. Tidak seperti anjing, Anda tidak dapat mengontrol tikus, hamster, atau kelinci. Tapi, jangan khawatir, hampir semua satwa akan lebih tenang jika kita memberinya makanan. Setelah mereka nyaman, Anda dapat memotretnya dengan baik.

 

Membuat Studio Mini di Ruang Baca

  • Background

Dalam merancang studio mini, Anda bisa membuatnya di atas meja baca. Gunakan kain, kertas, atau karton putih polos segai background. Anda dapat memotret dengan teknik high-key, baik tanpa bantuan lampu atau dengan bantuan lampu.

 

  • Objek

Jika kesulitan menentukan fokus atau angle, Anda dapat berlatih terlebih dahulu dengan objek lainnya, seperti halnya boneka yang juga berbulu.

Baca Juga  Ini Kelebihan Kamera Prosumer dibanding Kamera DSLR

 

  • Cahaya

Cahaya artifisial, cenderung membuat satwa yang akan difoto menjadi panas dan merasa tidak nyaman. Tidak ada salahnya, menggunakan available lighting dan memantulkannya pada reflektor agar cahaya lebih merata.

  • Handheld

Untuk kecepatan dalam mengubah posisi kamera, Anda perlu menggunakan rana tinggi. Dengan demikian, Anda tidak lagi memerlukan Tripod.

Artikel yang kamu Cari ga ktemu? Cari disini. Teknorus.com

Author: 

No Responses

Leave a Reply