Daftar Harga Lampu Flash Blitz Kamera External DSLR

 Kamera



[Total: 0    Average: 0/5]

Daftar Harga Lampu Flash Blitz Kamera External DSLR

Lampu Flash di Bawah Rp 4 Jutaan

Pasar aksesoris fotografi, terutama lampu flash akan semakin berkembang di masa depan. Produsen asal Tiongkok, Eropa, dan negara lainnya berusaha menciptakan produk lampu flash dengan segala feature terbarunya. Dalam gelaran Photokina yang baru-baru ini digelar, produsen seakan-akan berlomba untuk meraih angka penjualan terbaik dengan menawarkan harga spesial. Kondisi tersebut memberi keuntungan bagi para fotografer yang sedang berburu perangkat lampu flash untuk mendukung kegiatan fotografinya. Di sini kami coba merangkum setidaknya terdapat sepuluh lampu flash yang ditawarkan dengan harga di bawah 4 jutaan. Tujuannya adalah mencari lampu flash yang dibekali dengan berbagai feature namun dengan harga yang relatif terjangkau. Beberapa lampu flash yang diuji dalam pengujian kali ini memiliki performa yang baik, hampir menyamai lampu flash kelas menengah yang notabene memiliki harga di kisaran 9 jutaan

 

Penyesuaian Metode Pengujian

Untuk menyesuaikan dengan sifat kegunaan perangkat lampu flash, maka di sini kami menyesuaikan metode pengujian yang dilakukan. Yang diuji diantaranya adalah feature, dan koneksi. Untuk keperluan pengambilan gambar dalam waktu yang cukup lama, akan sangat membantu jika lampu flash dapat dioperasikan dengan penggunaan baterai eksternal. Detail kecil yang terlihat simpel pun diperhatikan. Misalnya, apakah penggantian baterai dapat dilakukan saat lampu flash digunakan? Dan lain sebagainya.

 

Peranan Lampu Flash

Lampu flash eksternal memiliki fungsi signifikan bila digunakan secara tepat. Kekuatan cahaya dari flash eksternal berlipat-lipat lebih kuat dibandingkan flash internal bawaan kamera. Terbukti bahwa flash eksternal memiliki kekuatan guide number 24 hingga guide number 60. Coba Anda bandingkan dengan flash internal yang hanya berkekuatan guide number 12. Flash yang mempunyai harga tinggi memang memiliki output yang jauh untuk menghasilkan kilat, tapi pada rentang low-end juga bisa untuk menghasilkan kemampuan yang sama. Kisaran harga untuk flash eksternal bagi pemula cukup variatif, antara sekitar 1 jutaan hingga 4 jutaan. Sebenarnya setiap fotografer dapat mengembangkan kreativitas mereka masing-masing lebih luas, dengan menggunakan lampu flash eksternal. Kemudian, seberapa pentingkah guide number yang tertera pada flash eksternal? Pengunaan flash eksternal sebenarnya bisa digunakan dalam berbagai kondisi, tidak harus di dalam kondisi yang kekurangan cahaya atau gelap saja, tetapi juga bisa diterapkan pada siang hari untuk kebutuhan mengambil eksposure panjang, sehingga dapat membuat gambar lebih menarik.

Baca Juga  Faktor Penting Dalam Memilih Prosumer



  • Canon Speedlite 430EX III-RT

    ▶ Harga: sekitar 3,4 jutaan ▶ Guide Number: 43 ▶ TTL: ya

Lampu flash ini memiliki dimensi yang sangat compact dan berat hanya 295 gr memberi kesan bahwa kekuatannya tidak sehebat lampu flash lainnya. Namun jangan salah, Canon Speedlite 430EX III-RT ini memiliki kecepatan yang patut dipertimbangkan. Lampu flash Canon ini hanya memerlukan waktu 1,2 detik untuk siap digunakan dari satu flash ke flash berikutnya saat menggunakan baterai Eneloop Pro. Pada saat menggunakan baterai lithium waktu yang diperlukan menjadi sedikit lebih lama, sekitar 2,4 detik. Pada saat pengujian pengambilan gambar dengan panjang fokal 50 mm, lampu flash ini dapat bekerja dengan baik, cahaya rata di seluruh permukaan gambar. Namun, saat pengambilan gambar dilakukan dengan panjang fokal 35 mm terlihat adanya penurunan cahaya di sekitar sudut gambar.

 

  • Cullmann CUlight FR 60

▶ Harga: sekitar 3,5 jutaan ▶ Guide Number: 60 ▶ TTL: ya

Cullmann memberi kejutan dalam pengujian yang dilakukan. Untuk kisaran harga di bawah 4 jutaan, Cullman CUlight FR 60 hadir sebagai lampu flash yang performanya dapat melebihi produk serupa lansiran Canon, Nikon, dan Metz. Lampu flash ini ditawarkan dengan harga sekitar 3,5 jutaan. Dengan harga tersebut pembeli sudah mendapat remote control 2,4 GHz yang terintegrasi sebagai master flash maupun 5 flash group. Waktu yang diperlukan lampu flash ini untuk siap digunakan dari satu flash ke flash berikutnya juga lebih cepat dibanding Canon Speedlite, hal tersebut dikarenakan Cullman CUlight menggunakan guide number 60 yang lebih unggul. Cullmann CUlight memiliki rate flash yang lebih konstan. Sedangkan untuk penggunaan baterai, lampu flash ini sanggup melakukan 224 flash pada kondisi baterai penuh.

  • Metz mecablitz 52 AF-1 digital

▶ Harga: sekitar 2,8 jutaan ▶ Guide Number: 52 ▶ TTL: ya

Flash Metz mecablitz 52 AF-1 digital hadir dengan menggunakan kontrol yang dilakukan melalui layar touchscreen. Namun display touchscreen yang dimilikinya dirasa masih belum optimal. Display kurang sensitif dan sedikit lamban. Selain itu, fotografer yang menggunakan lampu flash Metz mecablitz ini juga akan sedikit kesulitan karena harus memilih pengaturan yang diinginkan pada menu dengan menggunakan anak panah. Tentu saja hal tersebut dinilai kurang praktis karena akan memerlukan waktu yang lebih lama dari biasanya untuk melakukan pengaturan. Layar touchscreen yang dimiliki lensa ini posisinya dapat menyesuaikan, saat pengambilan gambar dilakukan secara portrait ataupun landscape. Sedangkan performanya, lensa ini bekerja optimal saat pengambilan gambar dilakukan pada jarak fokal 50 mm.

 

  • Neewer NW910

▶ Harga: sekitar 1,2 jutaan ▶ Guide Number: 60 ▶ TTL: ya

Ditawarkan dengan harga yang relatif sangat murah, sekitar 1,2 jutaan dengan master control unit, waktu sinkronisasi singkat, dan guide number 60. Sekilas kemampuan lampu flash ini agak meragukan. Namun, lampu flash asal tiongkok ini memiliki performa melebihi bayangan di atas. Tampilan konektor pada shoe kamera tidak begitu sempurna, namun tetap dapat berfungsi dengan baik, begitu pula dengan tombol-tombol yang ada tidak memiliki finishing yang sangat rapi. Lampu flash ini menggunakan baterai ukuran AA sebagai sumber tenaganya. Diperlukan sebanyak enam buah baterai untuk mengoperasikannya. Sedangkan untuk kinerjanya, Neewer NW910 menunjukkan performa yang cukup baik, meskipun dalam modus fast flash kurang stabil. Kinerjanya cukup baik mengingat harga yang ditawarkan relatif murah.

 

  • Nikon SB-500

▶ Harga: sekitar 3 jutaan ▶ Guide Number: 24 ▶ TTL: ya

Banyak yang terkecoh dengan penampilan yang dimiliki Nikon SB-500. Nikon tidak menyematkan display untuk pengaturan pada SB-500, tentu saja ini sedikit mengurangi fleksibilitasnya. Menggunakan guide number 24 menjadikan lampu flash ini diposisikan sebagai kelas entry-level. Yang menarik dari lampu flash ini, saat digunakan dengan kamera Nikon dan digunakan sebagai master controller CMD pada menu kamera, perangkat ini sanggup untuk mengontrol dua perangkat lighting tambahan lainnya yang digunakan. Atau dengan kata lain, Nikon SB-500 dapat menjadi pemicu dalam pengambilan gambar yang dilakukan dengan teknik multi flash. Lampu flash ini menggunakan dua buah baterai AA. Dalam pengujian menggunakan baterai Eneloop Pro, perangkat ini sanggup melakukan 318 flash.

 

 

Baca Juga  Kamera Prosumer Canon dengan Zoom Jauh

Artikel yang kamu Cari ga ktemu? Cari disini. Teknorus.com

Author: 

No Responses

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.