Tips untuk Fotografer Pemula: Memilih Kamera Prosumer atau DSLR?

  • Whatsapp
[Total: 0    Average: 0/5]

Tips untuk Fotografer Pemula: Memilih Kamera Prosumer atau DSLR?

 

Bagi seorang fotografer pemula, tentu akan muncul kebingungan dalam memilih produk kamera yang digunakan. Tak hanya dari brand, tapi juga dari jenis kamera yang dipakai. Apakah itu kamera prosumer atau DSLR atau kamera mirrorless. Dalam artikel kali ini, kita akan sedikit membahas perbedaan antara kamera prosumer dengan kamera DSLR terlebih dulu.

 

 

Baca Juga :
Kamera DSLR Canon Terbaik Fitur Lengkap untuk Pemula
Laptop Asus Touchscreen Bisa Jadi Tablet
3 Pilihan Laptop Asus Core i3 Terbaik

pro-vs-dslr

Baca Juga  Fitur Kamera HP Sony yang Anti Air

Secara pribadi, pemilihan jenis kamera ini sebaiknya disesuaikan dengan tujuan dari pemakaian kamera itu sendiri. Kalau misalkan dipakai untuk aktivitas senang-senang, menggunakan kamera prosumer nampaknya sudah lebih dari cukup. Terlebih kamera prosumer mempunyai tingkat pemakaian yang lebih mudah jika dibandingkan kamera DSLR.

Lalu apa saja sih perbedaan antara kedua jenis kamera ini? Seperti yang telah ditulis sebelumnya, kamera prosumer memberikan tingkat pemakaian relatif lebih mudah dibandingkan DSLR. Meski begitu, kamera prosumer juga memberikan mode pengaturan secara manual seperti yang bisa dijumpai pada kamera DSLR.

Dengan mode manual tersebut, kamera prosumer pun bisa dilakukan untuk mengubah pengaturan shutter speed, aperture ataupun ISO yang kerap disebut dengan nama segitiga exposure. Keuntungannya lagi, kamera prosumer mempunyai kemampuan optical zoom yang cukup tinggi, bahkan hingga mencapai 40x. Dari segi harga, kamera prosumer pun bisa diperoleh dengan banderol lebih murah dibandingkan kamera DSLR.

Baca Juga  Daftar harga Kamera DSLR terbaru Canon

kamera prosumer atau DSLR

Dengan kondisi seperti itu, memilih kamera prosumer atau DSLR, sekali lagi lebih ditujukan pada tujuan pemakaian. Kalau memang bertujuan untuk menjadi seorang fotografer handal, tentunya kamera DSLR bisa memberikan banyak pengetahuan dan pengalaman. Namun kalau cuma sekadar ingin dapat foto bagus, rasanya kamera prosumer sudah lebih dari cukup.

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.