Kesehatan dan Gaya HidupLife StyleParenting

Cara Menidurkan Bayi yang Susah Tidur dan Bau Tangan

Cara Menidurkan Bayi yang Susah Tidur dan Bau Tangan dengan Cepat – Memiliki bayi yang baru lahir merupakan kebahagiaan dan anugerah yang tak terhingga bagi sebuah keluarga. Tapi apa jadinya jika kita mendapati si kecil rewel karena tak kunjung tidur hingga mengganggu seisi rumah? Atau bagaimana jika si kecil terbangun di tengah malam? Orang tua pasti akan kelelahan karena ikut terbangun di tengah malam saat bayi menangis. Ayah bunda perlu tahu bahwa bayi yang baru lahir memiliki pola tidur yang tak menentu karena memang si kecil belum mengetahui perbedaan siang dan malam. Karena itu, orang tua perlu mengetahui cara menidurkan bayi dengan cepat di malam hari, dengan begitu bayi akan terbiasa tidur di awal malam.

Bayi yang baru lahir membutuhkan waktu tidur yang panjang, yaitu 11-12 jam di malam hari dan 4-5 jam di siang hari. Tidur yang cukup akan memberikan banyak manfaat bagi bayi, diantaranya untuk mengumpulkan tenaga, membantu pertumbuhan dan perkembangan otak, serta meningkatkan kekebalan tubuh. Di sela-sela waktu tidur tersebut, biasanya bayi akan terbangun dua sampai empat jam di setiap tidur malam atau siangnya.

Cara Menidurkan Bayi

5 Cara Menidurkan Bayi Yang Aman Untuk Bunda dan Ayah

Nah, agar ayah bunda tahu cara menidurkan bayi dengan cepat, mari kita simak beberapa tipsnya pada artikel berikut ini

1.Memberi makan tepat waktu merupakan Cara Menidurkan Bayi

Agar bayi dapat tidur dengan segera, maka orang tua haruslah disiplin dalam memberikan makan atau ASI tepat waktu. Waktu makan bayi yang tepat adalah 30 menit sebelum tidur. Bayi akan sulit tidur atau sering terbangun jika dalam keadaan lapar, sehingga dengan memberikan makan tepat waktu akan membantu untuk menidurkan bayi.

Untuk bayi berusia kurang dari 6 bulan, usahakan agar bayi bersendawa setelah menyusu. Caranya adalah dengan memposisikan bayi dalam kedaan tegak dan pijat dengan lembut punggungnya. Dengan bersendawa akan menghindarkan bayi dari cegukan sehingga bayi bisa tidur dengan nyaman.

2.Mematikan atau meredupkan lampu adalah Cara Menidurkan Bayi dengan cepat

Seperti halnya orang dewasa, meredupkan lampu akan membantu bayi agar mudah tidur. Bayi akan kesulitan tidur di tempat yang terang. Bayi yang baru lahir juga belum bisa membedakan perbedaan siang dan malam. Sehingga dengan mematikan atau meredupkan lampu kamar di malam hari akan membantu bayi untuk terbiasa segera tidur di malam hari. Sedangkan jika bayi anda kesulitan tidur di siang hari, anda bisa mendesain kamar agar tampak gelap atau remang-remang.

3.Biasakan bayi tidur dengan jadwal yang teratur

Cara selanjutnya adalah dengan membiasakan bayi tidur dengan jadwal yang teratur atau sama. Dengan membiasakan jadwal tidur yang teratur, maka bayi akan tertidur dengan sendirinya pada jadwal tersebut. Untuk membiasakan rutinitas tersebut, ibu bisa melakukannya dengan memberikan beberapa treatment sebelum tidur, seperti :

•Mandikan dengan air hangat, kemudian berikan pakaian dan popok bersih

•Berikan pelukan, kecupan, belaian, dan senandung lembut sebagai penghantar tidur

•Berilah tanda bahwa waktu tidur telah tiba,misalnya dengan meredupkan lampu kamar atau mengurangi suara bising

•Jangan menimang bayi sampai tertidur, tapi timanglah sampai bayi terlihat mengantuk, lalu letakkan dia di box tidur dan biarkan tidur sendiri. Dengan cara ini, bayi akan terbiasa tidur sendiri tanpa dibantu oleh orang tuanya

•Saat bayi sudah tidur sendiri di box tidur, ibu bisa sesekali menungguinya dan menenangkan dengan suara apabila bayi menangis. Agar bayi terbiasa tidur sendiri, sebaiknya jangan menggendong untuk menenangkannya

Langkah-langkah tadi berguna untuk memberikan tanda kepada bayi bahwa waktu tidur sudah mau tiba, sehingga bayi akan terbiasa tidur tepat waktu.

4.Berikan makan atau ASI saat terbangun di tengah malam

Beberapa ahli dalam bidang kesehatan anak mengatakan bahwa penyebab bayi terbangun adalah karena lapar. Hal ini karena bayi mengalami proses pertumbuhan sehingga tetap membutuhkan nutrisi, walaupun di tengah malam. Memberikan makan atau ASI akan menghindarkan bayi dari lapar dan haus, sehingga bayi dapat tidur kembali.

5.Berikan suasana nyaman kepada bayi

Agar bayi bisa segera tidur dengan nyenyak, penting untuk menciptakan lingkungan yang nyaman bagi bayi. Beberapa hal berikut ini bisa berpengaruh pada kenyamanan bayi

•Berikan pakaian dengan ukuran sesuai dengan tubuh bayi serta terbuat dari bahan yang lembut dan menyerap keringat

•Mengatur suhu ruangan yang terbaik untuk bayi

•Menjaga ruangan tempat tidur bayi agar tenang dan tidak bising

Kesimpulan Begini Cara Menidurkan Bayi yang Benar

Untuk menidurkan bayi dengan benar, berikut adalah beberapa saran yang bisa Anda ikuti:

  1. Buat suasana yang tenang dan nyaman di kamar bayi, seperti menurunkan suhu ruangan, mematikan lampu, dan mengurangi kebisingan.
  2. Berikan bayi minum susu atau makanan ringan sebelum tidur untuk membantunya merasa kenyang dan nyaman.
  3. Gendong bayi atau bergerak-gerakkan bayi dengan lembut sebelum menidurkannya, seperti menggoyangkan bayi atau menyanyikan lagu-lagu.
  4. Letakkan bayi di tempat tidur dengan kepala di ujung tempat tidur, dan pastikan bahwa kepala bayi terletak di atas bantal yang empuk.
  5. Beri bayi mainan atau boneka yang bisa dipegang saat tidur untuk memberikan rasa aman dan nyaman.
  6. Hindari menggendong atau memeluk bayi terlalu erat saat menidurkannya, karena hal ini bisa membuat bayi merasa terlalu nyaman dan sulit tidur sendiri.
  7. Jika bayi terus menangis setelah Anda menidurkannya, coba tinggalkan dia sejenak dan tunggu sampai ia tertidur, kecuali jika ia terlihat sakit atau kedinginan.

Sebagian besar bayi membutuhkan waktu untuk belajar menidur dengan sendirinya, jadi jangan merasa khawatir jika ia terkadang sulit tidur. Sebagai orangtua, Anda bisa memberikan dukungan dan kesabaran sambil terus mencoba teknik-teknik yang berbeda untuk membantu bayi Anda tidur dengan nyenyak.

Merawat bayi memang membutuhkan kesabaran. Tetapi yakinlah dengan kasih sayang yang ibu berikan akan membuat hubungan emosional ibu dan anak semakin kuat. Semoga beberapa tips mengenai cara menidurkan bayi ini bermanfaat bagi para ibu dan calon ibu, selamat merawat bayi anda ya bu…

Kesimpulan
Tanggal
Judul
Cara Menidurkan Bayi
Rating
51star1star1star1star1star
Product Name
Cara Menidurkan Bayi
Price
USD 0
Product Availability
Available in Store Only

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button

Hy Guys

Tolong Matikan Adblock Ya. Situs ini biaya operasionalnya dari Iklan. Mohon di mengerti ^^