Kesehatan dan Gaya HidupParenting

Buah Yang Mengandung Asam Folat Terbanyak dan Tinggi

Buah Yang Mengandung Asam Folat Terbanyak dan Tinggi – Asam folat merupakan salah satu bentuk sintesis dari folat (vitamin B9) dan memiliki banyak manfaat penting bagi tubuh. Asam folat dikenal kegunaannya dalam menjaga kesehatan ibu hamil dan bayi yang dikandung selama masa kehamilan dan biasanya asam folat sangat dibutuhkan oleh pasangan yang ingin cepat hamil.

Tetapi sebenarnya asam folat dibutuhkan semua orang untuk mempertahankan energi, kekuatan otot, dan konsentrasi.

Rata-rata orang dewasa membutuhkan 400 microgram asam folat tiap harinya, tetapi wanita hamil harus mengkonsumsi 600 microgram asam folat per hari. Asam folat secara alami ada pada beberapa makanan seperti roti, sereal, buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, serta ada juga yang dalam bentuk suplemen.

Mau Cepat Hamil? Konsumsi 8 Buah Yang Mengandung Asam Folat

Nah, berikut di bawah ini adalah beberapa daftar buah yang mengandung asam folat yang wajib dikonsumsi jika Anda dan pasangan sedang merancanakan kehamilan, lalu apa sajakah itu?

1.Alpukat Adalah Buah Yang Mengandung Asam Folat

Jika anda menginginkan buah yang lezar, segar, dan bernutrisi tinggi, buah alpukatlah jawabannya. Setengah alpukat besar memiliki kandungan 59 microgram asam folat. Mengkonsumsi jus alpukat di siang hari akan menjadi minuman yang bermanfaat bagi anda dan keluarga.

Buah Yang Mengandung Asam Folat

Tak hanya mengandung asam folat, buah berkulit hijau ini juga kaya nutrisi lainnya seperti protein, zat besi, asam folat, kalium, dan vitamin E. Kandungan lemak tak jenuh yang ada pada alpukat sangat bermanfaat untuk mengurangi risiko terkena serangan jantung.

2.Pisang adalah Buah Yang Mengandung Asam Folat

Buah yang sangat mudah ditemukan di sekitar kita ini ternyata memiliki segudang manfaat bagi kesehatan, salah satunya adalah kaya akan asam folat. Satu pisang berukuran sedang mengandung 44 microgram asam folat. Pisang juga memiliki kandungan nutrisi lainnya seperti kalium, vitamin B6, dan mangan.

Mengkonsumsi pisang sangat bermanfaat bagi ibu hamil dan janin yang dikandungnya. Ini karena kandungan asam folat pada pisang berkhasiat untuk mencegah mual dan muntah ibu hamil pada trimester pertama serta mencegah gangguan syaraf pada janin.

3.Pepaya adalah Buah Yang Mengandung Asam Folat

Selain menyegarkan dan lezat, pepaya juga kaya akan asam folat. Satu cangkir (140 gram) pepaya mentah mengandung 53 microgram asam folat. Selain itu, pepaya juga membuat tubuh lebih sehat dan kuat karena kaya akan vitamin C, potasium, serta antioksidan seperti karoten. Kandungan vitamin A pada pepaya juga berperan penting untuk kesehatan mata dan menjaga mukosa tetap sehat.

4.Jeruk

Berbagai jenis jeruk termasuk juga lemon dan jeruk bali dikenal kaya kandungan asam folat. Satu jeruk kecil mengandung 29 microgram asam folat. Padahal kita bisa mengkonsumsi banyak jeruk dalam sehari. Sehingga banyak pakar kesehatan yang mengatakan jeruk merupakan buah dengan kandungan asam folat tertinggi.

Kandungan vitamin C pada jeruk juga bermanfaat menjaga kesehatan kulit dan menjadi antioksidan yang mampu berfungsi sebagai antiinfeksi dan antiinflamasi.

5.Tomat

Salah satu buah yang mengandung asam folat adalah tomat. Satu gelas tomat (149 gram) mengandung sekitar 22 microgram asam folat. Tomat sangat baik bagi kesehatan karena rendah lemak jenuh, natrium, dan kolesterol. Tomat juga mengandung mineral dan vitamin lainnya seperti karbohidrat, vitamin A, vitamin C, serta antioksidan beta-karoten dan likopen.

Kandungan asam folat pada tomat sangat baik untuk mengurangi depresi dan stress dengan cara mencegah kadar homosistein (asam amino dalam darah) berlebih.

Baca Juga : Bokeh Full Bokeh Lights Bokeh Video HD 2023

6.Melon

Melon merupakan salah satu buah yang kaya nitrisi dan mineral tapi rendah lemak dan kalori. Ini menjadikan melon sangat baik untuk dijadikan menu konsumsi sehari-hari. Melon tidak hanya mengandung potasium, serat, beta karoten, mapun vitamin C, tapi melon juga mengandung vitamin B komplek, salah satunya adalah asam folat. Dalam seperempat buah melon terdapat sekitar 25 microgram asam folat.

Melon memiliki banyak manfaat bagi kesehatan diantaranya menjaga kesehatan jantung, mencegah penuaan dini, serta meningkatkan kekebalan tubuh sehingga lebih tahan terhadap berbagai penyakit.

7.Buah bit

Buah bit adalah sumber antioksidan yang bermanfaat dalam detoksifikasi dan membersihkan racun yang ada pada organ hati. Bit juga dikenal sebagai salah satu sumber asam folat terbaik.

Makan satu cangkir buah bit rebus akan memberikan sekitar 136 microgram asam folat dan memenuhi 34% dari kebutuhan asam folat harian. Buah bit juga rendah kalori dan bebas kolesterol sehingga sangat pas dikonsumsi bagi anda yang sedang menjalani diet.

8.Mangga

Mangga merupakan salah satu buah tropis yang menjadi sumber asam folat sangat baik. Satu buah mangga mampu memberikan sekitar 144 microgram asam folat. Buah mangga yang diperkirakan sudah ada sejak 4000 tahun lalu ini juga sangat bergizi.

Salah satu yang terkenal adalah kandungan vitamin C-nya. Mangga juga kaya akan nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh seperti serat, vitamin A, kalsium, zat besi, magnesium dan fosfor.

Itu tadi beberapa buah yang mengandung asam folat. Anda bisa juga mendapatkan asam folat dari sayur-sayuran seperti bayam, kubis, brokoli, seledri, jagung, dll. Apakah anda punya informasi sumber asam folat dari bahan makanan lain? Silakan tambahkan di kolom komentar di bawah ini

Kesimpulan, Apa Itu Asam Folat ? Dan Apa Kegunaannya Bagi Tubuh

Asam folat adalah sejenis vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh untuk memproduksi sel darah merah dan membantu proses pertumbuhan sel-sel tubuh. Asam folat juga penting untuk proses metabolisme asam amino dan pembentukan DNA.

Asam folat dapat ditemukan dalam makanan-makanan yang mengandung banyak sayur-sayuran hijau, seperti bayam, brokoli, dan kacang-kacangan. Asam folat juga dapat ditemukan dalam makanan olahan, seperti tepung terigu, roti, dan cereals, yang telah diencerkan dengan asam folat untuk meningkatkan kandungan asam folatnya.

Asam folat sangat penting bagi kesehatan tubuh, terutama bagi wanita hamil. Asam folat dapat membantu mengurangi risiko cacat lahir pada bayi, seperti kecacatan saraf, seperti spina bifida. Asam folat juga dapat membantu mencegah anemia defisiensi besi pada ibu hamil. Selain itu, asam folat juga dapat membantu mencegah penyakit jantung dan stroke pada orang dewasa.

 

Kesimpulan
Tanggal
Judul
Buah Yang Mengandung Asam Folat
Rating
51star1star1star1star1star
Product Name
Buah Yang Mengandung Asam Folat
Price
USD 0
Product Availability
Available in Store Only
Baca Juga  Tempat Nongkrong Asik di Jakarta Malam Hari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button

Hy Guys

Tolong Matikan Adblock Ya. Situs ini biaya operasionalnya dari Iklan. Mohon di mengerti ^^