Mudik Lebaran Paling Murah Naik Apa ?

  • Whatsapp

Mudik Lebaran Paling Murah Naik Apa – Tidak terasa, tradisi mudik atau pulang kampung menjelang hari raya Idul Fitri tahun ini sudah semakin dekat. Segala persiapan sudah harus dilakukan bagi Anda yang menggunakan kendaraan. pribadi, khususnya mobil. Kabar baiknya, dibanding tahun lalu, ruas jalan tol Trans Jawa (Merak hingga Malang) dan Trans Sumatera (Bakauheni sampai Palembang) sudah tersambung. Meskipun ada yang masih fungsional. Alhasil, pemudik dari Jakarta atau Sumatera yang pengin lebaranan ke Jawa Barat, Jawa Tengah ataupun Jawa Timur dapat lebih cepat sampai tujuan. Menurut Pemerintah, setidaknya ada 1.468 km jalan tol yang bisa dilalui tahun ini. So, jangan lupa isi saldo kartu e-money yang cukup ya kalau berencana melalui jalur tol to tol. Dijamin bakal ribet deh kalau saldo kurang kan pas mau bayar tol? Dan satu lagi nih, cek tarif tol sepanjang rute yang akan dilalui. Semisal berangkat dari Merak, Banten menuju Probolinggo, Jatim, Anda harus menyiapkan saldo sebesar Rp 775.500. Atau dari Jakarta ke Semarang, Jateng siapkan Rp 349.500 untuk bayar tolnya. Murah? Iya, mari kita berhitung kasar. Andaikan Anda menumpangi mobil jenis MPV yang muat 7 penumpang dari Jakarta ke Semarang. Maka hanya mengeluarkan biaya sekitar Rp 50.000 perorang (Rp 349.500 dibagi 7) belum termasuk bensin dan makan. Coba bayangkan naik pesawat terbang reguler, paling murah Rp butuh biaya Rp 900.000 perorang. Atau naik KA (kereta api) executive (Argo) dari stasiun Gambir, Jakarta ke Tawang, Semarang, minimal Rp 500.000 perorang. Berarti mudik dengan mobil itu efsien? Bisa iya kalau soal biaya. Tapi bicara cepat ya enggak lah, pesawat sampai duluan, hehehe…

Baca Juga  Jenis Pelek Mobil Berdasarkan Cara Pembuatannya

Namun kalau mikirnya lebih cepat karena ada fasilitas tol yang sudah tersambung, hati-hati, jalan tol bukan untuk ngebut loh ya! Apalagi melalui jalan bebas hambatan yang sudah saling terhubung dan panjang (jauh) berpotensi berbahaya sangat tinggi bagi pengemudi. Ingat, melakukan sesuatu yang monoton dan lama bisa mengakibatkan kelelahan dan cepat ngantuk. Jadi harus gimana?

Nah, pada edisi khusus bertema Liburan Nyaman & Aman ini bisa menjadi jawabannya. Karena disajikan aneka panduan perjalanan jauh melalui jalan tol. Khususnya bagi Anda yang ingin liburan menggunakan mobil. Lalu bagaimana mudik dengan kendaraan roda dua? Mohon maaf, seperti biasanya kami tidak menyarankan dikendarai dalam jarak yang jauh. Bukan saja faktor pengendaranya, juga motornya. Karena motor itu merupakan alat transportasi full body contact yang hanya dibekali dua roda. Meminjam penjelasan Jusri Pulubuhu, instruktur Jakarta Defensive Driving Consulting, “Motor itu seimbang bukan stabil.” Apalagi membonceng lebih dari satu orang plus barang bawaan yang banyak. Bahaya bro! Kalau memang ingin bawa motor ke kampung halaman, sebaiknya ikuti program mudik bareng yang biasa diadakan oleh APM motor seperti Honda. Motor bakal diangkut di truk, pemilik dan keluarganya baik bus. Liburan aman dan nyaman. Mau kan?

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.