Begini Cara Agar Kaki Kaki Mobil Agar Semakin Awet

 Otomotif

Begini Cara Agar Kaki Kaki Mobil Agar Semakin Awet

Jika Anda yang sering menggunakan mobil dengan beban maksimum, ada satu bagian di kaki-kaki yang perlu mendapatkan perhatian khusus, yakni per. Bagian ini memang berpengaruh vital dalam meningkatkan kenyamanan berkendara, meskipun jika tidak didukung shock absorber membuat per gampang ‘ngayun’ dan meningkatkan risiko limbung. Sejatinya banyak solusi dalam mengurangi gejala limbung dan membuat per lebih stabil pergerakannya. Salah satunya adalah penggunaan damper, yang berfungsi memperkuat per saat melewati jalanan berlubang. Di samping itu, komponen ini mampu melindungi sekaligus memperpanjang masa pakai per, sekaligus mengurangi gaya dive (gejala mobil menunduk) sehingga mengurangi jarak pengereman. Di pasar aftermarket saat ini tersedia dua versi damper, yakni damper sport dan damper balon udara. Apa sebenarnya kelebihan dari dua jenis damper ini?Daftar Mobil Cross Over Terbaik Mewah dengan Fitur Lengkap

 

  • Lebih Statis, Lebih Stabil
Baca Juga  Apa itu Mobil Hybrid? Tipe Mobil Hybrid Apa saja?

Damper sport secara sekilas memang terasa sederhana, sebab komponen ini hanya perlu diganjalkan pada ulir per dengan posisi penempatan pada ulir harus sama antara per kiri dan kanan. Adapun material dari damper sport adalah polymer rubber dan urethane, yang memiliki fleksibilitas daya redam baik sekaligus tahan terhadap panas dan oli. Saat ini di pasaran tersedia beragam jenis damper sport, salah satunya adalah Valen Damper Sport. Memiliki lima ukuran damper, Valen Damper Sport bisa digunakan untuk segala jenis kendaraan yang menggunakan per keong (coil spring). Tersedia lima level damper yang menandakan tinggi damper. “Harga Valen Damper Sport dimulai dari Rp 390 ribu (ukuran 1 dan 2). Sedangkan ukuran 3 seharga Rp 400 ribu, ukuran 4 Rp 410 ribu , dan Rp 420 ribu untuk ukuran 5,” jelas Johan dari SM Motorsport. Sekalipun terkesan sederhana dan terjangkau, sport damper ini hanya memiliki usia pakai maksimal 5 tahun. Tapi jika mobil tersebut terus menghadapi jalanan yang tidak rata, dan penggunaan mobil sehari-hari, waktu usia pakai itu akan berkurang sedikit demi sedikit. Ini disebabkan material karet yang secara perlahan akan menyusut, sehingga hasilnya tidak maksimal.

Baca Juga  Mobil Balap Keren, BAC Mono



  • Mengurangi Beban Per

Untuk Anda pengguna SUV atau gemar membawa beban berat, bisa dipastikan area per belakang mendapatkan beban yang melebihi kapasitas suspensi standar. Lama-kelamaan ketinggian suspensi tidak lagi sama, serta membuat handling lebih sulit dikuasai. Salah satu solusi dari permasalahan ini adalah penggunaan balon udara, yang berfungsi menjaga posisi suspensi sesuai kebutuhan, sekalipun ia mendapatkan beban yang lebih dari kapasitas seharusnya. Airbag Man adalah salah satu contoh produk damper balon udara yang bisa diaplikasikan ke mobil. “Sistem kerja peranti ini menggunakan tekanan angin dari pompa khusus.

Bantal terhubung secara pararel pada pompa, sehingga memiliki tekanan dan tingkat kekerasan yang sama satu dengan lainnya. Tingkat kekerasan ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan yang ada. Semakin berat beban yang ditanggung, semakin kerasdan besar tekanan udara yang dipompa ke unit kantong tersebut,” papar Arief dari Banteng Mas Accessories di Mega Glodok Kemayoran. Salah satu kelebihan damper balon udara ini ketimbang damper sport adalah penggunaanya yang lebih luas, dimana damper balon udara bisa digunakan untuk per daun (leaf spring) maupun per keong (coil spring). Cara pasangnya cukup mudah, yakni diletakkan di area antara sasis dan per untuk penggunaan per daun, sedangkan untuk per keong cukup diletakkan di dalam ulir. Hanya saja jika dibandingkan damper sport, damper balon udara memiliki titik kelemahan dari segi biaya. Ya, sekalipun ia mudah dipasangkan, untuk satu set Airbag Man (kiri-kanan) utnuk beragam tipe SUV dan double cab dibanderol di kisaran harga Rp3-5 jutaan.

Baca Juga  Mobil 7 Seater Paling Irit Nyaman Terbaru dan Terbaik

Artikel yang kamu Cari ga ktemu? Cari disini. Teknorus.com

Author: 

No Responses

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.