Kunci Motor Anti Maling Terbaru

  • Whatsapp

Kunci Motor Anti Maling Terbaru

 Kunci Kontak Di Motor Baru
 SEMAKIN CANGGIH DAN AMAN

 

Sistem pengaman motor di Indonesia, memasuki babak baru. Khususnya kunci kontak. Produsen motor asal Jepang, mulai menanamkan fitur kunci canggih di kuda besi buatannya. Ini menjadi fitur penting mengingat masih tingginya angka pencurian motor di Indonesia. Buat yang belum kenal, yuk kenalan dulu sob! Yamaha punya kunci yang diberi nama Smart Key System (SKS). Model kunci tanpa anak kunci ini (Keyless) disematkan pada varian tertinggi Yamaha Aerox 155. Jadi, sobat cukup mengantongi remote yang berfungsi sebagai trigger.

Tidak perlu memasukan anak kunci ke rumah kunci. “Lewat SKS, menghidupkan motor tidak perlu anak kunci lagi. Cukup dekatkan Smart Key Unit (Remote, red), tekan dan putar kenob di motor, mesin pun bisa dihidupkan,” ucap Mohammad Masykur, Assisten GM Marketing PT Yamaha IndoneFoto: tIM MotoR pLUS sia Motor Manufacturing di IMOS beberapa waktu lalu. Bukan cuma Yamaha, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) 2 Wheels juga menyematkan fitur yang identik di varian Suzuki GSXR150, yang dikasih nama Key-less Ignition. Yang membedakannya dengan Aerox 155 hanya cara membuka tangki dan jok. Di Aerox, sobat tinggal putar ke posisi open dan tekan tombol yang ada di sisi kenop untuk membuka tutup tangki atau jok. Untuk di Suzuki masih pakai kunci. “Di putaran ketiga kenop dari arah kiri, kenopnya bisa dicabut. Nanti ada anak kunci di bawahnya. Anak kunci itu berfungsi untuk membuka tangki bensin,” ujar Rafi Al Gani, Public Relation PT SIS 2W.

Baca Juga  Mobil Offroad Nissan

 

Dengan sistem kunci seperti ini, dijamin motor akan aman dari maling yang menggunakan kunci ‘T’ sebagai senjata pujaan. Pasti aman, mau dimasukan ke mana coba kunci T-nya kalau enggak ada lubang rumah kunci seperti ini. Baik Yamaha dan Suzuki juga memberikan sinyal elektronik unik disetiap kunci canggihnya ini. Jadi, dijamin satu remote hanya bisa digunakan di satu motor. Di remote ini juga ditambahkan fitur answar back. Berbeda dengan Yamaha dan Suzuki, PT Astra Honda Motor memperkenalkan ‘Wave Key’ yang diadopsi All New Honda CBR250RR. Meski terlihat biasa, kontruksi anak dan ru mah kuncinya sudah berbeda dari model kunci konvensional. “Wave Key memiliki kekuatan dan keamanan yang lebih dibandingkan kunci konvensional. Kunci lebih lebih tebal dan alur lebih sulit dirusak,” ujar Sriyono, Technical Service Division PT Astra Honda Motor. Pasti ada pertanyaan apakah CBR250RR menggunakan kunci immobilizer sebagai standar pengamanannya? Jawabannya tidak. Hanya sebatas wave key saja.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.