KulinerLain-Lain

Menu Prasmanan Sederhana Tapi Mewah Anti Mahal Untuk Pernikahanmu

Menu Prasmanan Sederhana Tapi Mewah Anti Mahal Untuk Pernikahanmu – Acara pernikahan tentunya adalah salah satu momen spesial yang akan kamu kenang dalam hidupmu. Maka dari itu, kamu harus memastikan segala keperluan untuk pernikahanmu disiapkan dengan matang.

Tidak hanya urusan gedung, undangan, gaun serta dekorasi saja, namun yang utama adalah urusan konsumsi.

Konsumsi dalam acara pernikahan adalah salah satu hal yang dinantikan oleh para tamu. Urusan makanan ini biasanya menjadi sesuatu yang memorable atau dapat berkesan bagi para tamu. Konsumsi di acara pernikahan dapat menggunakan berbagai penyajian, antara lain adalah nasi box, fine dining serta menyajikan menu prasmanan

Buffet atau yang dikenal dengan prasmanan ini adalah sajian yang umumnya ada di acara pernikahan, lamaran, acara kantor, acara keluarga, arisan, gathering atau acara-acara lainnya. Prasmanan sendiri adalah penyajian makanan pada suatu acara maupun di restoran yang diletakkan di beberapa meja panjang sehingga kamu atau para tamu dapat mengambil sendiri makanan yang diinginkan.

Kamu juga dapat mengambil porsi menu prasmanan sederhana sesuai dengan kebutuhan. Penyajian prasmanan ini terbilang lebih praktis dibandingkan jika harus dilayani oleh pelayan.

Di dalam sebuah acara pesta pernikahan tentu saja sajian makanan adalah salah satu hal yang paling penting maka tidak jarang banyak pasangan calon pengantin yang mati-matian menggelar acara pernikahan dengan sangat meriah dan memanjakan setiap tamu yang datang.

Tidak dapat dipungkiri acara pernikahan adalah salah satu acara yang paling sakral yang biasanya diselenggarakan oleh para pasangan yang sudah mantap untuk mengarungi bahtera rumah tangga secara bersama-sama.

Di Indonesia sendiri memiliki pilihan makanan tradisional yang banyak sekali, dari yang mewah, hingga menu yang sederhana. Atau bahkan kalian ingin mencoba untuk menyediakan hidangan yang “Tidak Biasa”, agar nantinya pesta pernikahan yang kalian gelar menjadi unik, dan juga berkesan kepada tamu undangan kalian nantinya.

Pentingnya Menghitung Porsi Makanan

Bagi kalian calon pasangan yang memiliki penghasilan yang cukup atau bahkan melebihi maka hal tersebut tidak akan menjadi suatu masalah tertentu karena kalian dapat dengan mudah merencanakan pesta pernikahan tersebut dengan mudah.

Namun bagaimana dengan para pasangan yang memiliki kondisi keuangan secukupnya? Tenang saja karena kalian tetap bisa menggelar pernikahan yang kalian inginkan dengan syarat bahwa kalian harus melakukan perhitungan porsi makanan yang akan kalian sediakan dengan tepat.

Misalnya mungkin kalian akan menyebar undangan ke 500 orang, kalian bisa menyiapkan 1000 porsi agar nantinya kalian tidak kekurangan makanan saat acara tersebut digelar. Tidak dapat dibayangkan bahwa saat mempersiapkan acara pernikahan maka kalian tentu saja akan memusingkan jumlah katering yang akan mereka pesan,

Namun acara pernikahan ini merupakan salah satu momen bahagia yang diharapkan hanya berlangsung satu kali seumur hidup, jadi banyak calon pasangan pengantin yang menggelar acara pernikahan tersebut dengan sangat meriah.

Model hidangan makanan yang sering disajikan di dalam pesta pernikahan biasanya adalah model menu prasmanan sederhana, dan juga model menu gubuk (pondok-pondok kecil dengan hidangan khusus).

Sajian menu prasmanan sederhana yang ada di pagelaran pesta pernikahan atau acara lainnya memudahkan para tamu undangan untuk dapat mengambil sendiri makanan yang mereka inginkan yang dapat diperhitungkan atau disesuaikan dengan porsi yang para tamu butuhkan.

Namun sayangnya menu prasmanan ini jarang menjadi favorit para tamu undangan, dan menu yang ada di dalam prasmanan tersebut biasanya tidak terlihat familiar rasanya dengan selera para tamu undangan maka mereka kurang berminat untuk mencoba makanan yang sudah disediakan.

Maka dari itu bagi kalian yang ingin tetap menghemat budget pengeluaran kalian, maka kami akan memberikan menu prasmanan sederhana yang akan kami rekomendasikan dan menjadi favorit para tamu undangan, jadi harganya hemat dan makanan yang kalian sediakan akan tetap habis tidak mubazir. Menu yang kami sediakan tentunya akan sangat familiar dengan selera para tamu undangan.

Mungkin kalian akan berpikir bahwa memasak sendiri adalah salah satu solusinya kalian bisa sesuaikan dengan kebutuhan dan selera kalian, namun pada saat memasak pun tentu kalian akan membutuhkan waktu yang lama,

tenaga yang cukup banyak untuk membantu dalam proses masak, nah dengan adanya catering menu prasmanan sederhana kalian tidak perlu lagi repot-repot untuk memasak makanan tersebut, kalian hanya tinggal menunggu dan makanan akan siap dihidangkan.

Ingin tau apa perbedaan dari menu prasmanan sederhana dan menu gubuk? Yuk simak informasi dibawah ini agar kalian bisa memperhitungkan model menu apa yang dapat kalian sesuaikan dengan budget atau biaya kalian.

Perbedaan Menu Prasmanan Sederhana Dengan Menu Gubuk

* Menu Prasmanan Sederhana

Menu prasmanan sederhana adalah salah satu hidangan yang kerap kali dihidangkan di pesta pernikahan atau pesta acara lainnya yang biasanya mengundang banyak orang dengan kisaran tamu undangan 500-1000 tamu undangan.

Menu prasmanan sederhana ini disajikan di dalam sebuah meja panjang yang diantaranya terdapat menu rumahan dengan tampilan , dan juga rasa yang lebih nikmat dibandingkan dengan menu rumahan pada umumnya yang sering kalian masak di rumah.

Di dalam satu meja tersebut biasanya terdapat menu yang terdiri dari nasi, lauk pauk, ayam, daging sapi, sate, sayuran seperti sup kimlo,sup ayam, minuman segar, dan hidangan penutup.

Hidangan penutup ini bisa kalian modifikasikan sesuai dengan keinginan, dan kebutuhan kalian, namun biasanya hidangan penutup ini ada ice cream, pudding, dan jajan pasar lainnya.

  • Keuntungan Menu Prasmanan Sederhana :

* Menu prasmanan sederhana biasanya memiliki harga yang jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan menu gubuk.

* Menu prasmanan sederhana sudah dapat disesuaikan dengan selera para tamu yang kebanyakan tamu lokal atau orang Indonesia, maka kalian tidak perlu khawatir apabila rasa yang ditawarkan tidak sesuai dengan selera para tamu undangan.

Terkecuali kalian mengundang banyak orang asing ke dalam acara pernikahan yang kalian gelar maka kalian dapat mengganti menu yang sudah disediakan, dengan menu yang lebih modern.

* Berbagai macam menu yang disajikan nantinya dapat kalian sesuaikan dengan kebutuhan dan juga selera kalian.

* Tamu akan lebih fokus untuk mengambil makanan yang sudah tersedia di dalam prasmanan, maka perhitungan jumlah menu akan jauh lebih praktis, hal tersebut juga menghindari kasus kejadian adanya kekurangan hidangan, atau bahkan makanan sudah habis duluan.

  • Kekurangannya :

* Menu yang sudah disediakan akan terlihat biasa saja dimata tamu karena menu tersebut juga sudah biasa ada di acara pernikahan pada umumnya, dan tidak ada yang menarik.

* Kurang memberikan kesan mewah, namun kalian juga tidak perlu khawatir karena kekurangan tersebut dapat kalian tutupi dengan tema pernikahan yang nantinya akan kalian usung.

* Menu Gubuk

Menu gubuk adalah menu yang disediakan di dalam pondok-pondok kecil. Biasanya di dalam satu pondok terdapat satu menu, mulai dari hidangan pembuka, atau hidangan penutup yang di sediakan di dalam satu gubuk.

Namun yang paling terlihat dari menu gubuk ini adalah menu yang berupa mie ayam, sate, soto betawi, atau bahkan hidangan penutup seperti ice cream, es buah, dan lain sebagainya. Para tamu biasanya sangat antusias dengan menu yang ada di gubuk ini mereka akan lebih terlihat penasaran, dan antusias untuk mencoba menu tersebut.

  • Kelebihan :

* Menu yang terdapat di Gubuk terdiri dari berbagai menu istimewa dan juga sangat spesial dan menu tersebut juga sangat disukai oleh para tamu undangan.

* Para tamu undangan juga dapat memilih makanan mana yang akan mereka konsumsi, dan menjadi favorit para tamu undangan.

* Memberikan kesan kemewahan

  • Kekurangan :

* Harga yang sudah ditawarkan jauh lebih mahal dibandingkan dengan harga menu prasmanan sederhana.

* Kemungkinan menu makanan atau hidangan yang ada di menu gubuk ini sudah laris habis terlebih dahulu dibandingkan dengan menu prasmanan sederhana.

* Karena menu tersebut bersifat gubuk-gubuk maka menu yang disediakan akan berbeda-beda, dan perhitungan jumlah menu tersebut hidangan akan jauh lebih merepotkan karena jumlah makanan yang ada harus disesuaikan dengan jumlah hidangan dibandingkan dengan menu sederhana prasmanan.

* Kalian mungkin sangat mengetahui bahwa terdapat kemungkinan satu tamu mengambil beberapa porsi hidangan yang ada di menu gubuk, jadi walaupun sudah dihitung dengan cermat maka kalian tentu saja akan menghadapi tamu yang baru datang ke pesta tersebut dan juga kehabisan hidangan.

Alasan Memilih Menu Prasmanan Sederhana Untuk Memeriahkan Pernikahan

Menu prasmanan sudah menjadi andalan banyak orang untuk dijadikan menu pada acara pernikahannya. Hidangan yang paling populer adalah masakan lokal atau masakan Indonesia.

Tak perlu dengan menyajikan menu barat, menu masakan Asia ataupun menu makanan yang repot lainnya, variasi menu prasmanan sederhana sudah tidak diragukan lagi kenikmatannya.

Walaupun dinamai dengan kata sederhana atau simpel, namun variasi dan cita rasa dari menu prasmanan sederhana ini dapat memuaskan lidah dan memikat hati para tamu yang hadir pada acara pernikahanmu. Memilih masakan nusantara tidak perlu diragukan lagi karena rasanya yang terus nikmat dan akan cocok dengan lidah kebanyakan orang Indonesia.

Jika kamu akan mengadakan pernikahan, anggaran yang kamu miliki pun akan terpakai lebih sedikit dan kamu dapat lebih berhemat. Menu prasmanan sederhana tentunya tidak akan terlalu mengeluarkan budget berlebihan.

Kamu dapat mengatur isian atau variasi menu apa saja yang perlu kamu tambahkan pada menu prasmanan sederhana.

Menu Prasmanan Sederhana

Daftar Menu Prasmanan Yang Lezat

  1.   Mie Goreng

Hidangan sederhana sejuta umat ini pastinya menjadi salah satu menu yang bisa kamu masukkan dalam menu prasmanan sederhana. Pembuatannya yang mudah dapat kamu sajikan dengan menambahkan beberapa isian topping lainnya, seperti sayur sawi, daging ayam atau telur.

Rasa dari mie goreng ini walaupun sederhana namun menjadi favorit banyak tamu. Kamu juga dapat menggantikan menu prasmanan sederhana mie goreng dengan bihun goreng sesuai dengan selera.

  1.   Nasi Goreng

Untuk karbohidrat yang satu ini tentunya sudah menjadi salah satu daftar yang wajib ada pada menu prasmanan sederhana pada acara pernikahan. Umumnya di atas prasmanan sering menyajikan dua varian nasi yaitu nasi putih dan nasi goreng.

Hal tersebut dikarenakan banyak tamu yang lebih akan memilih dan menyukai nasi goreng dibandingkan dengan nasi putih biasa pada menu prasmanan sederhana. Rasa yang dimiliki nasi goreng yang dapat ditambahkan dengan telur dadar ataupun sayuran wortel dan sayur sawi hijau ini cocok untuk kebanyakan tamu.

  1.   Ayam Goreng

Menu prasmanan sederhana yang satu ini tidak boleh ketinggalan. Ayam goreng dengan harga yang tentunya ekonomis ini dapat dipotong kecil-kecil sehingga para tamu dapat dengan mudah mengambil dan menikmatinya.

Ayam goreng pada menu  biasanya dimasak biasa namun banyak acara pernikahan yang mengolah ayam goreng dengan saus mentega ataupun ditambahkan dengan serundeng yang akan membuat ayam goreng lebih spesial pada menu 

  1.   Sate Ayam

Kuliner ini memiliki proses pengolahannya yang simpel menjadi salah satu menu prasmanan sederhana yang disukai banyak tamu pada acara pernikahan. Daging ayam yang terlebih dahulu dipotong dadu, dibumbui dan dibakar ini menciptakan rasa yang lezat dengan tambahan saus kacang.

menu prasmanan sederhana

Harga dari sate ayam juga dapat dibilang terjangkau. Karena sate ayam ini dihidangkan di atas menu prasmanan sederhana, kamu tidak perlu menambahkan lontong karena sudah disediakannya nasi putih dan nasi goreng seperti yang disebutkan di atas.

  1.   Ikan Goreng Tepung

Selain menghadirkan menu ayam, kamu juga dapat menambahkan protein ikan pada menu prasmanan  pada acara pernikahanmu. Hal ini dilakukan karena kamu tidak tahu persis selera atau makanan pantangan para tamu yang hadir. Ikan goreng tepung dapat menggunakan ikan gurame atau ikan kakap.

Baca Juga : Kata Kata Rindu dalam Bahasa Inggris dan Artinya

Menu prasmanan  ini dapat dicampur dengan saus asam manis dan pilihan lainnya adalah ikan goreng acar kuning. Ikan biasanya cenderung lebih murah dibandingkan dengan daging sapi, sehingga kamu tetap bisa menyajikan variasi menu yang berbeda tidak melulu menyajikan ayam.

  1.   Daging Sapi Masak

Jika biaya anggaran yang kamu miliki mencukupi, kamu bisa menambahkan menu daging sapi yang simpel dalam menu agar tetap menyajikan menu yang variatif. Kamu juga bisa menjadikan menu daging sapi ini menjadi menu utama dan menggantikan ayam serta ikan sehingga kamu akan lebih hemat.

menu prasmanan sederhana

Olahan daging sapi sederhana yang dapat kamu masukkan ke dalam daftar menu  adalah dapat berupa daging rolade ataupun irisan yang diberi saus lada hitam dengan potongan yang lebih tipis atau lebih kecil. Varian menu ini juga menjadi kesukaan beberapa tamu yang hadir.

  1.   Sayur Cap Cai

Pilihan sayur sederhana yang cocok untuk pernikahanmu adalah cap cai. Menu identik dengan menu chinese food yang satu ini karena pembuatannya yang simpel. Cap cai lokal dapat kamu buat dengan berisikan sayur kembang kol, wortel, sawi, daging ayam serta bakso yang bisa kamu tambahkan.

Agar kuah cap cai menjadi lebih kental, biasanya saat memasaknya ditambahkan sedikit tepung tapioka. Hidangkan biasanya ada pada menu karena sudah berisikan sayuran yang lengkap.

  1.   Sop

Agar menu prasmanan tidak terlalu kering dan akan menjadi hangat, umumnya selalu ada sajian sup pada ujung meja prasmanan. Kamu dapat menentukan jenis sup apa yang akan disajikan di atas meja. Pilihan sup yang umum dihidangkan adalah sup ayam, sup sosis, sup daging yang masing-masing ditambahkan dengan jagung.

  1.   Sambal Goreng Kentang

Masakan yang menggugah selera para tamu salah satunya adalah sambal goreng kentang. Kentang yang digoreng sampai empuk, rasa pedas dan gurih yang dihidangkan ini menjadi makanan pelengkap yang bikin ketagihan para tamu.

Sajian ini begitu sederhana namun kamu dapat menikmati sambal goreng kentang dengan menambahkan ati ampela ataupun petai di dalamnya.

10. Nasi Goreng

Nah salah satu menu prasmanan sederhana ini sudah pasti selalu ada di dalam acara pernikahan atau bahkan acara pesta lainnya. Dan perlu kalian ketahui bahwa nasi adalah salah satu komoditas yang harus dikonsumsi oleh para rakyat di Indonesia, biasanya nasi goreng jauh digemari oleh para tamu undangan dibandingkan dengan nasi putih biasa.

menu prasmanan sederhana

Nasi goreng di menu prasmanan sederhana ini dapat ditambahkan lauknya seperti ayam suir, telur dadar, atau sayuran seperti wortel, brokoli, atau sayur sawi hijau. Biasanya para tamu undangan akan selalu mengambil nasi goreng sebagai menu utama mereka sebelum mereka mengambil menu lauk pauk lainnya.

11. Sate Ayam, Sate Kambing, atau Sate Taichan

Dan sate ini adalah salah satu lauk pauk yang menjadi favorit masyarakat di Indonesia. Sate ayam atau bahkan sate kambing sama-sama menjadi menu favorit yang kerap kali lebih dahulu habis dibandingkan dengan menu prasmanan pernikahan lainnya.

Harga sate ini juga tidak mahal atau lebih terjangkau, dan sate ini sudah pasti sangat sesuai dengan selera para masyarakat Indonesia, terlebih para tamu undangan. Sate ini biasanya disajikan dengan bumbu kacang, kecap manis, dan sambal cabai yang pedas.

menu prasmanan sederhana

Kalian juga bisa menambahkan variasi dengan menggunakan beberapa potongan lontong, atau bahkan kalian juga bisa berkreasi untuk menggunakan sate taichan agar menu yang kalian miliki bervariasi,

sate taichan ini juga sangat digemari oleh para masyarakat jadi jangan khawatir makanan kalian tidak akan mubazir. Sate biasa atau bahkan sate taichan ini juga sama-sama dapat dihidangkan bersama nasi goreng atau nasi putih sebagai pelengkap menu lauk yang ada di menu prasmanan sederhana.

12. Bakso Malang, atau Bakso Cuanki

Para tamu undangan kalian tentu saja tidak akan menolak salah satu hidangan populer sepanjang masa ini, dengan harganya yang relatif terjangkau dan juga rasanya yang lezat ini sudah pasti akan terlebih dahulu habis dibandingkan menu lainnya.

Bakso malang, atau bakso cuanki akan tetap saja menjadi semua favorit setiap orang, walaupun para tamu undangan sudah menghabiskan menu utama mereka akan tetap saja mengambil menu ini.

Bakso adalah salah satu menu makanan yang paling sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia, entah itu saat cuaca sedang panas, atau dingin, menu ini akan tetap diburu oleh para tamu undangan.

13. Soto

Nah salah satu hidangan ini hampir sama dengan hidangan bakso, karena rasa segar dari soto ini sangat menggugah selera para tamu undangan, apapun jenis soto tersebut yang sudah disajikan pasti akan menarik perhatian para tamu undangan.

Sebenarnya banyak macam soto yang dapat kalian sajikan karena di Indonesia memiliki keragaman makanan atau hidangan yang sangat beraneka ragam, jenis soto ini juga banyak mulai dari soto betawi, soto solo, soto mie Bogor, coto Makassar,

dan masih banyak lagi yang akan menggugah selera para tamu undangan, dan biasanya hidangan soto ini sangat laris diburu oleh para tamu undangan dan akan lebih terdahulu habis dibandingkan menu lainnya.

Agar lebih efektif kalian bisa mengikuti soto khas yang terdapat di daerah kalian, agar para tamu undangan juga dapat menyesuaikan seleranya dengan hidangan yang kalian sajikan. Jangan lupa untuk menyediakan berbagai pelengkap soto seperti suwiran daging ayam, daging sapi, paru, atau kulit lumpia agar lebih nikmat.

Itu dia menu yang cocok untuk pernikahanmu. Kamu dapat memilih beberapa diantara menu-menu di atas sesuai dengan kebutuhan dan keinginanmu.

Sudah seharusnya kita memanjakan para tamu undangan yang akan hadir di acara pernikahan dan kamu dapat memberikannya dari menu yang sederhana namun memiliki kenikmatan yang luar biasa.

 

Kesimpulan
Tanggal
Judul
Menu Prasmanan
Rating
51star1star1star1star1star
Product Name
Menu Prasmanan
Price
USD 20
Product Availability
Available in Store Only

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button

Hy Guys

Tolong Matikan Adblock Ya. Situs ini biaya operasionalnya dari Iklan. Mohon di mengerti ^^