Motor Matic Gede Terbaik 2019 2020

  • Whatsapp

Motor Matic Gede Terbaik 2019 2020 – Pasar skutik 150 cc berbodi bongsor saat ini masih dikuasai Yamaha NMAX, dengan penjualan sekitar 40 ribu per bulan. Honda dengan PCX 150 masih berkutat di angka 20 ribuan per bulan. Kehadiran Honda ADV150, yang kendati beda style dengan keduanya, tentu akan mengganggu penjualan NMAX dan mungkin juga PCX, karena sama-sama bertempur di kelas skutik 150 cc berbodi bongsor. Apalagi ADV150 mendapat sambutan yang bagus di pasar, menurut Thomas Wijaya, Marketing Director PT. Astra Honda Motor di bulan pertama diinden sekitar 8.000 unit, “Itu di atas ekspektasi kami,” tuturnya di Kuta, Bali (8/8). Apakah Anda sedang bimbang meminang antara sang penguasa pasar atau pendatang baru? Untuk memudahkan memilih mana yang cocok dipinang, kali ini kami langsung mengomparasi NMAX dan ADV150 dari berbagai sisi.

NMAX VS ADV150

NMAX 2019

ADV 150

NMAX vs ADV 150

FITUR & TEKNOLOGI

Membandingkan ftur dan teknologi, diawali dari sisi penerangan. Kedua skutik ini sudah menggunakan LED dengan cahaya putih kebiruan. Sayangnya NMAX hanya LED pada lampu utama dan rem saja, sedangkan ADV150 lebih komplet karena seluruh lampu LED. Oiya ada juga ftur Emergency Stop Signal (ESS) pada ADV150 versi ABS, di mana ada kedipan sein mirip hazard tapi lebih kencang, yang akan aktif ketika melakukan pengereman mendadak di atas kecepatan 56 km/jam. Meski sama-sama dibekali windshield, tapi milik ADV150 bisa dinaik turunkan. Sehingga bisa diatur ketika pengendara ingin posisi rendah ketika butuh udara atau ke posisi tinggi untuk menghindarkan badan dari terpaan angin langsung. Keduanya dibekali juga dengan spidometer digital negative display, tapi NMAX punya desain mengotak yang lebih kecil dibanding ADV150.

Di bagian tengah paling besar menampilkan penunjuk kecepatan dengan ukuran angka paling besar. Di atasnya ada jam, dan ada penunjuk kapasitas bahan bakar juga instant fuel economy berupa bar di kanan dan kiri. Informasi lainnya ada odometer, trip A dan B, oil trip meter, V-belt trip meter, average fuel consumption, dan real time fuel consumption. Spidometer ADV150 selain memiliki informasi yang sama dengan NMAX ada juga informasi lain, seperti air temperature, voltase aki, bahkan tanggal, bulan, dan tahun. Tapi karena banyaknya informasi yang ditampilkan di ADV150, membuat sebagian besar ukuran font-nya kecil. Sehingga jika melihat informasi saat berkendara terutama di jalan jelek tidak terlalu jelas. Geser ke bawah setang, di NMAX ada dua kompartemen, sisi kiri dalam sedang yang kanan dangkal. Sedangkan ADV150 hanya memiliki sebuah kompartemen di kiri, tapi dilengkapi penutup serta DC Power Charger.

Baca Juga  Ini Rahasia Membuat Mobil Tetap Kinclong Seperti Baru

Ada pula rumah kunci kontak konvensional dengan pengaman magnet di NMAX, kalau ADV150 lebih kekinian karena menggunakan smart key yang dipadu ftur answer back system juga antitheft system. Jika ingin membawa barang lebih banyak, ada bagasi di bawah jok. Di NMAX berkapasitas 23 liter, sedangkan ADV150 mencapai 28 liter. Keduanya bisa memuat sebuah helm full face dengan bentuk shell yang tidak terlalu besar. Bedanya di NMAX posisi helm harus dibalik.

Tangki bensin juga beda kapasitas, ADV150 mencapai 8 liter sedang NMAX cuma 6,6 liter. Beralih ke pengereman, keduanya dibekali rem cakram di kedua roda, bedanya milik ADV150 model wavy sedangkan NMAX modelnya bulat biasa. Tapi untuk yang versi ABS, milik NMAX 2 channel sedang ADV150 hanya 1 channel di depan saja. Di ADV150 ada pula versi rem CBS (combi brake system). Karena bergaya adventure, ADV150 dibekali lingkar roda belang, depan 14 inci dengan ban 110/80-14 sedangkan yang belakang 13 inci dengan ban 130/70-13. Sedangkan NMAX rata ring 13 inci yang dibalut ban 110/70- 13 depan dan belakang 130/70-13. Suspensi belakang dengan subtank berkelir emas pun menempel pada kedua skutik ini, memberikan kesan sporty

DESAIN

Dari sisi desain, jika disandingkan NMAX tampak lebih elegan. Pertama karena lekukan garis-garis bodinya lebih kalem, apalagi warna yang ditawarkan cenderung soft dan polosan, makin menguatkan kesan mewah. Sementara itu ADV150 sesuai dengan konsep adventure, garis bodinya cenderung mengesankan berotot, tampak kekar sehingga manly, apalagi dikuatkan dengan postur lebih tinggi dan penggunaan ban knobby. Bisa dibilang ADV150 ini skutik yang cowok banget! Mana yang lebih menarik? Balik lagi tergantung selera, tapi NMAX yang sudah berusia 4 tahun memang jadi terlihat biasa saja. Sedang ADV150 selain konsepnya beda banget dengan skutik kebanyakan, usianya yang masih seumur jagung menbuatnya jadi lirikan di jalan.

Baca Juga  Mobil Mercedes Benz SUV Mewah dan Canggih

RIDING POSITION & HANDLING

Karena beda style, posisi duduk keduanya pun beda. NMAX dengan tinggi jok cuma 765 mm dan ruang kaki luas, saat duduk motor terasa rendah seakan pengendara masuk ke motornya, bagi rider dengan tinggi sekitar 170 cm pasti lutut masih menekuk ketika kaki menapak ke tanah, dan saat riding bisa selonjoran, lutut hampir lurus. Setangnya saat diraih posisinya tinggi dan jauh, jadi ketika berkendara lengan jadi cenderung lurus. Ujung setangnya lebih menekuk ke dalam, jadi lengan atas lebih rileks.

Posisi berkendara NMAX secara keseluruhan cenderung lebih santai. Sementara itu ADV150 dengan tinggi jok mencapai 795 mm, saat diduduki oleh rider berpostur sekitar 170 cm kaki masih sedikit jinjit, nangkring banget! Ketika naik, ruang kaki kalah luas dari NMAX, sehingga saat coba selonjoran lutut lebih menekuk, apalagi sudut dek lebih tegak. Posisi setangnya yang model telanjang dan pakai fatbar lebih dekat dengan badan dan terasa lebih rendah (efek dari jok tinggi), jadi tangan saat meraih memang terasa lebih menekuk, namun karena lebar dan ujungnya lebih lurus maka lengan atas jadi dipaksa membuka.Style ini memang identik dengan besutan adventure yang cenderung lebih sigap.

Bagaimana handlingnya? NMAX dengan posisi duduk lebih rendah, sehingga punya center of gravity (COG) lebih rendah juga, memberikan feeling berkendara yang lebih stabil dan lebih mantap terutama saat menikung, kendati punya wheelbase lebih panjang, yaitu 1.350 mm (ADV150 1.324 mm). Sementara ADV150 karena lebih tinggi, bahkan punya ground clearance mencapai 165 mm (NMAX 135 mm), membuatnya tak semantap NMAX saat dipakai menikung, namun dipakai berkelit di kemacetan terasa lebih lincah, tentu karena lebih pendek dan sudut belok setangnya lebar, jadi radius putarnya sempit. Kelebihan lain ADV150 adalah dukungan suspensinya yang punya jarak main panjang, depan 130 mm dan belakang 120 mm.

Apalagi ground clearance tinggi, sehingga berbagai kondisi jalan dapat dilibas dengan nyaman, terutama yang depan karena empuk dan tak mudah bottoming dan dek tak gampang nyangkut, kendati yang belakang lumayan keras sama seperti NMAX. Kalau NMAX suspensi depan sama empuknya tapi lebih mudah bottoming kalau dipaksa melibas polisi tidur atau jalan rusak karena jarak main lebih pendek, namun untung jok NMAX jauh lebih empuk dibanding ADV150 yang busanya keras. Perbedaan karakter lainnya tentu kemampuan melibas jalan gravel. Dengan ban model semi knobby, ADV150 enteng saja lewat jalan gravel maupun yang sedikit licin karena grip lebih baik, tapi di trek aspal juga tak buruk. Sedang NMAX bannya memang lebih pas buat jalan aspal saja

Baca Juga  Spesifikasi Interior Exterior Fitur Harga Grand New Daihatsu Xenia

PERFORMA

Salah satu keunggulan utama NMAX tentu ada di mesin, dibekali dapur pacu satu silinder 4 langkah 155 cc SOHC 4 katup ditambah VVA. Sementara ADV150 cuma 149,3 cc SOHC 2 katup tanpa imbuhan teknologi katup variabel. Keduanya sama-sama berpendingin cairan dan tentu saja pakai transmisi CVT. Berdasarkan klaim masing-masing pabrikan, NMAX punya performa lebih baik, tenaga maksimal 14,9 dk/8.000 rpm dan torsi 14,4 Nm/6.000 rpm. Sedang ADV150 hanya 14,4 dk/8.500 rpm dan 13,8 Nm/6.500 rpm. Perbedaan data itu berkorelasi langsung pada performa di jalan.

NMAX jauh lebih responsif di tiap bukaan gas, dibuka langsung ngacir. Sementara ADV150 lebih smooth, ada jeda terutama di putaran bawah sehingga mesti diurut dan sabar. Berdasarkan pengetesan pakai Racelogic, akselerasi NMAX juga jauh lebih responsif dibanding ADV150, ambil contoh 0-60 km/jam, NMAX cuma 5,2 detik sedang ADV150 5,4 detik. Lalu 0-201 meter NMAX hanya 12,1 detik, sedang ADV150 12,4 detik. Top speed juga lebih tinggi NMAX yang bisa tembus 121 km/ jam, sedang ADV150 mentok 117 km/jam

HARGA

ADV150 yang hadir belakangan dengan style beda dan bejibun ftur, dibanderol lebih tinggi dibanding NMAX. ADV150 CBS dibanderol Rp 33,5 juta sedangkan tipe ABS Rp 36,5 juta. Kalau NMAX hanya Rp 27,540 juta untuk tipe non-ABS dan Rp 31,150 juta yang ABS. Harga tersebut OTR Jakarta.

KONSUMSI BENSIN

Punya performa lebih tinggi, sehingga wajar jika konsumsi bensin rata-rata NMAX sedikit lebih rakus, tepatnya 39,8 km/liter. Sementara ADV150 yang performanya lebih smooth bisa dapat rata-rata 42 km/liter. Keduanya dites menggunakan bahan bakar RON 92 dengan kondisi jalan beragam oleh tester berkarakter agresif

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.