Ban Mobil Terbaik untuk SUV

  • Whatsapp

Ban Mobil Terbaik untuk SUV  – M emilih ban untuk kendaraan jenis SUV sebenarnya tidak jauh beda dengan MPV atau sedan, yaitu untuk penggunaan harian yang kebanyakan di jalan aspal kota besar. Tapi jika SUV Anda lebih sering bergaul di daerah yang memiliki jalan semi offroad atau bahkan full off-road, maka jenis ban yang dipilih harus lebih spesi k. SUV yang lebih sering digunakan di medan off-road maupun medan jalanan tak rata, mengakibatkan kerja ban tidak sekadar menopang bobot mobil, melainkan mendapatkan traksi dan grip yang sempurna. Karena itulah pabrikan ban banyak menelurkan produk ban untuk SUV dengan kebutuhan yang berbeda-beda. Karena medan yang harus dilaluinya berlainan, ban SUV sebenarnya memiliki perbedaan dari ban passenger car biasa. Sesuai peruntukannya, jenis ban SUV umumnya terbagi dalam beberapa jenis. Pertama adalah jenis H/L (Highway Luxury) untuk jalanan yang bersifat mulus dan halus. Masih untuk penggunaan di aspal, ada ban H/T (Highway Tread atau Highway Terrain) untuk SUV. Jenis ini memiliki performa yang baik di aspal, tapi sangat lemah di medan berlumpur.

Karena pola pattern yang halus, noise ban H/T termasuk senyap ketika diajak berkendara di aspal. Yang punya kemampuan off-road lebih baik dibanding H/T dan H/L adalah jenis ban A/T (All Terrain). Sesuai namanya ban All Terrain dapat dipakai di segala medan, baik jalan aspal maupun medan off-road ringan. Namun dengan batasan tertentu untuk performanya dan hanya bisa melahap medan lumpur yang bukan tergolong ekstrem. Jenis ban SUV dengan kemampuan off-road paling tinggi adalah M/T (Mud Terrain). Sesuai namanya, ban M/T adalah ban yang cocok dipakai di medan off-road berat atau permukaan berlumpur ekstrem. Kembangannya yang jarang dan dalam berfungsi memacul tanah di medan berlumpur sekaligus melontarkannya. Apakah ban Mud Terrain bisa digunakan di aspal? Bisa saja, tapi tentu performanya jauh dari kemampuannya di tanah berlumpur, selain itu juga menimbulkan suara bising akibat pola pattern-nya yang jarang. Mengingat bobot SUV yang lebih berat dibanding jenis mobil lainnya, selain melihat jenis tapak ban, penting juga Anda mengetahui load index yang dimiliki oleh ban yang ingin dibeli. Load index adalah kemampuan maksimum ban untuk menanggung beban pada tekanan optimalnya.

Baca Juga  Tips Untuk Asuransi Mobil Terbakar

Angka load index dari sebuah ban bisa dilihat dari keterangan profil di dindingnya. Misalnya sebuah ban SUV memiliki kode di dindingnya 265/65 R17 112S, angka 112 adalah load index. Sesuai tabel konversi yang berlaku internasional, angka load index 112 ini menunjukkan kemampuan setiap ban menanggung beban seberat 1.120 kg. Maka dengan empat buah ban sejenis, total bobot yang mampu ditopang adalah 4.480 kg (4 x 1.120 kg). Arti kode ban SUV 265/65 R17 112S sama seperti ban passenger car lain: 265 menunjukkan lebar telapak ban (mm), 65 merupakan aspect ratio dalam persen dari lebar ban, 17 adalah diameter velg dalam satuan inci, 112 load index, dan S adalah batas kecepatan maksimum. Selain kode yang umum seperti ini, pada ban SUV juga dikenal istilah  otation sizes. Jadi kode ban dibuat berdasarkan dimensi luar dalam satuan inci. Misalnya ban A/T memiliki kode 30×9.50 R15 104S. Angka 30 menunjukkan ukuran diameter luar dari ban sebesar 30 inci, 9.50 merupakan lebar ban sebesar 9,5 inci (lebar dari dinding ke dinding), R adalah kode untuk konstruksi ban radial, 15 menunjukkan ban cocok dipasang pada velg 15 inci, 104 load index, dan S adalah batas kecepatan maksimum. Jadi jangan salah pilih ban untuk SUV Anda

Baca Juga  Inilah Mobil Hybrid Irit BBM Mewah dan Canggih dari Lexus

Untuk kedua Big SUV ini, baik All New Fortuner maupun All New Pajero Sport, pabrikan sudah merancangnya dengan konsep macho. Tentu saja dengan positioning tersebut penampilan eksterior keduanya akan lebih terdongkrak dengan perubahan di sektor kaki-kaki. Yaitu dengan penggantian ban dan velg demi menambah nilai pada penampilan macho-nya,” buka Surya Dharma selaku Marketing Manager PT ElangPerdana Tyre Industri. “Untuk batasan aman, dihimbau oleh pabrikan ban tidak melebihi maksimal three inch up. Bila ingin lebih dari itu adalah merupakan keinginan konsumen. Namun dihimbau untuk juga mengubah sistem suspensi dan meningkatkan sistem pengeremannya,” tambah pria murah senyum ini.

Surya memberikan ilustrasi. Menurutnya, ukuran ban standar 265/60 R18, jika naik 2 inci maka ukuran ban menjadi 275/55 R20. Tetapi jika dirasa kurang, bisa dinaikkan ke diameter 22 inci dengan ukuran ban 275/45 R22. Asyiknya lagi, jika Anda masih ragu soal upgrade ban, PT EPTI membuka layanan gratis untuk konsultasi. Termasuk pertanyaan upgrade ban berdiameter besar, apakah ada pengaruh terhadap akselerasi dan performa, stabilitas berkendara, hingga konsumsi bahan bakar. Pihak PT EPTI akan memberikan secara detail gambaran dari upgrade velg dan ban pada mobil Anda. “Yang terpenting dalam aplikasi ban diperhatikan kodenya. Misalnya M/T, H/T, dan A/T. Sehingga penggunaan penggunaan ban yang tepat akan berimbas terhadap daya cengkeram terhadap permukaan jalan,” kata Surya Dharma lagi. Berikut kami sajikan ragam line-up produk Forceum, Accelera, dan Zeetex untuk dapat diaplikasi pada Toyota All New Fortuner dan Mitsubishi All New Pajero Sport agar tampil lebih macho. Tak luput kami hadirkan penjelasan kode ban M/T, A/T dan H/T.

ACCELERA A/T

BIAR Toyota All New Fortuner dan Mitsubishi All New Pajero Sport tampil lebih gagah dan macho, PT EPTI menyediakan ban terbaru yakni Accelera Omikron A/T. Inilah ban All Terrain (A/T) ukuran 22 inci pertama yang diproduksi di Tanah Air. Tersedia ukuran 265/50 R20 serta 285/40 R22 yang siap membuat tampilan All New Pajero Sport dan All New Fortuner Anda jadi lebih personal. Omikron A/T dikemas dengan tampilan macho, comfort dan low noise serta excellent grip.

Baca Juga  Spesifikasi Harga Mobil Kia Optima Hybrid 2017

ACCELERA –

Accelera Iota dan Accelera Omikron AT 265/60 R18, – Accelera Iota ST68 dan Accelera MT01 275/55 R20 – Accelera Omikron A/T 265/50 R20, Accelera Iota ST68 dan Accelera Omikron A/T 285/50 R20, – Accelera Iota ST68 285/45 R21 – Accelera Iota ST68 dan Accelera MT01 275/45 R22 – Accelera Iota ST68 dan Accelera Omikron A/T 285/40 R22 ZEETEX – Zeetex SU1000 265/50 R20, 285/50 R20, 275/55 R20, 285/45 R22

FORCEUM –

Forceum Penta 265/60 R18, 265/50 R20, 275/55 R 20, 275/45 R 22

Arti Kode M/T, H/T, DAN A/T

SESUAI namanya, ban M/T atau mud terrain adalah ban yang dipakai di medan off-road atau permukaan berlumpur. Penggunaan jalan aspal tetap bisa tapi performanya tidak akan sebaik di tanah berlumpur, serta menimbulkan suara bising saat digunakan di atas aspal. Ada namanya varian H/T (Highway Tread atau Highway Terrain). Model ini banyak dipakai untuk jalan aspal. Performanya baik di jalan aspal, tapi sangat lemah di medan berlumpur. Noise-nya termasuk silent ketika diajak berkendara di aspal. Sedangkan ban tipe A/T (All Terrain) dapat dipakai di segala medan, baik jalan aspal maupun medan off-road ringan. Namun dengan batasan tertentu untuk performanya bisa melahap medan lumpur yang bukan ekstrem. Untuk kadar noise berada di antara M/T dan H/T

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.