Fitur Review Spesifikasi Suzuki Jimny Terbaru

  • Whatsapp

Fitur Review Spesifikasi Suzuki Jimny Terbaru

DESAIN

Suzuki tampak jelas mengembalikan ciri khas Jimny. Dimulai dari bagian depan Jimny dengan kode bodi JB74 ini. Lampu bulat kembali digunakan, namun dengan peremajaan seperti menggunakan proyektor dan pencahayaan LED. O iya, untuk pasar Indonesia, lampu depannya ada washer. Grilnya pun mengambil benang merah antara SJ410 dan generasi tiga. Begitu juga pada bodi. Kalau pada generasi tiga bodinya lebih rounded, di generasi empat ini kembali menghadirkan bodi dengan desain boxy. Langkah ini justru memperkuat benang merah dari Jimny generasi kedua, khususnya kode bodi JB32. Pindah ke belakang, ban cadangan yang menggantung di pintu belakang masih dipertahankan sebagai ciri khas Jimny. Kaca pada pintu belakang sudah ada defogger dan wiper. Untuk lampu belakang pun kembali di bumper, ini memang sudah khas dari Jimny sejak dulu.

INTERIOR

Bagian paling menarik adalah dasbornya.Cluster speedometer mengambil desain klasik dari Jimny SJ410. Dengan meter jarum warna oranye dan digital di tengahnya. Pegangan untuk penumpang di depan pun kembali hadir, disebut Ride-in Assist Grip O iya, bagian head unit-nya cukup berbeda dari unit yang pernah kami jajal. New Jimny yang dimasukan oleh SIS menggunakan layar sentuh 6,8 inci. Dengan ftur hiburan lengkap mulai dari USB, Bluetooth, hingga Smartphone Connection. Pengaturan sistem hiburan ini pun bisa dioprasikan lewat tombol di lingkar kemudi. Turun ke bawah dasbor, pengaturan AC terlihat pakai model knob putar. AC ini sudah memiliki Auto Climate dengan heater. Tampilan suhu dan blower AC berupa digital, terpapar di knob bagian tengah. Di bawahnya lagi ada switch untuk menaikan kaca depan, mematikan ftur Electronic Stability Control dan mengaktifkan Hill Descent Control. Untuk bangku, Jimny generasi empat ini mengandalkan bahan kain. Bangku belakang sudah dilengkapi ISOFIX, dan rata dengan dek kalau dilipat. Enaknya bagian belakang jok belakang sudah dilapisi dengan dek plastik. Jadi saat bangku dilipat tidak khawatir rusak saat bawa barang berat dan keras sekalipun.

Baca Juga  Tips Modifikasi Motor Nmax agar Kuat Nanjak

FITUR

Seingat kami, ftur cruise control tidak ada pada New Jimny yang kami jajal lewat IU. Namun untuk New Jimny yang dihadirkan SIS, sudahtersedia baik pada varian bertransmisi otomatis maupun manual. Jimny kini dibekali sistem penggerak 4×4 All Grip Pro 4WD. Sistem ini bersanding dengan Brake LSD Traction Control. Berkat sistem tersebut, Jimny JB74 mempunyai traksi yang maksimal di medan off-road. LSD (Limited Slip Differential) berfungsi pakai sistem rem tersebut akan mengatur putaran roda ke bagian yang ada traksi. Fitur berkendara lainnya, Suzuki juga melengkapi Jimny dengan Electronic Stability Program (ESP). Sistem ini untuk menjaga kestabilan Jimny saat melaju di jalan licin dan berliku, sehingga pengemudi tidak kehilangan kendali. Ada juga Hill Hold Control (HHC) yang aktif selama dua detik saat kondisi menanjak. Sedangkan Hill Descent Control (HDC) mengatur rem otomatis dan mempertahankan kecepatan pada 10 km/ jam saat mode 4H, atau pada 5 km/jam saat mode 4L.

Baca Juga  Profil Juara Balap MotorPrix Tahun Ini

MESIN

Berbekal mesin 1.500 cc, wajar kalau ini merupakan Jimny paling bertenaga dibandingkan tiga generasi sebelumnya. Mesin K15B DOHC 16 katup berkapasitas murni 1.462 cc ini sama seperti yang digunakan All New Suzuki Ertiga. Walau sebenarnya ada perbedaan tenaga dengan mesin Ertiga. Di Jimny, tenaga mesinnya diklaim sebesar 100,5 dk pada 6.000 rpm, dan torsi puncak mencapai 130 Nm pada 4.000 rpm. Tenaga tersebut disalurkan pada dua jenis transmisi, manual 5 speed dan otomatis 4 percepatan. Dengan performa tersebut, terasa sangat responsif sekali di Jimny. Dengan bobot yang tidak terpaut jauh dari Jimny generasi tiga, wajar kalau Jimny generasi empat ini lebih terasa galak

Baca Juga  Mobil Mewah Terbaru dengan Mesin Hybrid, LC 500H

 

Spesifikasi :

Mesin : K15B. Kapasitas Murni : 1.462 cc. Tenaga Maksimum : 102 PS (100,5 dk) @ 6.000
rpm.
Torsi Maksimum : 130 Nm @ 4.000 rpm. Transmisi : Manual 5-Percepatan & Otomatis
4-Percepatan.
Dimensi (P x L x T) : 3.625 mm x 1.645 mm x 1.720 mm. Wheelbase : 2.250
mm.
Ground Clearance : 210 mm. Suspensi Depan : 3-Link Rigid Axle with Coil Spring.
Suspensi Belakang : 3-Link Rigid Axle with Coil Spring. Rem Depan/Belakang :
Ventilated Disc/Drum dengan ABS dan BA. Ukuran Ban : 195/80 R15

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.