Tips Modifikasi Motor Nmax agar Kuat Nanjak

  • Whatsapp

Tips Modifikasi Motor Nmax

 

Upgrade Performa Yamaha NMAX
KUAT NANJAK DAN RPM ATAS LEBIH JALAN

 

Atha Tsani, mahasiswa Uni versitas Multimedia Nu santara (UMN) ini punya – – hobi turing. Besutannya saat ini adalah Yamaha NMAX. Meski skubek premium garpu tala ini sudah dibekali power dan torsi yang lumayan, namun Atha masih merasa kurang greget aja dengan tarikannya. Soalnya, doi sering lewat kawasan pegunungan yang banyak tanjakan. “Masih agak berat dipakai nanjak. Makanya diputuskan upgrade performa dapur pacunya. Tapi, ogah yang aneh-aneh, sebatas ganti knalpot dan aplikasi velocity stack. Yang lain tetap standar, termasuk ECU,” tutur mahasiswa semester 1 ini. Hasilnya, saat diukur perubahan performanya di atas mesin Dynojet 250i milik Aerospeed di Pondok Pinang, Jakarta Selatan, power maksimal dapat 11,76 dk @ 7.200 rpm. Memang kenaikan tenaga tidak begitu signifikan, hanya sekitar 0,6 dk dari kondisi standar. Begitu pula torsi maksimum yang naik sekitar 0,3 Nm jadi 11,3 Nm @ 6.000 rpm. “Namun buat nanjak jadi lebih kuat dan tarikan awal lebih nendang,” aku Sani. Padahal cuma pakai dua part loh!

Baca Juga  Inilah Mobil Sport Hyundai Terbaru dengan 2 Pintu


KNALPOT KUSTOM.

Untuk melakukan upgrade ini, sani dibantu misto dari Java motor shop di Kebayoran lama, Jakarta selatan. misto ini juragannya knalpot merek mitsuto. ia coba rancang knalpot dari bahan stainless 304 Jepang, untuk NmaX sani. “Diameter dalam leher knalpotnya pakai 28 mm, trus membesar menuju silencer jadi 51 mm. Panjang tabung silencernya 240 mm,” bilang pria asli Purbalingga ini

VELOCITY STACK.

Biar tarikan motor milik sani makin sip, misto memasangkan berbahan plat galvanis di ujung Throttle Body (TB). Dimensi Vs­nya dibikin sepanjang 37,8 cm, dengan diameter corong yang nempel di TB 2,8 cm. sedang diameter corong luarnya 5,7 cm. “Peningkatan tenaga antara pakai velocity ini dan yang enggak, selisih 0,3 dk. lebih gede pakai velocity. efeknya juga bikin tarikan atas jadi lebih jalan,” aku sani.

 

POWER DAN TORSI NAIK DIKIT NIH!

Modifikasinya, yakni menambah lubang pembuangan knalpot dari satu jadi dua. Fenom- ena ini lagi jadi pembicaraan di media sosial. Dari beberapa tes timony yang sudah menerapkan hot – – nya, hasilnya bikin tarikan NMAX jadi lebih sip. Menurut Idin dari IBL Knalpot yang punya kreasi, ubahan ini membuat tarikan motor lebih enteng. “Sebab, pembuangan knalpot jadi lebih bebas alias plong dari standarnya. Beberapa yang sudah mengaplikasi modif knalpot ini, mengakui kalau tarikan NMAX-nya jadi lebih joss,” jelas Idin. Salah satu biker yang mengaplikasi, yaitu Dhany Ekasaputra. “Tarikan awal lebih enteng. Suara juga lebih bulat,” akunya. Tapi, kalau hanya testimoni dari mulut saja tanpa pembuktian lewat angka, takut disangka cuma sugesti doang. Makanya, untuk membuktikannya, MOTOR Plus coba mengukur perubahan tenaga dan torsi yang dihasilkan dari knalpot standar yang dimodif ini. Caranya, dengan diajak berlari statis di atas mesin dyno. Tentu buat perbandingan, diukur juga waktu masih pakai knalpot standar. Alat dynotestnya pakai merek SuperFlow milik Kawahara Racing. Yuks lihat hasilnya

Baca Juga  Harga Karet Pelindung Bibir Velg Mobil

 

HASIL PENGUKURAN

Yamaha NmaX aBs milik Yamaha indonesia motor manufacturing isi dengan Pertamax. Dari 5 kali running, saat menggunakan knalpot standar, didapat power maksimal 12,8 dk pada putaran mesin 8.000 rpm. sedangkan torsi maksimalnya 9,4 lb.ft atau 12,74 Nm di putaran 6.200. selanjutnya, giliran ukur hasil performa dari penggunaan knalpot standar yang sudah modif. wihh.. lumayan nih sob, hasilnya ada peningkatan tipis. Power maksimal naik 0,1 dk jadi 12,9 dk di putaran 8.100 rpm. sedangkan torsi puncak naik jadi 9,5 lb.ft atau 12,88 Nm di putaran 6.150 rpm. “ada kenaikan. setekah penggantian knalpot, tarikan gas jauh lebih enteng. Penggunaan knalpot modif ini enak untuk tarikan awal. Karena pembuangan lebih lancar. Tapi, tidak mengurangi efek turbulensi di dalam knalpot,” jelas Jessy ‘Coki’ siswanto, bos Kawahara. Dari data dyno juga bisa dianalisa. Dengan perubahan torsi yang lebih baik, walau tak signifikan di tiap rpm, pengguna motor dengan knalpot modif ini, tak perlu pelintir gas terlalu dalam untuk berakselerasi baik. “ini bisa berimbas konsumsi bahan bakar jadi lebih irit,” yakni Coki.

Baca Juga  Mobil Terbaru Kia, KIA Soul Urban

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.