Tutorial Cara Crop Aman di Photoshop

  • Whatsapp

Tutorial Cara Crop Aman di Photoshop

Cropping Secara Aman di Adobe Photoshop

 

Layer Mask

Layer Mask memiliki prinsip kerja yang sama dengan Clipping Mask. Bedanya, Anda akan melakukan editing pada area khusus pada layer, bukan mempersiapkan bentuk mask-nya terlebih dahulu. Layer mask akan memudahkan Anda sewaktu mengedit dan juga mengembalikan editan Anda ke kondisi semula. Titik Lemah Kelemahan dari Https

 

  • Seperti langkah yang dilakukan untuk clipping mask, Anda bisa membuka file gambar yang ingin Anda edit di Photoshop ataupun menempatkannya lewat “File | Place”. Anda tidak harus menggunakan satu foto saja, melainkan bisa menggunakan dua atau bahkan lebih. (gambar diambil dari photoshopcontest.com).
  • Pilih Layer yang Anda maksudkan, lalu tuju bagian bawah layer. Jika Anda perhatikan, pada bagian bawah Layer terdapat icon berbentuk persegi panjang dengan lingkaran di tengahnya yang bernama “Layer Mask”. Klik icon tersebut agar Anda mendapatkan sebuah layer mask tambahan.
Baca Juga  5 Smartphone HP Baterai Paling Awet Tahan Lama

crop aman di photoshop 1

 

  • Jika Anda perhatikan di sebelah kanan gambar yang ada di Layer, sudah terdapat sebuah layer mask. Pastikan bahwa layer mask Anda yang aktif, bukan foto Anda yang ada di layer. Untuk memastikan sudah aktif, Anda bisa memeriksanya lewat border aktif yang ada di sekeliling gambar. Jika layer mask belum aktif, Anda bisa mengkliknya terlebih dahulu.
  • Dengan layer mask yang aktif, Anda bisa dengan tenang melakukan editing. Anda bisa lakukan cropping dengan eraser, ataupun pen-tool agar rapi. Anda perlu selalu memastikan bahwa Anda masih membiarkan layer mask yang aktif, sehingga saat Anda melakukan cropping, akan memotong bagian mask, bukan gambar aslinya.
  • Jika Anda perhatikan, terdapat kesalahan pada proses cropping yang ada di bagian roda. Memang, kesalahan tersebut bisa Ada kembalikan dengan “Undo”, tetapi hal tersebut tidak memungkinkan jika sudah terlampau lama, meski dengan mencarinya di History sekalipun.
  • Inilah keistimewaan dari layer mask. Anda bisa memulihkannya kembali tanpa harus mengulangi proses cropping. Untuk memulihkan gambar, pilih Basic brush dengan pengaturan Opacity 100%, dan Flow 100%. Dalam kasus ini, Anda juga perlu menggunakan Hardness 100% agar bagian dari foto yang akan dikembalikan tampak solid. Gunakan size brush yang sesuai.
  • Tuju palet warna. Pastikan warna yang ada di palet adalah warna Putih-Hitam dengan posisi putih di bagian atas yang merupakan warna default dan warna hitam pada bagian bawah. Jika belum, Anda bisa menggunakan warna default dengan mengklik icon default. Hal ini penting karena bagian yang hilang perlu dikembalikan dengan settingan brush yang default dan solid. Bagian ini juga memiliki shortcut dengan menekan tombol [D].
  • Gosokkan brush pada layer mask yang sudah terpotong secara perlahan di bagian yang diperlukan. Selamat! Bagian dari foto Anda akan kembali seperti sebelum dilakukan cropping. Anda bisa menghapus layer mask jika ingin mengembalikan foto Anda dari awal dengan klik kanan pada layer mask, lalu pilh “Delete Layer Mask”. Seperti halnya Clipping mask, penggunaan layer mask akan menghemat waktu karena gambar yang di-cropping bisa dikembalikan dengan cepat.
Baca Juga  HP Vivo Selfie Terbaik dengan Dual Kamera bisa Foto Bokeh

HP Samsung Internal 32gb RAM 3gb Harga 2 Jutaan

 

crop aman di photoshop 2

 

 

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.