Apa Kegunaan Gurah Mesin pada Mobil

  • Whatsapp

Apa Kegunaan Gurah Mesin pada Mobil – Kebersihan ruang bakar, sangat berpengaruh pada performa mesin. Sebab, di sana lah letak terciptanya tenaga panas yang berubah jadi tenaga gerak. Bila ada hal yang mengganggu, tentunya akan membuat proses pembakaran jadi tidak sempurna. Salah satunya yaitu mulai menumpuknya kerak di ruang bakar. Kerak atau deposit bila sudah terlalu menumpuk dalam ruang bakar, selain akan menciptakan pembakaran dini yang berdampak terjadinya mesin ngelitik atau detonasi, juga bisa membuat kompresi jadi tinggi. Akibatnya Anda jadi tidak bisa menggunakan bensin dengan oktan rendah. Efek lainnya juga dapat membuat tenaga mesin menurun dan boros bahan bakar. Lantas bagaimana cara mengatasi kerak ini? “Bisa dengan melakukan gurah mesin,” ujar Sutrisna, teknisi PT Trioline Agung Perkasa (TAP), salah satu distributor cairan pembersih ruang bakar berlabel Blue Chem asal Jerman. Namanya cairannya Carbon X2.

Baca Juga  Mobil Bekas Harga 100 Jutaan Fitur Lengkap BBM Irit 2019

Selain Blue Chem, cairan pembersih ruang bakar ini ragamnya cukup banyak di pasaran, salah satunya adalah DCS. Oke, gurah yang dimaksud di sini adalah memasukkan memasukkan cairan carbon cleaner ke dalam ruang bakar lewat lubang busi, kemudian cairan hasil pembersihan kerak disedot menggunakan alat khusus. Yuk, kita coba buktikan khasiat dari Carbon X dari Blue Chem ini. “Paketannya ada dua macam, Carbon X K1 dan K2. Yang K1 bentuknya berupa foam, sedangkan yang K2 cairan,” bilang Hendra Tjoa, Direktur PT TAP, sembari kasih tahu banderol paket Carbon X generasi kedua tersebut seharga Rp 475 ribu. Mula-mula cairan yang dituangkan ke dalam ruang bakar melalui lubang busi adalah K1. O iya, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, “Posisi piston sebaiknya diatur di posisi TOP. Biasanya kami dengan memutar poros mesin. Tujuannya agar cairan disemprotkan tidak terlalu banyak, serta dapat mengenai kubah kepala silinder,” terang Trisna. Setelah cairan K1 disemprot ke dalam ruang bakar menggunakan slang yang sudah disertakan pada pembelian, diamkan selama 15 menit. “Dalam masa itu busanya akan mencair sembari melarutkan kerak yang nempel dalam ruang bakar. Nah, ketika sudah cair itu lah kemudian disedot pakai alat vakum,” jelas Hendra

Baca Juga  Harga Mobil Listrik Canggih dan Modern BMW i3

Masih kata Hendra, untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, ulangi sekali lagi langkah tadi. “Terutama bila keraknya sudah membandel,” imbuhnya. Setelah itu dilanjut menggunakan cairan Carbon X K2, dengan proses yang sama kayak cairan K1. Hasilnya, setelah dicek menggunakan alat endoskopi khusus otomotif sebelum dalam sesudah menggunakan cairan pembersih kerak, ruang bakar terlihat lebih bersih. “Bahkan tulisan di atas kepala piston kembali terlihat,” tukas Hendra sembari menunjukkan hasil foto endoskopinya. Wuiihh mantap! “Keunggulan dari Cafbon X2 ini, bila terkena tangan tidak akan membuat iritasi kulit. Sudah dapat sertivikasi dari TUV Jerman, termasuk soal dampak kesehatan pada tubuh manusia. Jadinya aman digunakan,” bilang Hendra lagi. O iya, bila Anda yang berdomisili di seputaran Jabodetabek, bila ingin mobil kesayangan ‘digurah’ seperti ini, bisa hubungi PT TAP yang bermarkas di Jl. Kampung Dalam 4 No.22, Asam Baris, Kebon Baru, Tebet, Jakarta Selatan. Mau coba?

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.