Cara Memilih Velg Mobil Bekas

  • Whatsapp

Cara Memilih Velg Mobil Bekas – C ara mudah untuk mengubah tampilan mobil salah satunya adalah lewat penggantian velg. Namun sebagian orang justru terkendala dengan dana untuk mengganti velg. Solusinya bisa dengan meminang velg seken dengan kondisi yang masih prima. Di pasaran ada begitu banyak gerai dan workshop velg yang menyajikan ragam pilihan dengan harga sangat bervariatif. Termasuk velg replika yang menjanjikan harga jauh di bawah velg orisinal dengan tampilan visual nyaris sama persis.

Nah, jika bicara velg seken, tidak mudah untuk mendapatkan barang impian dengan kualitas yang baik. Mengingat kondisi jalan di Tanah Air yang banyak terdapat “ranjau” yang sudah pasti berdampak kepada kondisi velg. Agus Haris Edi Purnomo yang lebih dikenal dengan nama Cak Pur, spesialis reparasi dan jual-beli velg seken di bilangan Jakarta Selatan, menyumbang beberapa tips untuk mencermati beberapa hal sebelum membeli velg bekas, baik orisinal maupun replika.

Baca Juga  Mobil Buatan Malaysia Terbaru di Indonesia

Pertama, peyang bisa jadi merupakan penyakit ‘wajib’ yang diderita setiap velg yang digunakan mobil-mobil di Jakarta atau daerah lain di Tanah Air.

Peyang yang terjadi karena benturan terbagi dalam dua kategori, yaitu berat dan ringan. Buang jauh-jauh keinginan untuk memilih velg dengan kategori peyang berat, karena kerusakan ini akan berdampak besar saat kita mengemudi. Ada cara yang sangat mudah untuk melihat kadar peyang velg. Perhatikan saja bekas ban pada dinding velg bagian dalam.

Apabila garis bekas ban terlihat melengkung, sudah dapat dipastikan velg mengalami peyang. Kebanyakan tempat servis velg sudah mengelabui calon pembeli dengan melakukan cat ulang. Namun tidak perlu takut apabila menemui velg dalam keadaan sudah dicat ulang (repaint). Karena hal ini tetap masih bisa kita siasati sebelum membelinya. Perhatikan dengan seksama bagian bibir luar maupun dalam, dan bagian tengah (badan velg). Pemeriksaan ini penting karena proses reparasi tidak akan mampu mengembalikan kondisi velg menjadi seperti baru. Hindari velg yang memiliki kejanggalan seperti bergelombang dan kasar karena dapat dipastikan titik tersebut merupakan bekas las akibat retak atau pecah yang direkondisi.

Baca Juga  Mobil Bekas Harga 100 Jutaan Fitur Lengkap BBM Irit 2019

Tahapan berikutnya adalah pemeriksaan nat atau garis konstruksi di bagian dalam velg.

Setiap velg pasti memiliki bagian tersebut, namun desain nat biasanya berbeda-beda tapi memiliki fungsi yang sama yaitu sebagai “tulang” atau konstruksi penguat velg. Perhatikan secara detail apabila ada bagian nat yang terputus atau sengaja ditutup. Jika ini terjadi, perlu diwaspadai pernah terjadi sesuatu pada bagian tersebut.

Membawa Velg Tersebut ke Tempat Balancing

Tips terakhir agak sulit dilakukan di toko velg bekas karena biasanya sang penjual enggan untuk mengabulkan permintaan calon pembeli untuk membawa velg tersebut ke tempat balancing. Ingat, tahapan ini wajib dicoba karena inilah cara paling akurat dan jitu untuk memastikan kondisi velg incaran – apakah semengilap dan sesegar penampilannya. Lakukan proses balancing secara normal. Apabila velg membutuhkan banyak timah untuk mendapatkan angka balancing 0 atau seimbang, sebaiknya hindari velg pilihan ini. Akan tetapi banyak terjadi calon pembeli telanjur jatuh cinta pada tatapan pertama kepada velg pilihannya.

Baca Juga  Contoh Modifikasi Motor All New Satria

Sebaiknya tetap lakukan tahapan di atas. Apabila kejanggalan yang terjadi bersifat minor silakan membeli velg tersebut. Untuk kasus ini, pria yang memiliki workshop di daerah Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan ini menyarankan untuk menggunakan ban berprofl tebal demi menjaga kenyamanan mengemudi. Hal senada juga diungkapkan Deje dari AutoDistro ketika memilih velg rally. Langkah awal adalah pastikan spesifkasi velg sesuai selera dan kebutuhan, seperti ukuran PCD, lebar velg, offset, dan kontruksi. Misalnya untuk medan tarmac (aspal) atau gravel.

Perhatikan secara detail kondisi velg

karena jarang velg seken ada yang mulus. Apakah ada baret, peyang, atau bekas repair. Seringkali susah jika velg sudah mengalami repaint. Indikatornya ada bekas las di tempat yang tidak semestinya. Selanjutnya periksa kelengkapan velg, seperti pentil, dop, stiker atau tulisan di velg. Apalagi ketika memilih velg orisinal, biasanya ada sticker competition yang masih menempel.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.