Honda BR-V Rush dan Terios Pilih Mana ?

  • Whatsapp

Honda BR-V Rush dan Terios Pilih Mana ? Bang Rio, saya ada rencana membeli MPV 7 seater dan pilihannya antara Honda BR-V Prestige atau Toyota Rush Ultimo. Bisa tolong dibuatkan komparasi dari sisi ftur, kenyamanan dan performa mesin? Sebagai informasi bahwa kendaraan lebih sering digunakan di dalam kota dan sesekali ke luar kota. Sebelumnya saya menggunakan Toyota Avanza G 2011. Atau kalau ada saran MPV 7 seater lain yang sekelas bisa dimasukan ke dalam komparasinya. Terima kasih untuk pencerahannya. Ferdi By Email

Salam kenal juga bang Ferdi, saya coba langsung jawab ya. Pertama soal ftur deh, BR-V menang di pengaturan AC yang punya opsi aliran angin ke arah kaki, sementara Rush belum. Belum lagi, pengatur fungsi AC sudah pakai model digital, terkesan lebih mewah. Oh iya, pada head unit juga terdapat ionizer Nanoe, yang berguna membuat udara di kabin lebih bersih. Sementara pengaturan dan fungsi HU sendiri sama saja. Sudah bisa memutar beragam format audio dan flm, plus ada slot USB dan auxiliary. Fitur lain soal MID atau layar petunjuk informasi mesin.

Baca Juga  Begini Cara Oper Kredit Mobil yang Aman dan Agar Tidak Tertipu

Sayangnya Rush belum dilengkapi ftur ini, sementara BR-V sudah. Paling, Rush menang di jendela belakang yang sudah dilengkapi wiper plus defogger, sementara BR-V hanya punya wiper saja. Poin lain mungkin dari sisi kualitas material bang. Menurut saya lebih baik melihat dan merasakan kualitas dasbor atau trim pintu di Rush daripada BR-V. Tapi sekali lagi, ini tergantung selera dan apakah material jadi prioritas utama bang Ferdi ketika memilih kendaraan? Parameter lain soal kenyamanan. Hhmmm… agak susah nih karena tergantung selera dan gaya berkendara bang Ferdi juga. Tapi hasil test drive kami, secara overall handling BR-V lebih baik dari Rush, yang relatif lebih tinggi. Efeknya paling terasa ketika mau masuk kabin. Sebab masih memakai sasis ladder frame, otomatis untuk naik ke dalam terasa lebih tinggi.

Kalau suspensi, memang Rush terasa lebih keras dari BR-V. Tapi ada baiknya bang Ferdi test drive dulu sama dealer, untuk menyamakan persepsi soal kenyamanan. Siapa tahu, walau menurut saya lebih nyaman, tapi ternyata masih dinilai baik oleh orang lain. Sedang soal kenyamanan tempat duduk atau jok, sama seperti paragraf awal bang. Rasanya material pembungkus Rush lebih terasa nyaman dan lembut daripada BR-V. Sementara kalau ingin bicara performa, tentu saja BR-V diuntungkan berkat konfgurasi mesin penggerak depan dan konstruksi bodi monokok. Selisihnya cukup jauh bang, misal untuk menempuh jarak 0 – 100 kpj, Rush hanya bisa secepat 15 detik, sementara BR-V hanya 11,5 detik. Pun begitu diajak sprint 0 – 402 meter, Rush butuh waktu 19,6 detik, sementara BR-V hanya 18,2 detik. Efek lainnya bang adalah konsumsinya. Mobil penggerak depan pasti akan lebih hemat daripada mobil penggerak belakang, dengan asumsi kapasitas mesin dan kelas yang sama ya. Makanya, perhitungan konsumsi ketika jalan konstan 100 kpj.

Baca Juga  Mobil yang Asik Buat Adventure

Rush hanya mampu mencatat angka 1:12,56 liter per km. Sementara BR-V masih sanggup berjalan 1:16,5 liter per km. Nah, pilihan lain menurut saya adalah Daihatsu Terios bang. Kenapa? Sebab memiliki mobil yang sebelas dua belas alias mirip dengan Rush. Tapi harganya jauh lebih hemat. Contoh nih bang, melihat varian tertinggi BR-V Prestige yang dijual Rp 262,5 juta, beda tipis banget dengan Rush Ultimo A/T seharga Rp 262,45 juta. Tapi kalau melihat harga Terios Custom A/T yang dijual Rp 242,2 juta atau tipe R Adventure seharga Rp 247,2 juta. Selisihnya saja sudah mulai dari Rp 15,25 juta loh bang. Kecuali bang Ferdi melupakan selisih harga, bisa jadi BR-V jadi opsi paling utama. Namun kalau uang sebesar Rp 15 juta lebih bisa dialokasikan untuk dana lain, rasanya justru Terios bisa jadi pilihan dengan value for money terbaik. Selamat hunting bang, semoga dapat yang terbaik dan cocok dengan penggunaan ke depannya ya…

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.