Cara Membersihkan Filter AC Mobil

 Otomotif



[Total: 0    Average: 0/5]

Cara Membersihkan Filter AC Mobil

Buat Anda atau anggota keluarga mulai merasa gak nyaman kondisi udara AC di dalam kabin, sebaiknya periksa peranti yang satu ini. Terutama bagi yang punya riwayat penyakit pernapasan. Yap, di balik laci bagasi dasbor, terdapat filter AC. Pastinya tak cuma Ertiga saja yang memiliki filter udara untuk sistem Air Contioner tersebut. Komponen ini bertugas menyaring udara yang disedot dari dalam kabin, untuk kemudian didinginkan di evaporator, lalu dikeluarkan lagi ke dalam kabin dalam kondisi dingin Nah, seiring pemakaian mobil, flter AC ini lama-lama akan kotor, sehingga membuat udara yang disedot jadi tidak maksimal dan pastinya juga jadi tidak bersih. “Terutama saat musim kemarau, dimana debu lebih banyak berterbangan di udara. Kalau kaca jendela sering dibuka dalam kondisi AC nyala, flter AC akan lebih cepat kotor,” bilang Suwandi, Service Adviser bengkel resmi Suzuki di Pulogadung, Jakarta Timur. Maka dari itu, disarankan setiap jarak tempuh 10 ribu km atau setiap kali servis rutin, peranti ini dibersihkan. “Tapi kalau sudah mencapai jarak tempuh 20 ribu km, sebaiknya flter AC diganti, agar sirkulasi udara di dalam kabin tetap lancar dan bersih,” sarannya. Contoh di Suzuki di Ertiga, untuk mengganti komponen ini sangat lah mudah. Dijamin Anda pun bisa mengerjakannya sendiri di rumah. Tapi, siapkan dulu flter pengganti. Harganya untuk keluaran Denso yang jadi genuine part Suzuki, sekitar Rp 250 ribu. Boleh juga pakai produk aftermarket macam Aspira, Sakura dan sebagainya.

Baca Juga  Kegunaan dan Biaya Gurah Mesin Mobil



Caranya, mula-mula tanggalkan laci dasbor Ertiga Anda, dengan cara membukanya sampai mentok, lalu tarik ke arah luar (gbr.1). Oh iya, sebaiknya kondisi laci sudah dikosongkan dulu ya untuk mempermudah. Setelah laci terlepas, maka akan terlihat kotak warna hitam. Nah, itu dia boks flter AC-nya. Silahkan langsung lepas tutup boks flternya dengan menekan kedua ujung mengancingnya pakai jari tangan (gbr.2). Setelah cover boks fter sudah dilepas, maka akan terlihat kotak berwarna putih. Itu adalah flter AC-nya. Segera tarik keluar flter AC tersebut (gbr.3). Jika pemakaiannya masih mencapai 10.000 km dan fter AC terlihat agak kotor (gbr.4), cukup bersihkan saja dengan menyemprotnya pakai angin bertekanan, atau bisa juga pakai pompa sepeda. Tapi kalau sudah mencapai 20.000 km atau lebih, disarankan untuk ganti baru. Oh iya, untuk pemesangannya kembali, langkahnya kebalikan dari cara melepasnya ya! Gampang kan?

Baca Juga  Mobil SUV Terbaik dan Ternyaman di Kendarai 2019

Artikel yang kamu Cari ga ktemu? Cari disini. Teknorus.com

Author: 

Selamat Datang di Teknorus.com. Btw kenalin ane admin ke 3 di Website teknorus.com ini. Selain sebagai admin teknorus, saya juga sebagai seorang SEO Spesialist di perusahaan tertentu

No Responses

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.