Konsumsi BBM Mirage Matic dan Manual

  • Whatsapp

Konsumsi BBM Mirage Matic dan Manual

MITSUBISHI NEW MIRAGE

Salah satu pertanyaan yang selalu diajukan oleh konsumen ketika hendak membeli mobil adalah, “Berapa konsumsi BBMnya?” Pertanyaan ini boleh dikatakan sakral, dan penting bagi pabrikan untuk memiliki jawabannya. Atas dasar inilah, Mitsubishi Indonesia kembali mengadakan pengujian bahan bakar pada city car terbaru mereka, New Mirage dengan menggandeng Lembaga Teknologi Fakultas Teknik (LEMTEK) Univesitas Indonesia.

Tahun 2012 PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) sebenarnya sudah pernah melakukan pengujian ini pada Mirage yang kala itu baru dilansir, juga dengan LEMTEK UI. Dan tahun ini, dimana New Mirage mengalami pembaruan di beberapa sektor, kembali KTB bersama LEMTEK UI melakukan hal serupa. Pengujian kali ini melibatkan 6 unit New Mirage yaitu dengan transmisi otomatis dan manual 5-percepatan. Pengujian ini melalui jalan perkotaan, jalan bebas hambatan, dan jalan berbukit dengan mengambil rute Jakarta, Ciawi, Puncak, Bandung, dan Purwakarta. Total jarak tempuhnya adalah 407 km dengan pengemudi seluruhnya berasal dari LEMTEK UI. Metode pengujiannya adalah full to full dengan mengacu pada standar SAE J1082-200802. Standar ini digunakan untuk memperoleh data konsumsi bahan bakar kendaraan dengan cara berkendara yang digunakan.

Baca Juga  Cairan Anti Bocor untuk Ban Mobil Aman Ga sih ?

 

Proses pengisian full to full dilakukan dengan mengisi bahan bakar hingga penuh, hingga tidak ada udara yang terperangkap. Hasil dari pengujian ini menunjukkan, bahwa konsumsi bahan bakar rata-rata untuk New Mirage dengan transmisi manual merujuk pada angka 28,72 km/liter. Sementara untuk New Mirage dengan transmisi otomatis, diperoleh hasil 24,95 km/liter. Mitsubishi New Mirage menggunakan mesin berkapasitas 1.200 cc DOHC dengan teknologi MIVEC yang memiliki tenaga 77,5 ps dengan torsi 100 Nm. “Dengan hasil yang didapatkan, terbukti bahwa New Mirage dengan segala pengembangan terbarunya tetap berhasil mempertahankan keunggulan efi siensi bahan bakarnya, yang tentunya menjadi nilai tambah yang baik sebagai referensi untuk para konsumen kami di Indonesia,” ujar Hisashi Ishimaki, Presiden Direktur PT Krama Yudha Tiga Berlian Motor.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.