Inilah Mobil Nasional Vietnam, Indonesia Kapan ? Halo Pak Jokowi..

  • Whatsapp

Mobil Nasional Vietnam –¬†Vietnam akhirnya punya mobil nasional (mobnas) sendiri, meski tidak secara keseluruhan merupakan garapan dalam negerinya. VinFast menjadi merek mobil nasional tersebut. Sampai saat ini sudah ada beberapa model yang disiapkan.

SIAP TIGA VARIAN

Pada Senin (17/6) menjadi tonggak sejarah otomotif Vietnam, karena VinFast mulai dikirimkan kepada konsumen. Hanya butuh dua tahun, bagi VinFast untuk merampungkan lineproduksi yang kabarnya telah mengantre 10 ribu pesanan. Pengembangan mobnas Vietnam dicetuskan oleh VinGroup, sebuah perusahaan swasta terbesar di Vietnam. Bisnis perusahaan tersebut telah menggurita, dan dikenal sebagai pemain properti, pariwisata, 46 mall, retail, hotel, sekolah, universitas, rumah sakit dan sebagainya. Hebatnya, mobnas Vinfast melibatkan para ahli teknik otomotif terkemuka dunia. Berbagai pabrikan mobil dunia juga turut andil dalam proses pengembangan. Semisal Opel, BMW, Magna Steyr, hingga rumah desain Pininfarina.

Baca Juga  Mobil Terbaru Kia, KIA Soul Urban

Untuk mesinnya pakai BMW yang dimodifkasi kembali oleh perusahaan rekayasa mesin Austria AVL. Mengenai desain dan styling digarap oleh rumah desain Pininfarina yang dikenal piawai mendesain sport carsemisal Ferrari. Tak hanya itu, sejumlah komponen juga menggunakan teknologi Magna Steyr. Nah, untuk memastikan hasil akhir yang perfeksionis, ditunjuk Jim Deluca sebagai CEO VinFast. Deluca ini pernah menjabat sebagai Wakil Presiden Global Manufacturing General Motors.

Segmentasi VinFast memang ditujukan buat kelas menengah atas. Hal ini sebagai strategi untuk membangun image sekaligus kemampuan manufaktur. Berawal dari mobil mewah, maka logikanya teknologi mobil di kelas apapun bisa dikuasai. VinFast diproduksi di pabrik seluas 335 hektare yang dibangun di Hai Phong, Vietnam utara. Investasi investasi awal senilai $1,5 milyar USD. Enggak cuma mobil, pabrik juga memproduksi skuter listrik. Tipe mobnas VinFast yang siap dipasarkan, yakni sedan VinFast Lux A2.0 serta SUV VinFast Lux SA2.0.

Baca Juga  Jenis dan Penjelasan Fitur Keselamatan Mobil Modern 2019

Keduanya mengambil basis BMW. Debutnya telah curi-curi pandang di gelaran Paris Motor Show 2018, yang mendapuk David Beckham sebagai global sporting dan style icon. Penasaran spesifkasinya. VinFast menggunakan mesin bensin 2.000 cc turbocharged DOHC, VVT, Direct Injection. Untuk sedan (Lux A2.0) ada dua pilihan tenaga yang dihasilkan. Yakni 174 daya kuda (dk) di putaran 4.500 rpm-6.000 rpm, serta 227 dk di kitiran 5.000-6.000 rpm. Adapun untuk SUV (Lux SA2.0) bertenaga 174 dk. Kedua model memiliki torsi maksimal 300 Nm pada 1.750- 4.000 rpm. Kedua mobil VinFast menawarkan kinerja yang mengesankan. Versi sedan menargetkan akselerasi dari 0-100 km/jam dalam 8,9 detik (174 dk), dan 7,1 detik (227 dk). Sementara yang SUV dengan penggerak roda belakang menargetkan akselerasi 0-100 km/jam dalam 8,9 detik, dan hanya 0,2 detik lebih lambat jika semua penggerak roda diaktifkan (4×4).

Baca Juga  Begini Sejarah Awal Munculnya Mobil Toyota Kijang

Fitur-ftur keselamatan juga lengkap. Seperti ABS, EBD, emergency brake assist, electronic parking brake, electronic stability control, traction control system, hill-start assist, roll-over mitigation, emergency stop signal, sensor parkir belakang, kamera parkir, ISOFIX, enam airbag, dan sebagainya. Selain sedan dan SUV tersebut, yang telah siap yakni hatchback bernama Fadil. Mobil ini dikembangkan dengan basis Opel Karl atau Chevrolet Spark. Mobnas Indonesia apa kabarnya?

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.