Penyebab Motor Matic tidak Mau Nyala

  • Whatsapp

Penyebab Motor Matic tidak Mau Nyala

Pernah mengalami saat hendak menghidupkan mesin Yamaha NMAX di pagi hari, tapi mesin malah ogah di-starter? Ini kejadian sempat dialami kru EM-Plus. Padahal, malamnya fine-fine aja loh, alias tidak terjadi gejala mencurigakan. Kondisi saat itu, layar LCD berfungsi normal dan klakson bisa menyalak kencang.

Tapi, waktu paginya tombol starter ditekan, tidak terdengar dinamo starter berputar. Nah, kalau nemu kejadian seperti ini, jangan panik dulu bro! Jangan dulu menuding aki dah tekor. “Bisa juga disebabkan oleh kotoran yang menempel di switch stand. Sehingga, sensor tidak bisa membaca dengan baik kala standar samping dinaikan,” bilang Muhammad Abidin, GM Aftersales & Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Mfg. Bila kendalanya memang seperti itu, cukup bersihkan switch standnya menggunakan kain lap, sampai kotorannya benar-benar minggat. Tapi bila cara ini sudah ditempuh dan masih belum mau nyala, baru deh cek sekring yang terdapat di bawah jok, di kotak dekat aki. Sobat kudu buka dulu cover penutup akinya menggunakan obeng plus (+). “Mungkin saja sekring putus disebabkan adanya konsleting, atau karena beban kelistrikan yang berlebihan.

Baca Juga  Daftar Mobil Lexus Terbaru yang Baru Rilis

 

Bisa juga kerena sekring tidak tersambung dengan baik,” tambah Abidin. Bila sekring tidak putus, yuks cek yang lainnya lagi. Terakhir, coba buka areal tombol starter yang ada di kanan setang. Buka dua baut menggunkan obeng plus (+). Sambungkan kutub positif dan kutub negatif, yang terdapat di saklar ini. “Bila motor bisa distarter dan hidup dengan cara ini, penyebabnya sepele. Yakni hanya terjadi penumpukan kotoran di spring starter, sehingga arus tidak tersambung,” lanjut Abidin. Untuk atasin kejadian ini, sobat bisa bersihkan spring starter menggunakan oli rem atau cairan penetran agar kotoran bisa hilang. Sebelumnya, sobat harus buka terlebih dahulu dua baut yang mengikat tombol starter. “Berbeda kejadiannya, bila LCD menyala dan lainnya berfungsi normal, namun ketika tombol starter ditekan, terdengar suara ‘trek..trek’, itu penyebabnya dinamo starter yang rusak. Bila ini terjadi, bawa saja langsung ke dealer Yamaha, kita ganti 100% karena ada garansi,” janji Abidin.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.