Tips Membeli Mobil Bekas Suzuki SX4

  • Whatsapp

Tips Membeli Mobil Bekas Suzuki SX4 –¬†Halo bang Rio salam kenal, saya pembaca OTOMOTIF sejak 2003 dan pemakai Suzuki SX4 X-Over M/T 2011, yang ingin saya tanyakan adalah:

1. Setelah service rutin di bengkel resmi pada 65.000 km (selalu service di Beres dari baru) saya mendapati kendala yaitu extra fan AC yang meleleh. Setelah saya baca beberapa artikel, disebutkan bahwa ini adalah penyakit rutin dari hampir semua SX4. Apakah penyebab melelehnya extra fan dan bagaimana tips untuk meminimalisir melelehnya extra fan ini?

2. Kalau ini masalah yang sering terjadi, berarti ada indikasi buruknya kualitas produk dan bukannya ini menjadi tanggungan Suzuki? Sementara saya tanya Beres ini tidak ditanggung.

3. Mengganti extra fan AC untuk SX4, lebih baik pakai merek apa? Karena bawaan dari pabrik adalah merek Mitsubishi, yang saya takutkan ketika memakai merek itu lagi akan terulang kejadian yang sama.

4. Kalau mau ganti ban lebih lebar dan profl tebal, sebaiknya pakai ukuran ban berapa?

Baca Juga  Tips Menyetir di Musim Hujan

5. Souvenir boleh dong bang, hehehe… Sekian pertanyaan dari saya, semoga bang Rio berkenan menjawabnya.

Sukses selalu OTOMOTIF! Mhd. Rivandio Simatupang Jl. Cemara – Medan

Halo juga bang Rivan, salam kenal kembali ya. Terimakasih juga sebelumnya sudah setia membaca OTOMOTIF. Btw, mobil yang dipakainya enak tuh bang. Saya juga suka pakai SX4. Enggak kelihatan hatchback kecil dan posisi duduk juga bisa tinggi. Oke deh, langsung saja ya:

1. Memang nih bang, cukup banyak cerita juga soal ekstra fan AC SX4 yang meleleh. Penyebabnya biasanya pasti karena ada short circuit atau korslet, yang bikin motor ekstra fan panas, lalu efek jeleknya adalah bikin ekstra fan meleleh. Intinya, korlset disebabkan oleh sambungan kabel atau terminal yang longgar. Sehingga, ketika sambungan kabel tersebut longgar, bikin arus listrik di dalamnya lompat dan pasti timbul panas.

2. Sepertinya tidak semudah itu juga untuk menyatakan ini adalah kerusakan parah dan harus jadi tanggungan Suzuki. Namun menurut saya, apabila memang bang Rivan selalu servis rutin di bengkel resmi dan bisa menunjukkan semua bukti-buktinya, plus tidak ada perbaikan yang dilakukan di luar bengkel resmi atau bang Rivan melakukan modifkasi sebelumnya. Biasanya selama diobrolkan dengan baik, bisa saja kok minta Suzuki untuk mengganti part tersebut tanpa biaya. Kan ini juga bukan masalah yang ditimbulkan akibat pemakaian abnormal dari bang Rivan.

Baca Juga  Ini Motor Roda Tiga Seperti Mobil Toyota i Road Harganya ?

3. Bawaannya memang pakai ekstra fan merek Mitsubishi bang. Apalagi kalau bang Rivan mau minta goodwill dari bengkel resmi langganan untuk menggantinya tanpa biaya. Namun di pasaran, terutama banyak bengkel spesialis AC. Ekstra fan khusus SX4 sudah banyak yang ganti dengan merek lain bang, misal Denso. Harganya berkisar Rp 1,250 juta. Kalau menurut cerita dan rekomendasi teman-teman, merek ini cukup berhasil mengatasi kekhawatiran soal rumah ekstra fan AC yang meleleh. Sebaiknya bang Rivan coba konsultasi dulu sama bengkel AC langganan kalau ingin ganti merek lain. Tidak perlu ke Beres lagi kan. Coba saja hubungi bengkel Rotary Bintaro di Jl. RC Veteran No.1A, Tanah Kusir, Jakarta Selatan atau hubungi nomor telepon 021-7388 0022 terlebih dahulu.

Baca Juga  Harga Mitsubishi Triton Terbaru, Offroad, New Triton Exceed AT

4. Kalau saya nih bang, sudah cocok dengan ukuran ban bawaan SX4 yang 205/60R16. Pelek ini bisa mengakomodir bantingan SX4 tetap nyaman, sekaligus tampilan tetap gagah. Tapi kalau memang ingin upgrade, tergantung nih mau sekalian ganti pelek atau cukup ban saja? Kalau hanya ban, saya cukup sarankan di ukuran 215/60R16 atau maksimal 225/50R16. Beda kalau mau sekalian ganti pelek, ukuran maksimal yang bisa dipasang yakni pelek lingkar 18 inci, dengan ban ukuran 225/40R18. Tapi mesti diingat, pakai pelek lebih besar, artinya bang Rivan mesti menyesuaikan dengan karakter handling ban baru. Plus ada resiko konsumsi BBM akan lebih boros. Lalu yang langsung terasa adalah bantingan suspensi juga terasa lebih keras.

5. Souvenir segera dikirim ya bang, mungkin agak telat karena bertepatan dengan libur panjang Lebaran. Enjoy dengan SX4 kesayangan ya bang, semoga selalu sehat dan awet…

Sumber : Majalah Otomotif Edisi Juli 2016

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.