Mobil 90 Jutaan Terbaik dengan Desain SUV

  • Whatsapp

Mobil 90 Jutaan Terbaik dengan Desain SUV 

Ajang Pembuktian Renault Kwid

Primadona baru Renault ini benar-benar menebar ancaman. Bisakah ia memenuhi ekspektasi dan menjawab tantangan lazimnya sebuah City Car dengan lugas? Misi besar yang tengah diemban Renault Kwid tentu harus dijawab tuntas. Untuk itulah kami menjajal City Car Renault yang punya label lengkap Renault Kwid 1.0L SCe ini lebih komprehensif. Di antara produk City Car lainnya, Kwid-lah yang tampil dengan gaya ala crossover. Ia memadukan city car dengan SUV. Pun dengan ground clearance setinggi 180 mm. Setara bahkan jika disandingkan dengan Suzuki S-Cross yang masuk dalam ranah SUV. Dengan komposisi ini, fleksibilitas Kwid di jalan menjadi lebih oke.

Terbukti saat kami ajak ke areal jalan dengan kontur berbatu dan tidak rata. Kwid mampu melibasnya dengan meyakinkan. Tidak seperti City Car lain. Mereka tentu butuh kehati-hatian dengan ground clearance tidak lebih dari 150 mm. Di balik kemudi kami mudah mendapatkan posisi berkendara ideal. Meski posisi duduk yang disediakan agak tinggi. Kami tidak terkendala dengan ruang kaki dan kepala yang lapang. Busa jok mobil ini juga empuk dan posisi duduknya ergonomis. Selebihnya, kabin ibarat ruang penyimpanan praktis dengan glove box kembar dan kantong penyimpanan berukuran besar di pintu. Persoalan datang dari getaran khas mesin 3 silinder berkapasitas 999 cc.

Baca Juga  Mobil Bekas Matic CVT Harga Murah 100 Juta

Vibrasi itu masih terasa hingga ke kabin terutama saat gas diinjak lebih dalam. Selain getaran, suara yang mengintrusi kabin pun juga muncul saat mesin berkitir lebih tinggi. Mesin kecil Kwid ini terhubung dengan transmisi manual 5 percepatan. Kami merasakan kecekatan transmisi ini tidak begitu responsif. Transfer tenaga saat di gigi 1 terasa kurang sempurna. Bahkan cenderung tersengal-sengal jika tidak cepat beralih ke gigi 2. Terlebih di kondisi lalu lintas dalam kota yang cenderung ‘stop and go’. Selebihnya saat jalan relatif lengang. Kami hanya perlu mengurut pijakan gas maka Kwid dapat dengan mudah mengail kecepatan. Bahkan jika urung menempatkan posisi gigi yang pas akan muncul petunjuk berupa anak panah naik atau turun di MID. Agar kami segera upshift atau downshift posisi gigi.

Baca Juga  Mobil Mercedes Benz dengan Mesin Turbo dan Listrik

Petunjuk sederhana yang toh membantu kami menjaga posisi gigi berada di putaran mesin ideal. Hasilnya, konsumsi BBM Kwid di dalam kota bisa menorehkan angka 16,2 km/l. Sementara di rute tol bisa meraih 22 km/l. Fantastis! Hasil pengetesan kami, Kwid mampu menuntaskan akselerasi 0-100 km/ jam dalam 13,2 detik. Sama persis dengan catatan yang ditorehkan Suzuki Celerio manual. Sayangnya bantingan suspensi Kwid tergolong keras. Kenyamanan awak kabin kerap terinterupsi dengan intrusi suara ban. Misalnya saat menghantam lubang jalan. Ditambah lagi dengan pergerakan setir yang terlalu ringan. Rasanya seperti tidak bernyawa dan kurang riil dengan pergerakan roda ke jalan.

Paling terasa ialah saat manuver belok di kecepatan sedang. Setir memang mudah diarahkan, tapi potensi limbung dan oversteer langsung otomatis hadir. Kami sendiri sangat maklum dengan pengendaliannya yang tak begitu baik karena ban 13 inci tipis yang digunakan. Beberapa catatan tadi memang agak mengganggu. Walau sebagai kompensasi, Kwid membayarnya dengan fitur hiburan yang lebih baik dibanding rival-rivalnya saat ini. Ia satu-satunya City Car yang sudah mengadopsi layar sentuh. Fitur pada layar berukuran 7 inci ini juga cukup lengkap. Paling berguna tentu saja satelit dan navigasi.

Baca Juga  Inilah Harga Honda Rebel di Indonesia

Pun dengan konektivitas telepon yang bisa terhubung dengan mengaktifkan Bluetooth di smartphone. Jadi Anda bisa bebas menggenggam smartphone saat panggilan telepon masuk. Sehingga tidak mengganggu konsentrasi berkendara. Kesimpulannya Kwid adalah opsi yang menarik jika pilihan Anda ialah sebuah City Car. Meski beberapa kendala agak mengganggu impresi berkendaranya. Tawaran harga yang terjangkau dengan fitur yang berlimpah terbukti unggul dibanding rivalnya saat ini.

Harga :

95 Jutaan (sumber : OLX)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.