Fitur Fitur Hiburan di Head Unit Mobil Mazda Terbaru

  • Whatsapp
[Total: 0    Average: 0/5]

Fitur Fitur Hiburan di Head Unit Mobil Mazda Terbaru

Fitur Di MZD Connect – Memudahkan dan Menghibur

Fitur konektivitas yang menghubungkan antara smartphone dan sistem hiburan kendaraan tampaknya sudah menjadi kebutuhan primer. Selain sebagai sarana hiburan, penggunaannya ternyata juga mampu meminimalkan kecelakaan Pada mobil Mazda keluaran baru, terdapat sebuah teknologi konektivitas yang mampu mengintegrasikan smartphone dengan sistem hiburan kabin. Mazda menamakan teknologinya dengan sebutan MZD Connect. Hadir perdana di Indonesia pada varian Mazda2 R dan GT, MZD Connect sekarang juga hadir pada varian Mazda CX-5 dan Mazda6.

Untuk mengoperasikan semua menu dan sub-menunya, Anda dapat menggunakan tiga cara. Pertama melalui layar sentuh, kemudian menggunakan Commander Control yang berada di konsol tengah, terakhir melalui tombol yang berada di sisi kiri setir. Demi alasan keamanan, pengoperasian MZD Connect lewat layar sentuh hanya bisa dilakukan ketika mobil dalam kondisi berhenti. Untuk menyinergikan smartphone dengan sistem MZD Connect, Anda membutuhkan sebuah koneksi Bluetooth. Untuk mengoneksikannya cukup mudah. Pertama hidupkan Bluetooth pada smartphone Anda, lalu pastikan Bluetooth pada MZD Connect juga hidup yang ditandai dengan logo Bluetooth di pojok kanan layar.

Jika belum, hidupkan Bluetooth dengan menuju ke menu Setting, pilih sub-menu Bluetooth, lalu aktifkan. Saat kami mencoba pairing, proses dapat berjalan lancar. Langkah selanjutnya adalah menuju menu Communication di MZD Connect. Pilih Setting, lalu pilih Bluetooth, kemudian Add New Device. Lakukan modus pencarian pada smartphone Anda, pilih perangkat dengan nama Mazda, lalu pastikan kode yang muncul baik pada layar smartphone dan layar MZD Connect sama. Kami tidak menemukan kendala berarti dalam proses mengoneksikan perangkat smartphone dengan MZD Connect. Jika semua proses sudah selesai, segala informasi dan data pada smartphone akan muncul dan dapat dioperasikan melalui MZD Connect. Sayangnya pada unit yang kami coba, kontak dari smartphone tidak migrasi seluruhnya.

Baca Juga  Aston Martin Buatan Mana?

Meski sudah beberapa kali kami melakukan import contact secara manual via opsi pengaturan kontak di MZD Connect. Sebelum membahas lebih jauh tentang tur smartphone yang dapat dijalankan via MZD Connect, kita beralih sejenak ke tur lain. Pertama ada menu Application. Pada menu ini Anda bisa mengetahui beberapa informasi terkait dengan kendaraan, seperti konsumsi bahan bakar, jadwal servis, jadwal ganti oli, jadwal rotasi ban, serta dapat mengetahui jika ada malfungsi pada kendaraan yang ditandai dengan tanda seru pada sub-menu Warning Guidance. Pada mobil yang kami coba, bahan bakar yang tersisa sudah sangat sedikit sehingga muncul peringatan “Low Fuel” pada Warning Guidance.

Baca Juga  Pengalaman Pakai VW Tiguan

Selanjutnya adalah menu Entertainment. Pada menu ini Anda bisa mendengarkan musik melalui berbagai media. Ada radio, internet radio melalui aplikasi Aha Radio dan Stitcher, Bluetooth, USB, CD, dan AUX. Untuk menggunakan tur internet radio, Anda harus mengunduh aplikasi Aha Radio terlebih dulu. Jika sudah terinstal, Aha Radio secara otomatis akan terkoneksi dengan perangkat MZD Connect, dan Anda langsung bisa mendengarkan beberapa siaran radio mancanegara. Karena mengandalkan koneksi internet via smartphone, data internet smartphone akan mudah habis jika terlalu sering menggunakan tur internet radio. Pada menu Communication, Anda mampu mengontrol fungsi smartphone via MZD Connect. Anda bisa membuat panggilan, menerima panggilan, bahkan bisa membaca dan membalas SMS.

Untuk melakukan panggilan, sebaiknya menggunakan tur Voice Command karena lebih praktis. Caranya, tekan tombol “talk” yang terdapat pada setir, tunggu bunyi beep lalu katakan tindakan apa yang anda inginkan, misalnya “Call” lalu nama orang yang ingin Anda hubungi. Karena keterbatasan sistem untuk mendeteksi sebuah bahasa, kami sedikit kesulitan ketika harus menghubungi seseorang yang memiliki nama khas Indonesia. Selanjutnya ada tur yang mampu memudahkan Anda dalam berkendara, yaitu Navigation. Pada menu ini Anda bisa mencari alamat, mencari tempat- tempat spesik seperti restoran, SPBU, ATM dan sebagainya. Peta pada MZD Connect kami rasa cukup update karena lokasi SPBU terbaru di daerah pengujian kami sudah terdapat di peta. Area pencarian juga bisa spesik hanya di sekitar Anda atau di kota lain.

Baca Juga  Mobil Sport Terbaik di Indonesia, McLaren 570S Coupe

Jika sudah menentukan lokasi, sistem navigasi juga akan memberi pilihan rute. Ada rute tercepat, terdekat, termudah dan terhemat dalam hal konsumsi bahan bakar. Jika mobil Mazda Anda telah dilengkapi - tur head-up display, akan tampil notikasi kapan Anda harus belok lengkap dengan arahnya, sehingga tidak mengganggu konsentrasi mengemudi. Yang terakhir adalah menu Setting. Pada menu ini Anda bisa melakukan pengaturan berbagai fungsi. Terdapat sub-menu Display untuk mengubah tampilan antar muka layar headunit, lalu Sound untuk mengatur tingkatan berbagai suara di mobil, seperti suara speaker atau suara kedipan lampu sein.

Kemudian ada pengaturan Safety yang dapat mengatur Smart City Brake Support, Lane Departure Warning Sensor, serta pengaturan tur Rain Sensor. Karena sangat banyak tur dan fungsi dalam MZD Connect, sebaiknya Anda tidak terlalu sering mengoperasikannya jika kendaraan sedang bergerak. Ingat, keselamatan Anda yang utama!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.