Jasa Pengiriman Motor Terbaik di Indonesia

  • Whatsapp
[Total: 0    Average: 0/5]

Jasa Pengiriman Motor Terbaik di Indonesia

Bagi masyarakat Indonesia, mudik sudah menjadi tradisi jelang Lebaran. Beragam alat transportasi pun digunakan untuk sampai di kampung halaman. Mulai dari mobil pribadi, motor, bus, kereta api, kapal laut hingga pesawat. Dari banyak moda transportasi tersebut, pemerintah tidak menyarankan pemudik untuk menggunakan kendaraan roda dua ketika mudik atau bepergian jauh. Sebab, motor merupakan penyumbang kecelakaan terbesar di jalan saat musim mudik. Jika ingin tetap menggunakan motor untuk beraktivitas di kampung halaman, manfaatkan saja jasa ekspedisi. Selain lebih aman, biayanya juga terjangkau. Namun sebelumnya, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Seperti kelengkapan dokumen dan jadwal pengiriman

Baca juga :  Mobil Pesaing HRV Mobil SUV Mewah Murah dan Irit

PT Pos IndonesIa

Selain lihai mengirimkan surat menyurat dan mencari alamat, PT Pos Indonesia juga bisa jadi andalan untuk mengirim motor. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mendatangi kantor cabang utamanya. Karena tidak semua kantor pos melayani jasa ini. Untuk wilayah Jakarta, Anda bisa ke Kantor Pos Besar di Pasar Baru, Jakpus. Letak tepatnya, dekat dengan Lapangan Banteng. Menurut salah satu petugas, layanan yang memiliki nama resmi Paket Jumbo Motor ini hanya melayani dua tipe jenis/ kategori motor, yakni motor sport dan motor bebek/matik. “Untuk motor matik volume besar seperti Yamaha NMAX atau Honda PCX dimasukkan dalam kategori motor sport,” ujarnya yang enggan menyebutkan nama.

Baca Juga  Ini Komunitas Club Toyota Avanza di Indonesia

Oleh sebab itu, Paket Jumbo Motor ini tidak diberlakukan tarif berdasarkan bobot motor per kilogram. Melainkan dihitung berdasarkan kategori motor dan jauh/ dekatnya tujuan pengiriman. Sebagai contoh, untuk pengiriman motor jenis sport tujuan Surabaya, tarifnya sekitar Rp 1.051.000. “Itu sudah termasuk biaya packing,” tambah petugas tadi. Untuk persyaratannya pun cukup sederhana. Yang harus Anda bawa ke kantor pos hanyalah motornya saja. Tidak perlu kelengkapan dokumen kelengkapan motor seperti STNK dan BPKB. Konsumen tinggal mengisi form Pengantar Kiriman Paket Jumbo Motor (PKPJM) yang berisi detail informasi nama dan alamat pengirim serta penerima paket beserta data motor yang akan dikirimkan. Di dalam form PKPJM itu juga ada checklist kelengkapan detail motor yang akan diisi ketika dilakukan proses pengecekan kondisi motor oleh petugas yang disaksikan pengirim. Mengenai durasi pengiriman, PT Pos Indonesia menjanjikan maksimal 14 hari kerja (potong hari libur nasional). Jika tidak ada libur nasional dan jarak pengiriman makin dekat, biayanya juga lebih murah.

Baca Juga  Mobil Matic Paling Irit di Indonesia 2019

PT HeRona eXPRess

Berbeda dengan PT Pos Indonesia, jika menggunakan jasa Herona Express, semua jenis motor bisa dilayani. “Mulai matik, bebek, sport bahkan sampai motor seperti Ninja ke atas pun bisa layani. Karena kita tidak membatasi cc dan motornya,” buka Derry Aryanto, Kanit Herona Express cabang Stasiun Pasar Senen, Jakpus saat ditemui. “Motornya akan dikirim via kereta api Bengawan dan Sri Tanjung. Kalau tujuannya Bali dan Madura, setelah turun dari kereta api akan dilanjutkan dengan mobil box,” tambah Derry.

Untuk wilayah jangkauan, Herona Express harus mengakui keunggulan PT Pos Indonesia. Karena pihak Herona hanya mencakup pulau Jawa, Bali dan Madura saja. Mengenai estimasi durasi pengiriman motor tergantung daerahnya. “Misalnya ke Jogja, kisaran dua sampai tiga hari. Kalau ke Bali kisaran tiga sampai empat hari,” tambahnya. Untuk syarat pengiriman, diharuskan melampirkan STNK aslinya. Kalau masih kredit dan STNK belum turun bisa melampirkan surat dari kepolisian. Sebelum dinaikkan ke kereta api, terlebih dahulu motor harus dikosongkan bahan bakarnya demi keamanan. Setelah itu kaca spion dicopot agar tidak patah akibat tersenggol. Baru setelah itu di packing sebanyak dua hingga tiga lapis menggunakan kardus, bubble wrap dan busa. Bagaimana dengan tarifnya?

Baca Juga  Mobil Mercedes Benz yang Baru Rilis Tahun ini

“Untuk motor bebek kisaran Rp 500.000 – 523.000 plus bungkus. Kalau motor laki (sport), mulai dari Rp 503.000 – 593.000 sudah termasuk bungkus. Jadi harganya bervariasi tergantung motor dan tujuannya,” rinci pria ramah ini. Derry menambahkan, motor yang dikirim juga sudah diasuransikan. “Asuransi yang kami tanggung adalah kehilangan, bukan kerusakan,” ujarnya. Oiya, untuk pengangkutan terakhir Herona Express cabang Stasiun Pasar Senen adalah 29 Mei 2019. Jadi yang mau kirim motornya ke kampung halaman, lebih baik disegerakan deh

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.