Mobil Hybrid Tercepat di Dunia

  • Whatsapp

Mobil Hybrid Tercepat di Dunia

Hypercar Bermesin Hybrid – Welcome To 1000 HP Club

Buat pertama kalinya mobil balap F1 dibuat versi jalanannya. Inilah Mercedes-AMG Project ONE, hypercar bertenaga lebih dari 1.000 HP/horse power (daya kuda) Hanya segelintir di dunia mobil bertenaga lebih dari 1.000 dk yang diproduksi massal. Di antaranya Bugatti Chiron dan Aston Martin Valkyrie. Namun sekarang Mercedes-AMG Project ONE melengkapi klub 1.000 dk itu. Sekaligus sebagai perayaan ulang tahun ke-50 divisi balap Mercedes- Benz, AMG. Mobil ini menjadi istimewa karena nyaris seluruh rancang bangunnya mengambil basis dan teknologi dari mobil balap Mercedes-Benz di F1. Bahkan termasuk mesin kecil yang hanya berkapasitas 1.600 cc. World premiere hypercar pertama Mercedes-Benz di Frankfurt Motor Show 2017 (12/9), yang kontan membetot perhatian.

Bukan hanya spesifikasi tenaganya yang sedemikian besar, namun juga desain bodinya yang futuristik. Balutan warna silver khas mobil-mobil balap Mercedes makin mengentalkan kedahsyatan performanya. Dibandingkan pesaing terdekatnya seperti LaFerrari ataupun Aston Martin Valkyrie, Mercedes-AMG Project ONE punya desain agak berbeda. Paling terlihat dari air scoop di atas atap. Fungsinya untuk menangkap udara yang berguna sebagai pernapasan mesin. Spesifikasi mesin ini juga yang dipakai di balapan F1 saat ini. Lantas bentuk sirip vertikal di kaca belakang yang mirip hiu. Lagi-lagi terinspirasi dari mobil balap F1 yang berguna meningkatkan stabilitas saat bermanuver lateral. Dimensi roda besar ikut menyumbang kedinamisan tampilan. Terlebih desain dan materialnya unik.

Baca Juga  Mobil SUV Matic CVT Terbaik New Honda BR-V Prestige

Paduan logam tempa dan serat karbon. Bukan hanya ringan dan kuat, namun juga mampu membantu proses pendinginan rem saat bekerja dan memperbaiki tingkat aerodinamika bodi keseluruhan. Di bagian belakang terlihat diffuser yang menunjang downforce saat mobil dipacu di kecepatan tinggi. Bentuknya sangat mirip dengan mobil F1 dimana sirip diffuser dibuat bertingkat. Maklum, hypercar ini mampu mencapai top speed 350 km/jam. Sehingga kestabilan mobil di kecepatan tinggi sangat krusial. Selain keunikan tampilan bodi dibanding rivalnya, Project ONE merupakan satu-satunya hypercar yang memakai mesin bakar paling kecil, yaitu hanya 1.600 cc. Bandingkan dengan LaFerrari yang punya 6.300 cc dan Aston Martin Valkyrie 6.500 cc. Sepertinya sukses Mercedes mendominasi balap F1 saat ini membuat mereka percaya diri dengan mesin 1.600 cc-nya.

Baca Juga  Spesifikasi Honda CR-V 2017

Tentu bukan sembarang mesin 1.600 cc karena kinerjanya ditopang turbo dan katup pneumatik sehingga putaran maksimumnya mencapai 11.000 rpm. Memang lebih kecil dibanding putaran mesin F1 yang mencapai 13.500 rpm. Alasannya untuk keawetan komponen dan masih memakai bahan bakar reguler, bukan racing fuel. Di kedua roda depan dibantu 2 motor elektrik yang masing-masing berkekuatan sekitar 161 dk. Motor listrik ini mampu berputar instan hingga 50.000 rpm. Turbo yang disematkan juga spesial. Aliran udara panas sisa gas buang dipisahkan salurannya dengan udara dingin ke intake. Performa aliran pasokan udara ikut diperkuat dengan motor listrik. Efeknya putaran kipas turbin mampu berkitir hingga 100.000 rpm! Selain itu, gejala turbo lag juga mampu dihilangkan.

Baca Juga  Mobil Rolls Royce Termahal dan Terbaru

Bahkan Mercedes mengklaim respons pedal gas masih lebih responsif dibandingkan dengan mesin V8 normally aspirated. Layaknya mobil bermesin hybrid, Project ONE menanamkan baterai di lantai bawah. Saat mode full electric, mobil sanggup berjalan sejauh 25 km. Ketika butuh performa maksimal, seperti saat berakselerasi, mesin bensinnya akan menyala dan memasok tenaga tambahan hingga 1.000 dk! Berkat Project ONE, Anda tak lagi bermimpi menjadi seorang Lewis Hamilton untuk bisa merasakan sensasi membesut mobil balap F1 Mercedes. Bahkan Anda bisa mengajak seorang teman buat duduk di samping. Asalkan siap menguras rekening hingga lebih dari Rp 40 miliar. Itupun jika masih ada stok tersisa dari 275 unit yang diproduksi.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.