MPV Terbaik 120 Jutaan dengan Biaya Perawatan Murah

  • Whatsapp

MPV Terbaik 120 Jutaan dengan Biaya Perawatan Murah – 

Grand New Avanza 2015

Bisa jadi Anda sudah pernah melihat wajah barunya di dunia maya, namun sebenarnya perubahan yang terjadi di Avanza jauh lebih banyak daripada yang terlihat dari luar. Perubahan yang disebut Toyota sebagai Big Minor Change ini meliputi eksterior, interior, sumber tenaga, line-up, dan safety. Kabarnya, model baru dari MPV fenomenal ini akan diberi nama Grand New Avanza. Facelift yang dilakukan terbilang signifkan sehingga membuat wajah Avanza kini memiliki bahasa desain ‘keen look’, serupa dengan yang terdapat di line-up sedan generasi terbaru Toyota seperti Vios dan Corolla Altis. Untuk perubahan ini, bagian-bagian yang diganti meliputi kap mesin, bumper depan, gril, headlamp, dan panel bodi depan. Bentuk lampu depan Avanza baru kini juga lebih pipih, tak membentuk segitiga seperti pada versi sebelumnya. Perubahan bentuk itu membuat bagian atas headlamp dan gril membentuk satu tarikan garis dengan kap mesin. Sementara gril radiator baru di Grand New Avanza berbentuk satu bidang trapesium yang berukuran lebih besar dari pendahulunya.

Gril ini pun tak lagi terdiri dari dua bagian melainkan satu bidang besar, memperkuat kesan kokoh dan mewah di wajah Avanza. Sementara aksen hitam yang terbentuk dari garnish di bagian bawah bumper bertujuan memberi kesan lebar. Garnish ini didesain menyatu dengan rumah foglamp di kedua ujungnya. Seperti sebelumnya, Grand New Avanza E yang merupakan varian paling rendah belum dilengkapi foglamp. Dari iklan teaser Grand New Avanza di harian nasional beberapa waktu lalu dan banner utama di website Toyota Indonesia terlihat pula kalau velg Avanza baru juga mengalami perubahan desain. Sementara varian E tetap dilengkapi velg kaleng dan dop. Dibandingkan dengan bagian depan, perubahan di buritan Avanza baru ini tak terlalu banyak, hanya meliputi lampu belakang dan garnish penutup lampu pelat nomor. Susunan lampu belakang kini berubah, dengan sein dan lampu mundur berada di atas lampu belakang/ rem. Pada varian G dan Veloz kini ditambahkan lens garnish merah yang menyambung dengan garnish krom penutup lampu pelat nomor. Sama seperti di bagian depan, perubahan ini bertujuan untuk memberi kesan lebar.

Baca Juga  Review Fitur Harga Lengkap All New Ertiga Sport Matic

INTERIOR

Ubahan paling kasat mata di interior Grand New Avanza adalah warnanya. Kelir beige yang mendominasi kabin Avanza terdahulu digantikan oleh warna cokelat lebih gelap, mirip kopi susu. Tak hanya warna, motif kain pembungkus joknya juga berubah dan berkesan lebih mewah. Dibanding sebelumnya, jok di ketiga baris interior tampak lebih tebal. Semestinya perubahan ini mampu meningkatkan kenyamanan Avanza baru. Detail perubahan juga terlihat pada center cluster di sekitar tombol pengatur AC. Pada varian Avanza E bagian ini tetap berwarna seperti material aslinya, sementara center cluster untuk varian G kini berwarna silver. Sebagai pemanis, kini ditambahkan garnish silver di atas laci dasbor, tampak sebagai pembatas antara bagian atas berwarna hitam dan sisi bawah berkelir cokelat.

Baca Juga  Tips Membeli Mobil Bekas Matic dan Rekomendasi Mobil untuk Mahasiswa

Sementara itu AC kini dilengkapi fungsi pengatur untuk memasukkan udara dari luar. Hilangnya asbak dari center cluster membuat ukuran kompartemen penyimpanan di bagian bawah menjadi lebih besar dan bisa menyimpan lebih banyak barang. Seluruh varian juga kini sudah dibekali head unit berukuran double DIN. Semua head unit ini sudah memiliki terminal aux-in dan USB. Tak hanya itu, head unit pada varian Avanza G dan Veloz juga dilengkapi koneksi Bluetooth dan pengaturan iPod. Perubahan juga terlihat pada panel instrumen. Meski pendar lampu oranye tetap dipertahankan, desain meter clusternya dibuat agar lebih memudahkan pemantauan. Di panel instrumen semua varian Grand New Avanza kini juga terdapat indikator ‘Eco’ untuk memberi tanda menyetir yang efsien. Kepraktisan Avanza baru juga semakin meningkat, dengan adanya perubahan di bangku baris ketiga. Jika sebelumnya hanya sandaran bangku yang terbagi dua, kini dudukan bangku baris kedua juga terbelah. Dengan begitu konfgurasi bangku untuk mengangkut penumpang dan barang bisa lebih bervariasi.

SAFETY DAN SECURITY

Kemajuan dalam kelengkapan ftur safety di Avanza baru juga cukup banyak. Hal ini ditempuh Toyota untuk menyesuaikan Avanza dengan persyaratan rating crash test ASEAN NCAP. Seluruh bangku di semua varian kini dilengkapi seatbelt 3 titik termasuk untuk penumpang tengah di bangku baris kedua. Seatbelt tiga titik untuk bangku tengah ini berujung di atap sebelah kanan. Untuk mengingatkan penumpang agar selalu menggunakan sabuk pengaman, kini di center cluster terdapat passenger seatbelt warning. Selain seatbelt, seluruh bangku kini dilengkapi headrest. Berhubung bangku baris kedua terbelah dua di tengah, khusus untuk bagian ini dirancang headrest yang juga terbagi dalam dua bagian.

Baca Juga  Spesifikasi dan Harga Hyundai H 1

Sementara bangku lain di kedua baris belakang menggunakan headrest saddle type. Demi menjaga keselamatan anak-anak sebagai penumpang, bangku baris kedua kini dilengkapi pengait ISOFIX dan Top Tether Anchor. Dengan begitu child seat yang kompatibel dapat langsung dikaitkan dengan baik ke bangku. Grand New Avanza juga lebih aman dalam mengantisipasi kecelakaan karena seluruh varian kini dilengkapi sistem rem dengan ABS. Selain itu rem cakram di depan sudah menggunakan tipe ventilated. Avanza baru menjadi pelopor di kelasnya dalam penerapan ftur-ftur safety seperti seatbelt tiga titik dan headrest untuk seluruh bangku, lampu peringatan penggunaan seatbelt, serta power window antijepit. Sebagai mobil terlaris, Avanza memiliki daya tarik yang tinggi bagi penjahat curanmor. Itu sebabnya pada versi Big Minor Change ini Toyota melengkapi Grand New Avanza dengan kunci yang sudah dilengkapi sistem immobilizer. Dengan demikian mobil tak dapat dihidupkan tanpa kunci bawaan pabrik

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.