Spesifikasi, Harga, Mobil Sport Terbaru, Porsche 911 Carrera S

  • Whatsapp

Spesifikasi, Harga, Mobil Sport Terbaru, Porsche 911 Carrera S

 

Read More

Carrera generasi teranyar menggendong jantung mekanis baru yang telah dilengkapi dengan turbocharger. Polemik dengan bahasan sektor mesin dan performa pun tak terhindarkan, yang datang dari para penggemar Carrera generasi awal dengan mesin naturallyaspirated nya.

mobil sport porsche terbaru 1

Namun, layaknya para pesaing di kelas yang sama, aplikasi mesin dengan nafas turbo sudah terbukti menjadi hal yang cukup menjanjikan, tentunya dapat menghemat banyak hal tanpa mengorbankan performa sebuah sports car. Begitu juga dengan Porsche yang menjanjikan pengalaman baru dengan tidak menghilangkan nilai dari performa ikonik 911 ketika menggunakan mesin naturally aspirated.

mobil sport porsche terbaru 2

Kami pikir sejumlah nilai positif dapat dipetik ketika Carrera beralih ke mesin turbo, dan beberapa di antaranya adalah kemudahan untuk menikmati esensi sebuah sports car, bahkan saat digunakan sebagai kendaraan harian. Hal tersebut yang ingin disampaikan Porsche ketika mengundang kami untuk menjajal Carrera S terbaru dengan paket tertinggi di jalanan negara Singapura. Untuk menunjukkan bahwa Carrera terbaru masih merupakan sebuah Porsche 911 dengan performa tinggi namun dapat digunakan sebagai mobil harian.

mobil sport porsche terbaru 4

Penampilan desain eksterior Carrera baru mengalami segelintir perubahan namun signifikan. Segelintir karena memang desainnya masih menganut nilai khas 911 yang tak banyak mengalami perubahan setelah melalui enam generasi. Lampu depan dan belakang baru, serta spoiler depan bawah juga baru merupakan pemanis desain yang lebih segar. Sementara perubahan signifikan datang dari pemasangan mesin turbocharger yang membutuhkan pendinginan lebih sehingga air intake dan grille baru disajikan lebih besar. Spoiler belakangnya dapat terbuka secara manual maupun otomatis saat temperatur mulai memanas. Sistem tersebut termasuk ke dalam aerodinamika aktif yang diadopsi langsung dari 918 Spyder yang berfungsi sebagai kendali aerodinamika dan pengaturan suhu yang lebih baik.

Baca Juga  Motor Roda Tiga Tertutup Seperti Mobil

mobil sport porsche terbaru 3

Velg baru pada Carrera S juga menguatkan aura sporty sektor eksterior, dengan ukuran 20 inci dan ban belakang mendapatkan lebihan ukuran lebar setengah inci khusus untuk menangani output dari jantung mekanis baru. Memasuki kabin Carrera S masih menawarkan posisi duduk yang rendah namun tidak menjadikan Anda seperti tenggelam di dalam kabin. Ruang yang ditawarkan pun menjadi lebih lega berkat bertambahnya jarak sumbu roda dan seperti halnya generasi pendahulu dari 911, Carrera S terbaru juga menggunakan layout 2+2, yang berarti terdapat dua kursi penumpang di belakang, yang ketika dilipat akan memberi ruang penyimpanan sebesar 260 liter. Nuansa sporty sekaligus mewah menjadi tema desain interior dan kursi yang mendukung sensasi berkendara sporty terasa nyaman bak mobil saloon.

mobil sport porsche terbaru 5

Belum lagi material yang digunakan memiliki kualitas yang sangat jempolan. Konsol tengah yang masih terinspirasi dari Carrera GT menyajikan banyak tombol fitur pendukung kenyamanan dan kesenangan berkendara yang mudah untuk digapai oleh sektor pengemudi maupun penumpang depan. Begitu juga dengan posisi palang kemudi, tuas transmisi, dan pedal-pedal yang berada di tempat yang sesuai. Tak butuh pengaturan yang lama dan rumit untuk mendapatkan posisi terbaik yang sesuai dengan preferensi Anda. Salah satu fitur baru yang signifikan adalah sistem baru dari Porsche Communication Management (PCM) sebagai infotainment yang dapat diakses melalui layar sentuh 7 inci.

mobil sport porsche terbaru 6

Termasuk di dalam sistem adalah navigasi yang telah dipercanggih dan Porsche Car Connect yang dapat menghubungkan perangkat dengan menggunakan aplikasi Porsche Connect. Selain itu, perubahan pada interior juga terjadi pada desain palang kemudi baru yang diadopsi langsung dari 918 Spyder, serta dengan tombol putar pada palang kemudi yang berfungsi mengubah mode berkendara (Normal, Sport, Sport Plus, Individual). Instalasi turbo dapat berarti bahwa kapasitas mesin berkurang namun dengan output yang bertambah, dan itu yang diaplikasikan pada Carrera generasi terbaru. Daya yang dihasilkan kini mencapai 420 hp (20 hp lebih besar) pada 6.500 rpm dan torsi puncak 500 Nm yang tersedia mulai dari putaran rendah 1.700 – 5.000 rpm. Sementara putaran maksimalnya berada di angka 7.500 rpm.

Baca Juga  Review, Spesifikasi, Harga, Keyboard untuk IPAD, LOGITECH CREATE

 

Sebagai penyalur tenaga tersedia transmisi andalan PDK atau pilihan manual 7-speed. Kondisi lalu lintas perkotaan di Singapura tidak mengizinkan kami memacu kencang Carrera S sehingga berkendara santai menjadi satu-satunya opsi. Ternyata tak butuh waktu lama untuk menyadari bahwa Carrera S adalah mobil yang hebat dan menyenangkan. Pengendaraan dalam kota terasa seperti sedang mengendarai saloon, penuh kenyamanan di dalam kabin yang mewah.

 

Perpindahan gear dari transmisi PDK terasa sangat halus dan saat menggunakan mode manual, melalui paddle shift atau tuas transmisi, respon perpindahannya juga terasa instan. Dual-mass flywheel dengan pendulum sentrifugal menyerap getaran adaptif dan meredam getaran di segala rentang putaran, sehingga saat kecepatan rendah sekalipun Anda dapat menggunakan gear yang lebih tinggi dengan putaran tetap rendah tanpa ada gejolak. Fitur ini meningkatkan kenyamanan sekaligus menghemat bahan bakar. Kami pun mengarahkan kemudi ke daerah Kranji di pinggiran kota Singapura untuk mencari runaway yang memungkinkan kami untuk mencoba performa sesungguhnya dari Carrera S. Setelah berkendara beberapa saat, tibalah kami di jalanan lurus sepanjang beberapa kilometer dengan ruas jalan sangat lebar dan kondisi tak ramai. Masih ada keraguan untuk melaju kencang karena peraturan batasan kecepatan namun kami abaikan dan langsung menginjak habis pedal akselerator.

 

Torsi berlimpah langsung mengempaskan kami dan dalam kondisi berakselerasi cepat kami pindahkan mode berkendara ke Sport Plus dan menekan tombol Sport Response Button di tengah dial putar mode berkendara, hasilnya sulit untuk digambarkan, melesat cepat secara instan seperti pesawat pada film Sci-fi Star Wars dan Star Trek saat memasuki kecepatan cahaya. Memang tidak secepat itu, namun kenyataannya bahwa akselerasinya membuat jantung berdegup kencang karena gairah yang terpacu dahsyat. Belum lagi deru merdu penuh hasrat dari kolaborasi mesin putaran tinggi dan turbocharger yang juga didukung sistem exhaust, melengkapi gairah berkendara khas sports car. Suara tersebut tidak dimodifikasi secara digital layaknya beberapa mobil kencang lain, sehingga saat Anda berkendara lebih santai suara yang dihasilkan pun cenderung lebih bersahabat.

Baca Juga  Review, Spesifikasi, Harga Lamborghini huracan Spyder

 

Tak jauh dari jalanan pacu lurus yang menyenangkan, kami memasuki jalanan pedesaan dan langsung disajikan dengan jalanan berkelok dengan aspal yang juga masih bagus. Tak sungkan-sungkan kami pun menikmati sajian tersebut yang memang sesuai dengan karakter baru Carrera S yang menggunakan sassis PDCC (Porsche Dynamic Chassis Control) dan Porsche Torque Vectoring.

 

Stabilitas saat mobil bermanuver ditingkatkan dan suspensi bekerja dengan baik meredam pantulan kendaraan berlebih. Gabungkan dengan kemudi poros belakang aktif, yang kemudian menghasilkan mobil ini sebagai penyerang segala tikungan yang sangat andal. Ketangkasannya di tikungan dengan kecepatan menengah hingga tinggi, dan kestabilannya saat mobil dipaksa bergerak dinamis membuat kami tersenyum dan ingin terus memacunya lebih kencang.

 

Mobil ini sangat patuh dalam bergerak sesuai dengan keinginan dan bahkan terlalu patuh bagi sebagian orang yang ingin merasakan sedikit pergeseran di bagian belakang saat berbelok. Lingkar kemudi dengan sistem elektrik menawarkan bobot putar ringan, akurat, dan feedback yang baik, namun terkadang terasa sangat artifisial. Walaupun begitu, tetap mendukung kenikmatan berkendara Carrera S. Porsche 911 Carrera S dengan dua turbocharger adalah hal menyenangkan baru sejak saya merasakan sensasi yang serupa dari mengendarai Jaguar F-type V6 dan Mercedes-AMG GT S. Dengan rasa sporty yang sangat kental, Carrera S masih merupakan pilihan baik untuk digunakan harian. Ini adalah salah satu hasil evolusi terbaik dari sports car modern yang pernah saya kendarai.

 

 

PorschE 911 Carrera S
Mesin 2.981 cc 6-silinder
Rear-engine
Tenaga 420 hp @ 6.500 rpm
Torsi 500 Nm @ 1.700-5.000 rpm
Transmisi Dual-clutch PDK 7-speed
Dimensi 4.499 x 1.808 x 1.302 mm
Top Speed 306 kpj
Tangki 64 liter
0-100kpj 4,1 detik (klaim)
BBM 7,7 l/100 km (klaim)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.