Begini Caranya Membeli Mobil dengan Kartu Kredit

 Otomotif

Begini Caranya Membeli Mobil dengan Kartu Kredit

Kehidupan di kota besar dengan gaya hidup yang super sibuk, untuk sekadar berkunjung ke dealer melihat-lihat mobil terbaru untuk dibawa ke rumah bisa dianggap “banyak” menyita waktu. Beban kerja yang tinggi dan padat ditambah jalan macet, membuat orang lebih memilih berdiam di tempatnya dan mengakses segala sesuatunya via jalur internet. Smartphone di genggaman pun menjadi andalan. Dengan alasan itu, belanja mobil lewat situs belanja online pun makin pantas dijadikan solusi belakangan ini. Selain itu, belanja mobil online ini juga dapat membuat Anda lebih mudah membandingkan harga dan program promosi antar merek tanpa harus menyambangi dealer. Dapat dikatakan membeli mobil via e-commerce lebih praktis. Namun yang juga perlu diperhatikan untuk pembelian secara online adalah jumlah limit di kartu kredit Anda masih mencukupi atau tidak. Jika tidak maka Anda dapat mengajukan penambahan limit ke penyedia kartu kredit. Selanjutnya, selain terbukti praktis, kami akan menjelaskan beberapa hal lain yang kiranya perlu Anda ketahui tentang membeli mobil via e-commerce.

Baca Juga  Aston Martin Buatan Mana?



  • LEBIH PRAKTIS

Sebuah situs belanja online besutan PT Global Digital Niaga, Blibli.com, sedang gencar menarik perhatian masyarakat Indonesia lewat program promosi dan kemudahan pembelian mobil di situs tersebut. Program menarik yang ditawarkan adalah hadirnya cicilan 0% dengan kartu kredit. Situs belanja yang terbilang easy to use ini bekerjasama dengan perbankan penyedia kartu kredit. Dalam hal ini perbankan membeli unit dari dealer secara tunai, kemudian memberikan program cicilan nol persen kepada konsumen melalui situs belanja ini. “Berbeda dengan skema leasing yang mewajibkan pembeli harus membayar down payment (DP) terlebih dahulu dan memerlukan tahapan survei. Melalui sistem pembayaran kartu kredit, pembeli hanya tinggal memilih jangka cicilan mulai dari 3 hingga 12 bulan,” ujar Lay Ridwan Gautama, Head of Trade Partnership PT Global Digital Niaga. Selain itu, membeli mobil dengan kartu kredit lebih praktis, karena Anda tak perlu repot menyiapkan berbagai persyaratan seperti fotokopi kartu keluarga, Pajak Bumi Bangunan, buku tabungan, slip gaji, serta dokumen pendukung lainnya. Hal ini berkat data yang telah diperoleh perbankan ketika nasabah membuat kartu kreditnya. Dengan ini Anda pun tak perlu khawatir lagi pengajuan kredit mobil Anda akan ditolak.

  • MOBIL DIKIRIM SIAPA?
Baca Juga  Pengalaman Pakai Mobil Avanza

Jika membeli kendaraan di dealer, tentunya Anda akan melihat fisik kendaraan, serta dilayani oleh sales counter yang menerangkan fitur hingga simulasi kredit. Nah, pada situs belanja online, Anda tidak dapat melihat fisiknya langsung, tapi tetap dicantumkan harga, spesifikasi teknis dan simulasi kredit. Ketika tertarik membeli, kemudian timbul pertanyaan, siapa yang bertanggung jawab mengirim kendaraannya, apakah pihak penyedia situs belanja online atau tetap dari dealer? “Sebetulnya tanggung jawab pengiriman tetap berada di dealer. Pihak penyedia situs belanja hanya memfasilitasi,” papar Lay.

  • TIDAK TERCOVER ASURANSI

Membeli kendaraan di dealer, sejalan tenor cicilan maka kendaraan ter-cover asuransi yang disediakan pihak leasing. Nyatanya, fasilitas asuransi ini tidak berlaku untuk pembelian secara online dengan program cicilan nol persen. “Dengan skema cicilan 0%, asuransi tidak termasuk atau terpisah. Berbeda dengan pilihan skema leasing yang sudah termasuk biaya perlindungan. Cicilan 0% hanya mencakup jumlah biaya angsuran yang dipecah dalam 3 hingga 12 kali cicilan. Artinya, jika diinginkan, pembeli dapat membeli asuransi secara terpisah,” tambah Lay

Baca Juga  Mobil Listrik Canggih Terbaru

 

Tips Aman

  • 1. Perbanyak referensi yang berhubungan dengan produk serta seller-nya. Bisa melalui rekomendasi komunitas atau forum.
  • 2. Cek reputasi seller melalui profil, alamat, testimoni, nomor kontak dan lain sebagainya.
  • 3. Bacalah term & condition terlebih dahulu.
  • 4. Jika ingin menggunakan transfer antar rekening, pastikan rekeningnya valid dan terpercaya.
  • 5. Simpan bukti transaksi sebagai pendukung jika terjadi masalah di kemudian hari.
  • 6. Jangan mudah percaya pada imingiming harga yang miring atau murah.
  • 7. Jangan mudah percaya pada testimoni, sebab seller yang terindikasi penipu bisa membuat banyak account untuk meningkatkan rating melalui testimoni buatannya.
  • 8. Jangan mudah percaya produk dijual ‘hanya tinggal satu’ serta harganya sangat murah.
  • 9 Beri tahu keluarga, jika Anda melakukan transaksi. Fungsinya agar keluarga dapat menjadi saksi jika ada hal yang tak diinginkan.

Artikel yang kamu Cari ga ktemu? Cari disini. Teknorus.com

Author: 

No Responses

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.