Kenapa Mesin Mobil Innova Menggelitik dan Apa Solusinya ?

 Otomotif


[Total: 0    Average: 0/5]

Kenapa Mesin Mobil Innova Menggelitik dan Apa Solusinya

Hi Mas Andhika! Saya pengguna mobil Toyota Innova tahun 2015 G AT bensin. Akhir-akhir ini saya merasakan kadang-kadang suara mesin mobil mengelitik (bersuara getar grrrrr..). Hal tersebut biasanya terjadi ketika kita menekan gas pada saat persneling tinggi di kecepatan rendah. Namun ini bukan pada kondisi tersebut. Saya sudah tanya beberapa teknisi bengkel resmi, dan ada dua yang menyarankan kosongkan bensin dan ganti dari Pertlite ke Pertamax. Dan saya sudah coba, tapi masih tetap muncul. Mohon bantuan untuk solusinya. Dan apakah hal tersebut punya impact jangka panjang? Terimakasih sebelumnya!

Baca Juga  Contoh Modifikasi Motor Matic Anak Alay Jaman Sekarang

Parlin B Sinag

Kota, Jl Kumbang 11 Cililitan – KramatJati Jaktim 13640

Hi juga Mas Parlin. Jika memang benar suara yang dimaksud adalah suara detonasi atau ngelitik, ada beberapa hal yang bisa menyebabkan hal tersebut. Bila sudah menggunakan bensin dengan oktan tinggi (Pertamax) namun masih saja ngelitik, coba minta ke bengkel resmi atau bengkel umum yang punya alat untuk ngecek tekanan kompresi, untuk memeriksa tekanan kompresinya. Karena saya curiga tekanan kompresinya terlalu tinggi. Meningginya tekanan kompresi di ruang bakar, bisa diakibatkan oleh penumpukan karbon di ruang bakar. Deposit ini juga bisa memicu terjadinya pembakaran dini atau knocking tadi. Tapi, bisa juga diakibatkan debit bahan bakar tidak sesuai dengan pasokan udara, yaitu terlalu sedikit. Tidak sesuainya debit bahan bakar ini, bisa terjadi bila lubang injektor mengecil akibat tumpukan deposit atau tekanan pompa bahan bakar yang kurang dari batasan normalnya. Sementara berkurangnya pasokan udara, bisa karena flter udara kotor dan sebagainya. Oh iya, pastikan juga kinerja busi masih bagus ya. Kalau pemakaiannya sudah di atas 10.000 km, dianjurkan untuk diganti baru. Untuk impact jangka panjang bila mesin sering mengalami ngelitik, bisa membuat mesin mudah overheat, atau bahkan macet.

Baca Juga  Profil dan Sejarah Perusahaan Yamaha

Baca Juga :

Begini Cara Membuat Body Mobil Mengkilap



Sumber : Majalah Otomotif

Artikel yang kamu Cari ga ktemu? Cari disini. Teknorus.com

Author: 

Halo gan, selamat datang di teknorus.com. Teknorus merupakan salah satu website yg menyediakan informasi terbaru seputar perkembangan gadget terbaru. Meski kami bukan situs terbaik yg ada di jagat internet ini. Namun kami berusaha memberikan informasi yang terbaik. Kalau ada pertanyaan, konsultasi, bisa tinggalkan komentar di halaman tanya jawab dan request

No Responses

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.