Mobil Hybrid Terbaik yang Paling Irit BBM

  • Whatsapp

Mobil Hybrid Terbaik yang Paling Irit BBM

Compact Hybrid Ketika Diuji Dalam Kehidupan Sehari-hari

Hybrid, sebuah kata yang terdengar rumit untuk saat ini, dan yang pasti mahal. Di sisi lain, permintaan terhadap mobil hybrid selalu tumbuh secara penjualan. Kami mencoba teknologi tersebut dalam kehidupan nyata: Seberapa besar hybrid Toyota dan Kia benar-benar menguntungkan? Hybrid memiliki sesuatu yang spesial. Beberapa pemiliknya dengan keras kepala memuji keunggulan mobil hybrid, tertama kecanggihan dan efisiensinya. Setelah itu, bagi yang tidak suka hybrid disebutnya itu terlalu mahal, dan tidak lebih baik dari mobil biasa. Tapi bagaimana fungsi hybrid kompak modern saat ini ketika digunakan dalam kehidupan sehari-hari? Apakah mobil-mobil tersebut benar-benar berteknologi tinggi atau hanya sekadar bualan semata? Yang pertama adalah Toyota Prius.

 

Dua puluh tahun lalu, ia sebagai perintis kendaraan hybrid. Generasi keempat ini merupakan pengembangan teknis dari generasi-generasi sebelumnya. Dengan demikian, Prius terbaru ini jadi lebih canggih lagi. Memanfaatkan terowongan angin hanya untuk meningkatkan koefisien geseknya. Kini bagian depan tampil lebih memukau. Sementara bagian buritan utamanya bagian kaca, seperti orang sedang menggunakan kacamata ber-frame tebal. Untungnya ada kamera belakang yang membantu saat berjalan mundur. Efek pintu belakang yang seperti mengambang, ia memiliki kapasitas kargo yang besar. Bagasinya bisa mencapai 501 liter. Bahkan bila jok dilipat bisa mencapai 1.633 liter.

Baca Juga  Kapan Waktunya Ganti Busi Mobil ?

Tentu akan sangat membantu bagi keluarga yang baru pulang liburan. Pada bagian dasbor, akhirnya Toyota menggunakan material plastik yang berkualitas, display layar beresolusi tinggi serta finishing warna piano black yang memberi kesan mewah. Mereka tentu ingin memberikan yang terbaik bagi konsumen. Teknik yang sama juga dilakukan pada SUV kupe asal Jepang ini. Di bagian depan, C-HR tampak seperti ada ‘Taring Drakula’ pada bagian bumper. Jauh lebih penting lagi, pengemudi C-HR akan duduk 9 cm lebih tinggi dari Prius. Terdapat beberapa instrumen, tuas-tuas besar serta dimensi kaca belakang yang kecil membuat penumpang yang duduk seperti sedang terkurung. KIA NIRO MERUPAKAN PRAKTISI DI BAWAH HYBRID Apakah Kia Niro juga sesak seperti C-HR? atau menyenangkan secara konvensional? Mobil hybrid ini akan bekerja mulai dari posisi jok terbaik hingga tampilan keseluruhan yang jauh lebih baik yang bisa dilihat melalui kaca jendela samping.

Baca Juga  Fungsi Filter Oli pada Sepeda Motor

Orang Korea memilih teknik yang berbeda dari Toyota. Alih-alih menggunakan CVT, Kia lebih memilih menggunakan transmisi dual clutch yang dipadu mesin berdaya 104 kW (140 dk) dan juga motor listrik. Tingkat kebisingan ketika di jalan raya masih dalam batas aman ketika mesin 1.6 liter ini menyala saat digunakan di jalan bebas hambatan dan melaju dengan kecepatan 162 km/jam. Satu hal yang cukup mengganggu adalah suspensi yang keras pada Kia Niro. Terutama ketika melintasi jalan pedesaan, bantingan suspensi cukup mengganggu terutama di jalan bergelombang. Mungkin kami lebih memilih desain C-HR yang secara terus-menerus memberi impresi menyenangkan.

Tapi, penggunaan transmisi belt seperti menggunakan mobil dengan kopling selip, sedikit menggangu ketika kickdown. Pelajaran pentingnya, seberapa halus mesin 1,8 liter milik C-HR ketika bekerja. Lalu seberapa lancar penggunaan motor listrik. Dan yang tidak kalah penting, pengisian daya baterai yang saat ini baru terisi setelah malaju satu kilometer menggunakan mesin bensin. Saat kondisi ‘stop and go’, daya listrik pun diambil kembali. Semakin lalu lintas macet, penggunaan mobil hybrid menjadi lebih efisien. Tujuh tahun garansi terdengar baik untuk Kia. Sementara Toyota telah membuktikan keandalannya ketika tes daya tahan Auto Bild saat digunakan sehari-hari. C-HR menawarkan teknologi Prius, desain keren dan posisi duduk tinggi. Bahkan kemampuannya bisa disejajarkan dengan Golf 1.4 TSI yang punya tenaga 140 dk.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.