Modifikasi Motor All New CBR agar Lebih Cepat untuk Balapan

  • Whatsapp

Modifikasi Motor All New CBR agar Lebih Cepat

Pasang Intake All New Yamaha R15 VVA di Aerox 155 – Bikin Downdraft Lebih Asyik

Yup, membuat aliran udara downdraft di motor injeksi memang asyik. Sistem ini biasanya dipakai di motor-motor sport seperti Yamaha YZF-R25, All New Honda CBR250RR dan Kawasaki All New Ninja 250 2018. Downdraft biasanya lebih disenangi dibanding sidedraft, karena udara yang masuk bisa lebih cepat. Sistem downdraft ini lebih unggul dari sidedraft karena didorong gaya grafitasi, yang membantu campuran udara dan bahan bakar lebih cepat masuk ke ruang bakar.

Baca Juga : Tips Untuk Asuransi Mobil Terbakar

Selain itu, posisi injektor lebih dekat dari lubang klep in, menjadikan tenaga semakin responsif. Nah, sistem tersebut diterapkan oleh Henry Yulianto pada Yamaha Aerox 155 lansiran 2017-nya. Bermodal intake manifold kepunyaan Yamaha All New R15 VVA, tapi enggak bisa langsung pasang ya. “Intake kepunyaan All New R15 lebih pendek dan sedikit lebih lurus dibanding Aerox 155. Selain harus membuat dudukan tali gas baru, juga harus membobok bagasi untuk masuknya aliran udara ke throttle body,” bilang pria yang berdomisili di Cibubur, Jakarta Timur ini.

Baca Juga  Spesifikasi Fitur Harga Lamborghini Urus Mansory

Enggak cuma itu, lubang intake manifoldnya juga lebih besar dibanding lubang in head silinder standar Aerox 155. “Jadi, ente harus porting sedikit terlebih dahulu head standar Aerox 155 supaya hasilnya maksimal. Karena, lubang manifold All New R15 VVA lebih besar sedikit,” tambahnya. “Cocok untuk motor yang sudah upgrade ataupun bore up yang diperuntukkan turun balap. Karena dengan menggunakan intake All New R15 VVA ini, tarikan bawah lebih agresif sampai putaran mesin atas masih bertenaga. Padahal, mesin masih standar ting-ting. kita akan coba uji dynotest untuk melihat perubahan powernya,” bilang Nying-Nying sapaan akrabnya.

Namun menurut Nying-Nying, penggunaan intake manifold All New R15 VVA ini masih bisa asal melakukan beberapa penyesuaian lagi. “Seperti harus mencari karet intake yang bengkok atau elbow kaya O-nya Samco yang berukuran 1,5, agar tidak perlu mencoak bagasi. Namun, pasti hasilnya kurang maksimal,” tutup Nying-Nying.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.