Oli Terbaik untuk Mobil Bermesin Bensin dan Diesel

  • Whatsapp

Oli Terbaik untuk Mobil Bermesin Bensin dan Diesel

sebagai media otomotif, pengujian performa dan impresi sebuah mobil sudah jadi rutinitas kami. Mulai dari pengujian regular, hingga tematis dan berbau ekstrem pun pernah dilakukan. Nah, kali ini kami akan menguji keta hanan performa oli dan mesin hingga tahap ekstrem. Auto Bild Indonesia bekerjasama dengan PT Topindo Atlas Asia selaku Agen Pemegang Merek TOP 1 di Indonesia dan PT Grandauto Dinamika selaku Agen Pemegang Merek Land Rover di Indonesia menggagas event bertajuk 168 Hours Non-Stop Extreme Challenge. Metode pengujiannya sebenarnya sederhana. Kami mengajak dua unit mobil asal Inggris, yaitu Land Rover Discovery Sport yang menggunakan oli mesin TOP 1 EVOLUTION OEM SERIES IV 5W-30 API SN 100% Fully Synthetic Oil mengelilingi pulau Jawa selama 7 hari. Selama perjalanan, mesin kedua mobil itu tidak dimatikan. Jadi oli TOP 1 EVOLUTION OEM SERIES IV 5W-30 API SN 100% Fully Synthetic Oil akan terus berkerja memproteksi komponen vital mobil selama 7 X 24 jam atau 168 jam non-stop. Selain oli yang kami gunakan, TOP 1 juga memiliki produk lain yang cocok untuk dipergunakan pada mesin bensin dan diesel modern. Produk itu adalah TOP 1 HP PLUS 10W-30 untuk mesin bensin dan TOP 1 HD PLUS 10W-30 untuk mesin diesel Di samping pengujian mesin mobil yang dioperasikan nonstop, kami juga melakukan serangkaian pengujian tambahan. Pertama, kami akan mengambil beberapa parameter pengujian mobil sebelum dan setelah pengujian non-stop 168 jam.

Baca Juga  Harga Mercedes Benz GLA 45 AMG di Indonesia

Pengujian selanjutnya adalah, sampel oli bekas akan dianalisa laboratorium untuk mengungkap seperti apa kualitas dan kelayakan oli, paska pengujian 168 jam non-stop. Perjalanan kami terdiri dari 8 etape, yaitu Jakarta – Semarang – Surabaya – Banyuwangi – Malang – Jogjakarta – Bandung – Tanjung Leseung – Jakarta. Jika diperhatikan di peta, kami benar-benar mengelilingi Pulau Jawa selama pengujian ini. Banyak tantangan dan kisah unik yang mewarnai pengujian ini. Contohnya, kami harus membiasakan diri agar tidak mematikan mesin saat meninggalkan mobil. Caranya adalah, kami menutup tombol engine start di mobil dengan stiker berwarna hitam, agar tersamar dengan warna dasbor dan agar kami tidak memencet tombol itu. Karena pintu tidak bisa terkunci saat posisi mesin hidup, kami juga harus memberikan perhatian khusus terkait keamanan mobil dan barang bawaan selama perjalanan. Untuk itu, kami harus memarkirkan mobil sedekat mungkin dengan lokasi makan kami agar kondisinya bisa terpantau. Kunci stir dan rantai pun menjadi pengaman tambahan untuk mengunci gerak roda kedua mobil. Kami juga harus bisa bernegosiasi dengan pihak hotel, agar diizinkan untuk tidak mematikan mesin selama menginap. Berbagai kondisi jalan dan lingkungan kami hadapi dalam pengetesan ini, mulai dari jalan lurus yang monoton di jalur Pantura, hingga jalan menikung dengan kondisi permukaan mulus khas Jalur Selatan pulau jawa. Pantura amat terkenal dengan suhu udaranya yang tinggi. Rekor suhu udara luar tertinggi yang kami alami adalah saat melintas di Rembang, Jawa Tengah.

Baca Juga  Inilah Mobil Keluarga Murah yang Paling Nyaman

Tercatat suhu udara luar menyentuh angka 37 derajat Celcius! Tapi terbukti, oli TOP 1 EVOLUTION OEM SERIES IV 5W-30 API SN 100% Fully Synthetic tetap mampu menjaga mesin di performa terbaiknya. Suhu mesin tertinggi pun tercatat di angka 105 derajat Celsius, suhu kerja mesin yang masuk kategori sangat normal. Pada perjalanan ini, kami juga mengunjungi beberapa outlet TOP 1 di kotakota yang dilewati. Outlet tersebut adalah Eleven 7 di Cirebon, Sinar Barito di Semarang, Sumber Jaya di Banyuwangi, Barometer Ban di Jember, Grand Racing di Jogjakarta dan Aegon di Bandung. Kunjungan ini membuktikan distribusi olI TOP 1 yang merata hingga ke seluruh Pulau Jawa. Kami juga memanfaatkan kunjung an outlet TOP 1 ini untuk mengecek kondisi mobil, dengan menggunakan scissor lift milik mereka. Selain menguji performa dan kualitas oli hingga titik ekstrem, pada perjalanan ini kami juga memberikan penghargaan kepada para local heroes yang dianggap berjasa besar kepada lingkungan sekitar. Penghargaan kami berikan dua kali, Surabaya dan saat finish di Jakarta. Saat yang menggembirakan pun menyelimuti tim saat akhirnya kami kembali tiba di Jakarta. Kami tiba di Jakarta Selatan pada pukul 15:00 WIB dan artinya kami telah menguji performa dan kualitas oli TOP 1 EVOLUTION OEM SERIES IV 5W-30 API SN 100% Fully Synthetic selama 171 jam. Hal membanggakan lainnya adalah kami berhasil mendapatkan rekor MURI dengan titel “Ketahanan Mesin dan Oli Mobil Terlama Yang Diope rasikan Non-Stop”. Finish bukan berarti pengujian selesai. Malam harinya, kami kembali bergegas untuk mengambil data akhir pengujian 168 jam. Hasil mengejutkan adalah saat mengetahui hasil konsumsi bahan bakarnya yang ternyata lebih irit dibandingkan saat kami mengambil data awal. Keesokan harinya, kami segera mengambil sampel oli yang telah dipakai dan mengirimnya ke laboratorium untuk diuji. Hasil laboratorium pun menyatakan bahwa oli TOP 1 EVOLUTION OEM SERIES IV 5W-30 API SN 100% Fully Synthetic dinyatakan normal meski telah diuji secara ekstrem.

Baca Juga  Inilah Mobil Hatchback Terbaik untuk Anak Muda

Sumber : Autobil Edisi 345

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.