Inilah Penyebab Mesin Mobil Kotor dan Cara Membersihkannya

  • Whatsapp

Penyebab Mesin Mobil Kotor dan Cara Membersihkannya

Penyebab Endapan Lumpur dalam Mesin.

Oli atau minyak pelumas, adalah hal yang sangat penting untuk mengoperasikan sebuah mesin. Ibaratnya darah dalam tubuh manusia. Bedanya, pelumas harus diganti secara periodik, bisa dengan satuan waktu atau jarak tempuh, tergantung rekomendasi pabrikan mobil. Nah, masalahnya adalah, walaupun sudah banyak pemilik kendaraan yang disiplin mengganti pelumas secara periodik, masih ada saja kendala terjadi. Contoh yang cukup sering terjadi, adanya endapan lumpur di dalam mesin. Apa penyebab masalah ini? Silakan simak ulasannya berikut.

  • ENDAPAN LUMPUR

Lumpur ini bukan berasal dari luar mesin, tapi hasil dari sisa oli yang telah lama tak diganti dan telah terkena kontaminasi berlebih, suhu panas serta kerusakan aditif pada oli. Akibatnya, mesin bisa overheat serta berisiko rusaknya berbagai komponen lain. “Endapan ini terjadi bisa dari 2 hal, kualitas oli yang kurang baik, sering gonta ganti merek oli, atau tidak beli di outlet resmi, karena bisa saja oli palsu. Kedua, adalah terlambat ganti oli, lebih dari 9 bulan atau 10.000 km,” jelas Sartono, Technical Leader Auto 2000 Bintaro, Tangsel. Hal ini juga dikatakan oleh David Tandjung, pemilik Toko Oli Dan Aki (TODA), Jakarta. “Endapan lumpur di mesin, umumnya akibat pemakaian oli yang over. Misal, harusnya ganti di 5.000 km tapi dipaksakan hingga 20.000 km. Ini jika pakai oli asli, jika dapat yang palsu bisa jadi lebih parah,” paparnya. Baca juga : 3 Mobil Bekas Harga 100 Jutaan Fitur Lengkap BBM Irit

 , Mobil Pesaing Innova dengan Harga Lebih Murah , Berapa Konsumsi BBM Suzuki Baleno Hatchback

  • PERIODE GANTI OLI
Baca Juga  Penyebab Mesin Mobil Overheat

Untuk menghindari terjadinya endapan atau kerak, sebaiknya lakukan penggantian oli secara berkala. Kapan waktunya ganti oli mesin? “Sebaiknya ganti oli dengan periode berkala setiap 6 bulan atau 10.000 km,” saran Sartono. David Tanjung memiliki saran lain. “Tergantung kualitas olinya. Untuk yang semi synthetic, sebaiknya per 5.000 km. Untuk yang full synthetic boleh per 10.000 km. Tapi untuk keduanya, flter oli harus diganti setiap 10.000 km maksimal.”

Solusi Bila mesin mobil anda Kotor adalah dengan Engine Flush

  • ENGINE FLUSH

Jika sudah terjadi endapan lumpur, maka yang sebaiknya dilakukan adalah pembersihan mesin total. Jika teknik engine flush tidak mempan mengembalikan kesegaran mesin, ya mau tak mau mesti belah mesin, lalu bersihkan endapan lumpurnya secara manual. Sebaliknya untuk mencegah terjadinya endapan lumpur, selain melakukan penggantian oli tepat waktu, seandainya ingin mengganti oli merek lain, sebaiknya lakukan proses ?ushing terlebih dulu menggunakan cairan engine ?ush. “Cara ?ushing yang benar, sebelum oli ditap, tuangkan dulu cairan engine ?ush ke dalam lubang oli di engine cover. Hidupkan mesin sekitar 5-10 menit. Matikan mesin dan tap oli lama. Ganti flter oli dengan yang baru, terakhir baru tuangkan oli baru ke dalam mesin,” terang David.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.