Suzuki Jimny Edisi Terbaru Akan Segera di Jual Ini Harganya

 Otomotif



[Total: 0    Average: 0/5]

Suzuki Jimny Edisi Terbaru Akan Segera di Jual Ini Harganya

Kehadiran generasi terbaru Suzuki Jimny sepertinya sudah banyak menarik perhatian para penggemarnya beberapa waktu ini. Apalagi di Indonesia, spesies ini cukup sohor di kalangan pecinta jip. Iya, ini lantaran sudah ada info resmi dari Suzuki Jepang lewat laman resminya suzuki.co.jp, yang menginformasikan bahwa Jimny generasi terbaru akan dilansir bulan Juli ini di Jepang. Dari laman suzuki.co.jp juga, ternyata Suzuki sudah kasih bocoran mengenai varian dan tipe Jimny apa yang akan dipasarkan di Jepang. Jadi nantinya akan ada dua varian Jimny yang dibedakan tipe mesinnya. Jimny biasa, mesinnya 660 cc mirip K-Car lain di Jepang, dan Jimny Sierra yang pakai mesin 1.500 cc. Dua varian Jimny berpenggerak 4 roda ini ditawarkan dalam dua pilihan transmisi. Manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan. Untuk yang Jimny biasa, ada 3 trim. Yakni tipe XG (terendah), XL dan XC. Jimny biasa akan wdibekali mesin 3 silinder 660 cc turbo 660 cc saja. Dengan dua pilihan transmisi, manual dan otomatis. Tipe terendahnya sudah pakai 4 airbag dan pelek 16 inci. Sedang tipe paling tinggi (XC), telah dijejali banyak ftur kekinian, seperti dual sensor brake support, LED headlamp, headlamp washer, cruise control system, sein di spion, spion lipat elektrik, keyless push start system.



Kalau lihat spek mesin 660 cc, kemungkinan kecil masuk Indonesia, kecuali mesinnya naik cc, atau pakai tipe mesinnya Jimny Sierra-nya yang 1.500 cc. Selain varian Jimny biasa, Juli nanti di Jepang ditawarkan Jimny Sierra. Tipe Jimny Sierra bukan seperti Jimny Sierra lama dengan atap fberglass yang bisa dicopot. Varian Jimny Sierra di gen terbaru ini menggunakan mesin 4 silinder 1.500 cc, beda sama Jimny biasa yang pakai mesin 660 cc. Mengintip laman Suzuki Jepang, ada dua tipe Jimny Sierra, JL dan JC (tertinggi). Fiturnya enggak jauh beda sama Jimny biasa, hanya mesin saja yang lebih besar, desain bumper dan penambahan over fender. Penggunaan spek roda (ban dan pelek) 15 inci atau malah lebih kecil 1 inci dari Jimny biasa. Nah, apakah Jimny ini akan dijual juga di Indonesia. Walaupun belum ada informasi resmi dari PT. Suzuki Indomobil Sales mengenai kapan waktu tepatnya Jimny ini akan diperkenalkan di Indonesia, namun OTOMOTIF memprediksi kemungkinan besar jip mungil ini akan diperkenalkan tahun ini atau tahun depan. Bukan tak mungkin Jimny akan dihadirkan pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Agustus mendatang. Melihat data spesifkasi mesin pada Jimny yang akan dijual di Jepang akhir minggu ini, besar kemungkinan dapur pacu berkode K15B berkapasitas 1.500 cc (spek Jimny Sierra) yang nantinya akan terpasang pada Jimny di Indonesia. Bukan tanpa sebab, mesin K15B ini sudah familiar di Indonesia, apalagi Suzuki All New Ertiga terbaru juga sudah mengusung mesin ini dibalik kompartemennya. Info kehadiran Jimny di Indonesia pertengahan tahun ini. Bahkan ditengarai varian penggerak roda 4×2 yang disiapkan untuk Indonesia. Kalau benar infonya, ini tentu saja akan membuat banderol Jimny lebih terjangkau. Lebih lanjut, menurut sumber terpercaya, penggerak roda 4×4 tetap akan diberikan dalam bentuk optional. Artinya bisa dibeli terpisah untuk upgrade penggerak empat roda. Penasaran kan!

  • BOBOT
Baca Juga  Mobil Rolls Royce Terbaru 2017

Bobotnya termasuk enteng. Jimny Sierra manual beratnya 1.070 kg, dan yang otomatis 1.090. Sedangkan Jimny biasa bobotnya 1.030 kg (manual) dan 1.040 (otomatis).

  • PART TIME 4WD

Baik Jimny ataupun Sierra, dari trim rendah hingga tertinggi, transmisi manual atau otomotif, semuanya ditawarkan dalam penggerak 4 roda (part time 4WD).

  • DIMENSI

Bodinya mungil dipasangkan di atas sasis ladder frame. Jimny Sierra baru punya postur panjang 3.550 mm, lebar 1.645 mm dan tinggi 1.730 mm, dengan jarak bodi terendah (ground clearance) 210 mm. Ia juga punya jarak wheelbase 2.250 mm. Sedangkan Jimny biasa, mirip-mirip hanya lebar totalnya lebih pendek (1.475 mm).

  • MESIN

Suzuki Jimny biasa menggunakan mesin 658 cc 3 silinder turbocharged berkode L R06A, tenaganya 64 dk pada 6.000 rpm dan torsi 96 Nm pada 3.500 rpm. Jimny Sierra menggunakan mesin 1.500 cc K15B 4 silinder bensin, bertenaga 105 dk pada 6.000 rpm dan torsi 130 Nm pada putaran 4.000 rpm. Spek mesin ini sama dengan Suzuki Ertiga terbaru.

Baca Juga  Mobil Sport Nissan Terbaru Kap Terbuka 2017 Nissan GT-R R35

 

Kalau melihat animo jip Suzuki ini ternyata luar biasa. Buktinya Jimny generasi ke-3 yang sempat dipasarkan resmi oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) saja dari kuota hanya 88 unit, ludes terjual. “Secara proses, penjualan 88 unit itu kurang dari 2 jam unitnya terjual habis. Tahun lalu total inden (Jimny, red) sampai dengan peluncuran di GIIAS 2017 sebanyak 250 unit, tapi kita sediakan Cuma 88 unit,” ungkap Harold Donnel, Head of 4W Brand Development & Marketing ResearchPT SIS di acara Media Test Drive All New Suzuki Ertiga di Bali (28/6). Bahkan, Harold menyebut pasar Jimny sebenarnya unik. Dengan harga jual sekitar Rp 290 jutaan, 88 unit yang terjual tidak price sentitive. “Makanya waktu itu kita buatkan Jimny sebagai collectible item,” jelas pria ramah ini. Dengan refreshment besarbesaran pada Jimny terbaru ini, PT SIS optimis jika Jimny bisa dipasarkan ke Indonesia. Namun ketika ditanya apakah akan diluncurkan di bulan Agustus bertepatan dengan event GIIAS (Gaikindo Indonesia Intenational Auto Show) 2018? Harold menjelaskan di Indonesia masih menunggu kabar dari prinsipal (Suzuki Motor Corporation). “Didoakan saja secepatnya bisa bawa ke Indonesia karena kalau kami pikir Jimny ini adalah salah satu platform icon yang bisa meningkatkan brand image Suzuki. Tidak indah kalau produk itu tidak masuk ke Indonesia.” So, buat Jimny anthusiast bersabar ya

Artikel yang kamu Cari ga ktemu? Cari disini. Teknorus.com

Author: 

Halo gan, selamat datang di teknorus.com. Teknorus merupakan salah satu website yg menyediakan informasi terbaru seputar perkembangan gadget terbaru. Meski kami bukan situs terbaik yg ada di jagat internet ini. Namun kami berusaha memberikan informasi yang terbaik. Kalau ada pertanyaan, konsultasi, bisa tinggalkan komentar di halaman tanya jawab dan request

No Responses

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.