Harga Kawasaki Ninja 250 Bekas dan Baru 2019

  • Whatsapp

Harga Kawasaki Ninja 250 Bekas dan Baru 2019

Bagaimana impresi ftur barunya ketika dipakai sehari-hari? Baca ulasan motor seharga Rp 74,1 juta (tipe SE ABS) OTR JADETABEKSER berikut ini.

KIPASS

Fitur baru yang disematkan adalah KIPASS (Kawasaki’s Intelligent Proximity Activation Start System) atau smart key versi Kawasaki. Ini jadi motor sport 250 cc pertama di Indonesia yang menggunakan ftur smart key. Remote smart key-nya terbilang besar jika dibandingkan milik motor lain misal Honda PCX atau Yamaha Aerox 155. “Jadi konsumen akan dapat remote, kunci abu-abu yang berisi immobilizer sebagai cadangan, ada juga kunci hitam biasa,” sebut Sucipto Wijono,Line Head Sales Promotion, PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI). Remotenya dapat terdeteksi oleh knop pengganti kunci kontak dalam radius 1,6 meter. Sebaiknya remote dikantongi saja untuk memudahkan ketika ingin mengisi bensin, karena pengendara perlu mengeluarkan anak kunci dari remote untuk membuka tutup tangki.

Anak kunci di remote juga berfungsi untuk membuka jok belakang. Lalu bagaimana kalau remote tiba-tiba jatuh saat perjalanan? “Indikator LED oranye akan berkedip sebagai tanda kalau remote di luar jangkauan. Tapi motor masih bisa jalan selama kontak gak diputar off,” urai pria berkacamata ini. Andaikata remote smart key tidak ditemukan, motor masih bisa dijalankan menggunakan kunci cadangan yang abuabu, “Tapi harus menempel di knop kontak, karena kunci abu-abu ada immobilizer di dalamnya yang jaraknya sangat dekat,” tambah Cipto. Oiya knop kontak jika dipaksa diputar tidak akan patah karena akan terus berputar jika remote tidak terdeteksi. Jadi bisa dikatakan KIPASS cukup memudahkan pengendara saat ingin menggunakan New Ninja 250, tak perlu lagi colok kunci dan yang pasti lebih aman dari maling, karena kontak tak bisa lagi dibobol pakai kunci T. Kendati tak ada ftur tambahan seperti alarm atau answer back system layaknya smart key motor lainnya.

Baca Juga  Mobil Porsche Buatan Negara Jerman Termahal, Porsche 718 Boxster S

Performa

New Ninja 250 memiliki mesin 2 silinder segaris 249 cc DOHC, berpendingin cairan dengan diameter piston 62 mm dan langkah 41,2 mm. Karakter mesinnya smooth di putaran bawah hingga tengah khas mesin overbore. Terlebih throttle body-nya menggunakan dual valve sebagai cara membuat konsumsi bensin lebih efsien karena bukaannya diatur oleh ECU. Benar saja, kendati gas dibuka penuh putaran mesinnya naik perlahan dari bawah hingga di kisaran 6.000 rpm. Ketika putaran mesin berada di atas 6.000 rpm hingga limiter di kisaran 13.000 rpm, suara ‘ngorok’ dari dua buah throttle body downdraft-nya langsung terdengar dan menyemburkan tenaga maksimal. Tenaga maksimalnya 31,16 dk di 12.500 rpm dan torsi 19,82 Nm di 10.000 rpm saat dicoba  di atas mesin dyno Dynojet 250i milik Sportisi Motorsport di Rawamangun, Jaktim. Dengan karakter demikian, berkendara menggunakan New Ninja 250 jadi sedikit tricky. Putaran mesin jangan sampai di bawah 6.000 rpm terutama ketika ingin melewati tanjakan atau menyalip kendaraan. Karena jika di bawah 6.000 rpm respon mesin jadi sangat lambat dan bikin gregetan. Ketika dipakai sehari-hari dengan kondisi panas dan macet temperatur mesinnya selalu bermain di 5 bar, dan saat itu juga kipas di radiator akan menyala mengembalikan suhu di 4 bar dengan membuang hawa panasnya melalui celah fairing. Hawa panasnya terasa di sekitaran kaki. Kondisi ini berbanding terbalik ketika New Ninja 250 dikendarai dalam kondisi hujan ditambah melewati suhu udara dingin seperti Puncak, Bogor. Suhu mesinnya hanya bermain di 3 bar saja, ademmm…

Baca Juga  Mobil Crossover Murah Harga 90 Jutaan

Riding Position & Handling

Meski punya tampang baru yang lebih sporty dengan tetap mempertahankan kesan ‘moge look’ berkat fairing lebarnya, posisi duduk New Ninja 250 terbilang nyaman khas sport touring. Ini karena setang jepitnya berada di atas segitiga, sehingga pengendara tak terlalu menunduk. Sementara posisi footstep-nya cukup tinggi, lebih terkesan sporty karena kaki menjadi menekuk. Cocok untuk yang suka cornering atau track day karena footstep jarang menyentuh aspal. Sisi negatifnya postur di atas 170 cm akan merasakan cepat pegal di dengkul karena kaki lebih menekuk. Tinggi jok 795 mm juga masih bersahabat untuk postur 170 cm, kedua kaki masih menyentuh tanah meskipun sedikit jinjit. Karena model joknya rendah di bagian depan, jadi kalau ingin lebih menapak tinggal mepet ke tangki, yang bentuknya ramping di bagian bawah dan membesar di bagian atas. Karakter handling New Ninja 250 sangat baik dari. Mulai dari suspensi depan teleskopik 41 mm yang memiliki karakter soft, sehingga tangan tidak cepat pegal karena jalan tak rata dapat diredam dengan baik. Sisi negatifnya bagian depan akan terasa mengayun ketika cornering kencang. Kalau suspensi belakangnya, setelan pre-load standar di posisi 2 terasa agak kaku untuk pengendara 58 kg.

Tapi gak perlu khawatir, tinggal setel pre-load ke posisi paling lembut dan hasilnya jadi jauh lebih nyaman! Punya tekanan yang lembut tapi rebound-nya tetap lambat membuat karakternya nyaman tapi stabil. Dibuktikan berkendara JakartaBandung-Jakarta ternyata New Ninja 250 fun to ride. Pengendara mendapatkan feeling sporty namun ditopang posisi sport touring yang membuat badan lebih rileks. Yang menjadi masalah joknya tipis khas motor sport, membuat bokong ‘pedas’ ketika berkendara lebih dari 2 jam. Kelincahan serta kestabilan handling New Ninja 250 tentu saja didukung juga dengan karet bundar Dunlop Arrowmax yang cengkramannya ciamik! Pelek depannya 3.00×17 dibalut ukuran ban 110/70-17 dan belakang 4.00×17 dengan ban 140/70-17. Ada ftur assist & slipper clutch, jadi pernya cuma ada 3 buah. Efeknya handel kopling terasa sangat ringan, sehingga untuk bermacet-macetan jemari jadi tidak cepat lelah. Efek negatifnya tiap perpindahan gigi terasa kurang mengentak. Pengereman yang dimiliki pun tidak mainmain, kedua kalipernya menggunakan 2 piston sekaligus! Bedanya cakram dengan diameternya mencapai 310 mm dan belakang 220 mm. Karakter remnya empuk tapi pakem, ditunjang juga dengan ftur Anti-lock Braking System (ABS) yang kinerjanya terasa halus.

Baca Juga  Helm yang Cocok untuk Musim Hujan

KONSUMSI BENSIN

Memiliki perbandingan kompresi 11,6:1, New Ninja 250 tentu masih cocok menggunakan bensin RON 92. Ketika dipakai berkendara keluar kota dengan kondisi jalan lengang konsumsi bensinnya rata-rata bisa 29,3 km/lt. Sementara untuk harian di dalam kota dengan kondisi macet dan sedikit gaspol di beberapa titik konsumsi bensin rata-ratanya 28,3 km/lt

KESIMPULAN

New Kawasaki Ninja 250 MY2019 tak ubahnya versi sebelumnya yang keluar di 2018, bedanya versi yang dibekali ftur KIPASS ini membuatnya jadi lebih modern, proses menyalakan motor lebih mudah dan tentu saja jadi lebih aman. Tapi konsekuensinya mesti ditebus dengan harga yang lebih mahal

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.