Ini Rahasia Membuat Mobil Tetap Kinclong Seperti Baru

  • Whatsapp

Ini Rahasia Membuat Mobil Tetap Kinclong Seperti Baru

Ada beragam cara untuk menjaga mobil Anda tetap berkilau, yaitu dengan menerapkan paint protection alias perlindungan cat. Mobil yang terlihat bersih dan mengilap tentu lebih sedap dipandang. Selain itu, dengan melakukan paint protection Anda juga menjaga cat mobil lebih tahan lama. Sebetulnya, banyak langkah yang dapat ditempuh untuk melakukan paint protection, salah satunya coating atau pelapisan. Bisa dibilang, coating ini bersifat permanen, karena daya tahannya lebih lama dibanding polish dan wax. Dan tidak akan mudah hilang dalam jangka waktu lama, kecuali jika sengaja dihilangkan. Selain itu, dengan coating juga tidak menipiskan lapisan cat. Sebelum memutuskan mengaplikasikan paint protection di kendaraan, alangkah baiknya untuk mengetahui lebih lanjut tentang paint protection

Baca Juga : Perbedaan Lokasi Cup Holder Ertiga Lama dengan Ertiga Baru

 

  • CeramiC CoaTing

Kenapa disebut ceramic? Karena lapisan coating ini mampu memberikan lapisan seperti kaca (glass coat) pada cat. Sehingga glass coat tersebut juga kerap disebut ceramic coat lantaran mampu membuat cat menjadi lebih mengkilap dan terlihat basah. Salah satu gerai car care yang mengaplikasikan teknologi ini adalah Scuto Indonesia. Produk yang berasal dari Amerika ini berupa cairan, yang jika mengering akan membentuk sebuah lapisan menyerupai kaca. “Karena diproses dengan teknologi nano, cairan ini dapat meresap ke pori-pori cat. Membuatnya menjadi permanent coating dengan tingkat kekerasan seperti tempered glass,” kata Ananta Mahesvara dari Scuto Indonesia cabang Pluit, Jakut. Penggunaan ceramic coating diklaim dapat menjaga kilap cat mobil hingga dua tahun. Ceramic coat juga membuat mobil Anda lebih mudah dibersihkan lantaran bersifat water base.Jika berminat, siapkan kocek mulai Rp 3 juta (small car) hingga Rp 6 juta (luxury/sport car). “Harga tersebut sudah sepaket dengan perawatan interior dan ruang mesin,” tambah Ananta. Proses pengerjaannya sendiri memakan waktu 6-8 jam

  • sapphire serum CoaTing
Baca Juga  Sokbreker Mobil Avanza Ertiga yang Bagus dan Murah

Coating berbahan sapphire serum merupakan inovasi terbaru dalam dunia coating kendaraan. Baru ada satu merek yang mengusung teknologi ini, yaitu Topcoat Indonesia yang berada di bawah bendera Makko Group. Menurut Christopher Sebastian selaku CEO Topcoat Indonesia, bahan coating yang digunakan adalah senyawa kimia dari kaca sapphire berkualitas tinggi, yang diproses dengan Nano German Technology. “Sehingga bodi kendaraan menjadi kilap yang ekstrem dan tahan gores dalam jangka waktu lama hingga bertahun-tahun,” tambahnya. Sama seperti ceramic coating, walau berupa cairan, serum ini akan mengeras dan melapisi kendaraan setelah diaplikasikan. Permukaan yang sudah dilapisi Topcoat akan sangat mudah dibersihkan. Karena memiliki sifat Super Oleophobic (tidak mudah tertempel minyak) dan Super Hydrophobic (antiair). Tertarik mengaplikasikan di kendaraan Anda? Siapkan budget Rp 4-6 juta untuk mobil dengan proses 2-3 hari dan Rp 1,3-1,8 juta untuk motor dengan proses 1-2 hari. Harga tergantung dari besar kecilnya kendaraan. Sebagai informasi, gerai Topcoat Indonesia pertama akan dibuka bulan depan di kawasan BSD, Tangsel dan akan menyusul di kota-kota besar lainnya.

Baca Juga  Mobil Jeep Adventure Keren Terbaru

Tetap Perlu di Rawat

Jangan hanya karena mobil sudah dilapisi coating, bukan berarti tidak perlu perawatan. Sebagus apapun merek maupun jenis coating yang dipakai, bila mobil kotor sehabis melewati hujan atau terkena kotoran burung jika tidak segera dibersihkan akan membuat jamur tumbuh subur. “Sebenarnya fungsi coating ini adalah mempermudah kita dalam membersihkan kotoran yang menempel. Cukup lakukan pencucian mobil saja dengan sampo, mobil Anda akan tetap tampil mengilap seperti habis dipoles,” terang Ananta. Ia menambahkan, jika mobil sudah dilapis, disarankan untuk tidak melakukan pemolesan mobil karena dapat mengikis lapisannya.

Tak Bisa Sendiri

Harap diingat, konsumen tidak bisa mengaplikasikan produk coating ini sendiri. Apalagi ini adalah bahan kimia, jadi tidak bisa diterapkan begitu saja pada kendaraan. “Produk ini memang tidak kami jual langsung ke perorangan. Jadi, pelanggan harus datang langsung ke gerai karena ada beberapa tahapan yang mesti dilakukan sebelum mengaplikasian coating. Dan semuanya mesti dikerjakan oleh teknisi profesional,” tambah Christopher.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.