Motor Roda Tiga Tertutup Seperti Mobil

  • Whatsapp

Motor Roda Tiga Tertutup Seperti Mobil

tingkat kepadatan lalu lintas yang tinggi di kota-kota besar me- mang sudah menjadi momok. Terlebih banyaknya penggunaan kendaraan bermotor di perkotaan, membuat ketidak seimbangan antara jalan yang tersedia dengan populasi kendaraan yang kian meningkat setiap tahunnya. Hingga akhirnya terlintas ide untuk mengatasi permasalahan ini dengan menghadirkan alat transportasi yang dapat menekan kepadatan lalu lintas itu. Seperti menghadirkan kendaraan yang dinamai konsep personal mobility vehicle (PMV). Konsep ini menggambarkan sebuah kendaraan yang memiliki dimensi kecil dan hanya mengangkut 1 penumpang. Namun bukannya kendaraan ini justru menambah kemacetan lalu lintas, karena hanya menyediakan tempat untuk satu penumpang dalam satu kendaraan, sehingga membutuhkan banyak kendaraan? Ternyata konsep dari PMV bukan sebuah kendaraan yang dapat digunakan kemana pun. Melainkan menjadi sebuah kendaraan yang dipergunakan untuk menuju transportasi umum, seperti stasiun atau terminal bus.

Toyota pun menghadirkan sebuah kendaraan konsep di segmen PMV yang diberi nama iRoad. Sebenarnya i-Road diperkenalkan pada 2012, tapi personal mobility vehicle (PMV) ini akhirnya memulai debut Eropa pertamanya di Paris Motor Show 2014. Jika dilihat dari eksterior, i-Road memiliki dimensi yang sangat fleksibel untuk digunakan di perkotaan. Jelas, karena i-Road memiliki panjang 2.345 mm, lebar 870 mm dan tinggi 1.455 mm. Tentu terlihat lebih mungil jika dibandingkan mobil kecil saat ini yang beredar di Indonesia, seperti smart dengan panjang 2.695, lebar 1.559 dan tinggi 1.542 mm. Desain yang dimiliki terlihat sangat mencerminkan sebuah kendaraan masa depan. Lihat saja dari lekukan-lekukan yang dinamis sehingga membuatnya memiliki desain yang futuristik. Bagian dalam i-Road terlihat sangat sederhana. Untuk membuka kaca saja tidak mengunakan sistem pemutar, tapi hanya berupa pengait yang bisa dinaik dan turunkan. Begitu juga kenyamanan di kabin, karena mobil ini masih berupa konsep, Toyota tidak menyediakan pendingin udara. i-Road adalah kendaraan yang ramah lingkungan, karena ia menggunakan motor listrik untuk menggerakannya.

Baca Juga  Inilah Mobil Hybrid SUV Terbaru dari Toyota, Toyota C-HR, Seperti Apa Kecanggihannya ?

PMV Toyota ini menggunakan dua motor listrik yang masing-masing memiliki tenaga 1 kW, sehingga total menjadi 2 kW. Tiga 3 baterai Lithiumion digunakan sebagai sumber tenaga. Pengisian baterainya bisa dilakukan di tempat pengisian berkapasitas 100 volt. Ketiga baterai tersebut mampu menggerakan iRoad hinga jarak 150 km dengan kecepatan maksimum 60 km/jam. Meski hanya memiliki 3 roda, i-Road didesain untuk menjadi sebuah kendaraan yang lincah, ia menggunakan gyrosensor. Uniknya, ban yang bertugas memberikan arah ke kanan dan ke kiri ialah ban belakang. Sedangkan 2 ban depan hanya bertugas memiringkan bodi, agar i-Road lebih mudah ketika jalan menikung. Cara kerja gyro-sensor diatur ECU untuk mengkalkulasi sudut condong yang dibutuhkan berdasarkan steering angle. Sehingga tidak perlu khawatir i-Road akan tergelincir ketika bermanuver. Di Jepang penggunaan i-Road sudah cukup terkenal, karena menjadi kendaraan perantara dari rumah menuju tempat transportasi umum. Untuk menggunakan i-Road di Jepang, sistem yang digunakan ialah sewa.

Baca Juga  Kelebihan Menggunakan Bensin Pertamax

Berapa Biayanya ?

Beberapa waktu lalu, Toyota bekerja sama dengan salah satu perusahaan penyewaan kendaraan di Jepang. i-Road pun bisa disewa publik dengan membayar sejumlah uang. Untuk menggunakan i-Road, pengguna dikenakan biaya 412 Yen atau sekitar Rp 44 ribu setiap 15 menit. Anda pun akan dibatasi penggunaannya, karena penyewa hanya bisa meminjam selama 2,5 jam. Penggunaan i-Road ini dimulai di Times Station di Yarakucha ITOCiA dan bisa menggunakan i-Road menuju 5 lokasi yakni Tokyo Tower, Asausa, Odaiba, Palette Town, Tokyo Dome City, atau kembali lagi ke Yarakucha. Calon pengguna bisa mengecek terlebih dulu secara online ketersediaan unit i-Road di salah satu dari enam lokasi tersebut. Jika unit tersedia, mereka pun bisa langsung memesan. Di beberapa negara, PMV ini bisa jadi efektif sebagai transporter penghubung. Terutama di negara yang telah memiliki infrastruktur dan sistem transportasi massal yang tertata rapi.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.