Review Kia Seltos Pesaing Honda HRV Harga Lebih Murah

  • Whatsapp

Review Kia Seltos Pesaing Honda HRV Harga Lebih Murah – Kia kembali menggebrak pasar otomotif Tanah Air di akhir tahun ini. Apalagi setelah lepas dari PT Kia Mobil Indonesia ke PT Kreta Indo Artha (KIA), Indomobil Group beberapa bulan lalu. Salah satunya lewat produk All New Kia Picanto dan All New Kia Rio, yang hadir dengan ftur-ftur yang lebih banyak dan model yang semakin menarik . Eits, enggak cuma dua model itu, PT KIA juga akan meluncurkan Kia Seltos tuh sob! Sebuah medium SUV baru yang memiliki desain, spesifkasi dan juga ftur menarik. Dan dikabarkan harganya pun akan bersaing dengan Honda HR-V.

MESIN 1.400 CC TURBO

Kia Seltos adalah SUV medium yang world premiere-nya sudah dilakukan di Delhi, India pada Juni 2019 lalu. Dan di sana menjadi lokasi produksinya untuk pasar global, termasuk ekspor ke Indonesia. Menurut Han-Woo Park, Presiden dan CEO, Kia Motors Corporation, Seltos adalah mobil yang penting bagi Kia karena akan memainkan peran sentral dalam perluasan jejak global. “Seltos ditujukan bagi pembeli muda yang mengerti teknologi. Seltos mempunyai teknologi dan peranti keselamatan yang paling mutakhir. World premiere ini jadi tonggak penting bagi Kia,” ujar Han-Woo Park. Di Indonesia, Kia Seltos bisa disejajarkan dengan Honda HR-V dan SUV sekelasnya. Karena harganya direncanakan akan diset di bawah HR-V. “Harganya di bawah Rp 400 juta,” ujar Ario Soerjo, Marketing and Development Division Head PT KIA. Bicara dimesin bodi, Kia Seltos sebesar 4.315 x 1.800 x 1.645 mm (P x L x T) dengan jarak sumbu roda (wheelbase) 2.610 mm. Sedangkan Honda HR-V berukuran 4.294 x 1.772 x 1.580 mm dengan wheelbase 2.610 mm.

Baca Juga  Modifikasi Mobil Ford Mustang CS350

Untuk dapur pacu, Kia Seltos punya pilihan mesin beragam di India. Ada mesin bensin (1.500 cc dan 1.400 cc turbo) dan diesel (1.500 cc). Sedangkan pilihan transmisinya tersedia manual 6-percepatan, otomatis 6-percepatan dan DCT (Dual Clucth Transmission) 7-percepatan. Namun kabarnya, PT KIA tidak membawa semua pilihan mesin itu. Melainkan hanya pasarkan Seltos bermesin 1.400 cc turbo GDI (Gasoline Direct Injection). “Kita mulai dengan itu dulu (mesin 1.400 cc turbo, red),” jelas Ario Soerjo saat ditemui di acara Gridoto Award 2019 (19/11). Nah, mesin tersebut berkapasitas murni 1.353 cc, memiliki performa yang tak kalah dengan mesin bensin 1.500 cc nonturbo. Buktinya, tenaga maksimum bisa mencapai 140 dk di 6.000 rpm dengan torsi maksimum sebesar 242 Nm di 1.500-2.300 rpm.

Baca Juga  Mobil Bekas Harga 100 Jutaan Fitur Lengkap BBM Irit 2019

Selain itu, Kia Seltos yang masuk ke Tanah Air akan mengusung girboks 7DCT (Dual Clutch Transmission) 7-percepatan. Model ini diklaim lebih nyaman buat pengemudi ketimbang transmisi manual maupun otomatis biasa, bahkan bisa hemat bahan bakar. Bicara ftur, Seltos termasuk lengkap jika baca spek di website resmi Kia India. Misal lampu depan sudah LED DRL, 6 Airbags, ABS (Anti-lock Brake System), EBD (Electronic Brake Distribution), ESC (Electronic Stability Control), HAC (Hill-start Assist Control). Lalu, sudah ada VSM (Vehicle Stability Management), BAS (BrakeAssist System), front and rear parking sensor, Traction Control dan 360 degree camera with Blind View Monitor dan Driving Rear View Monitor (DRVM). Asyiknya lagi, juga tersedia drive mode (Eco, Normal dan Sport). Lantas HUD (Head Up Display) 8 inci di depan pengemudi dan lainnya. Nah, perihal kapan kehadirannya di Indonesia, Ario belum mau menyebut kepastian tanggal dan bulan tahun depan. Ia hanya menyebut, “Kuartal pertama,” tegasnya saat kembali dikonfrmasi melalui telepon genggamnya (6/12). Siap-siap ya!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.