Mobil Bekas 90 Juta Irit BBM Bandel dan Murah Perawatan

  • Whatsapp
[Total: 0    Average: 0/5]

Mobil Bekas 90 Juta Irit BBM Bandel dan Murah Perawatan

Agya 2016

Tidak hanya bagian eksterior, rupanya Toyota juga melakukan improvement pada bagian teknis baik mesin yang memiliki tenaga lebih besar serta vibrasi yang kini lebih minim Semenjak diperkenalkan bulan April lalu, penjualan Toyota Agya terbaru ini terus me- ngalami lonjakkan. Bahkan hingga akhir bulan lalu, total Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) sudah mencapai angka 5.700 unit. Dari total SPK tersebut, 96,1 persen memang untuk Agya yang pakai mesin terbaru. Artinya, Agya dengan mesin lama masih ada kontribusi sebesar 3,9 persen atau sekitar 222 unit. Fakta lainnya, Agya dengan transmisi manual secara penjualan total masih punya penggemar lebih besar, yaitu sekitar 54 persen. Kami pun penasaran dengan Agya G 1.0 bertransmisi manual, karena ia tidak sekadar facelift semata. Apa saja ubahannya? Agya 1.0 G MT ini dijual harga bekas tahun 2016 seharga mulai 90 juta untuk versi matic maupun manual Pertama dari sisi mesin. Walau masih menggunakan tipe mesin yang sama yaitu 1KR-FE, tapi mesin berteknologi VVT-i ini punya tenaga yang sedikit lebih besar menjadi 67 dk dari yang tadinya hanya 63,5 dk. Torsi yang ia miliki masih sama di angka 89 Nm. Dengan tenaga yang hanya terpaut 3,5 dk sangat sulit kami rasakan perbedaannya. Karakter transmisi juga masih mirip. Transmisi manual 5 percepatan rasio cukup besar yang membuat ‘napas’ mobil jadi lebih pendek.

Baca Juga  Fitur Fitur Wajib pada Mobil Jaman Sekarang

Oiya, penggunaan drive by wire juga cukup menggangu di transmisi manual. Terutama ketika putaran mesin rendah ketika pedal diinjak seketika, respons mesin seperti kurang responsif. Sehingga pengemudi yang belum terbiasa akan menurunkan gigi transmisi agar putaran mesin lebih tinggi. Meski ubahan tenaga tidak terlalu signifikan, tapi Toyota klaim dengan penambahan tenaga tersebut akselerasi 0-100 km/jam menjadi lebih cepat 1 detik menjadi 13,79 detik. Perubahan yang cukup terasa yaitu soal akselerasi pertengahannya. Toyota klaim kalau akselerasi 60-80 km/jam menjadi lebih cepat 1,6 detik. Begitu juga ketika akselerasi dari 80-100 km/jam yang lebih cepat 0,4 detik.

Baca Juga : Mobil Small Hatchback Terbaik cocok untuk Wanita 2019

Baca Juga  Ini Mobil Buatan Swedia Terbaru, Volvo New V90 Estate

Ubahan pada mesin yang bisa kami rasakan adalah soal getaran. Perbaikan pada desain body mounting dan juga gear shift damping membuat getaran bisa diminimalisir walau tidak sehalus mesin Agya empat silinder kapasitas 1.197 cc. Rupanya Toyota juga melakukan improvement soal kebisingan. Perubahan material di bagian atap dan beberapa bagian di seputar dasbor membuat kabin Agya lebih kedap. Klaim Toyota, saat kondisi idle AC off tingkat kebisingannya dari 48,6 dB menjadi 45 dB. Sedangkan ketika AC on, dari 50,9 dB menjadi 50,2 dB. Selain itu, Agya 1.0 G MT kini juga punya fitur lebih lengkap dibanding pertama kali diluncurkan tahun 2013. Sebut saja lampu belakang yang sudah mengandalkan LED. Lampu utama juga sudah menggunakan proyektor walau masih dengan bohlam halogen. Fitur keselamatannya juga semakin banyak. Mulai dari dual SRS Airbag, head rest di setiap jok, seatbelt 3 titik untuk seluruh penumpang, hingga ISOFIX untuk kursi balita. Akankah Agya G 1.0 MT ini masih banyak peminatnya? Atau justru akan kalah saing dengan Agya mesin baru yang lebih bertenaga? Apalagi, harga mobil ini sama persis dengan Calya E transmisi manual yang sudah jelas punya kapasitas kabin lebih besar.

Baca Juga  Mobil Baru Sport Matic 200 Jutaan yang Bagus dan Terbaik

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.