Mobil Eropa Bekas Terbaik Murah Sedan yang Gampang Perawatannya

  • Whatsapp

DAFTAR ISI

Mobil Eropa Bekas Terbaik Murah Sedan yang Gampang Perawatannya

Sudah lama ingin punya mobil premium, tapi kumpul? tenang mobil premium untuk Anda yang budget , masih ada kok belum juga ingin membeli kelas premium dengan budget setara LCGC. Contohnya adalah mercedes-Benz E-Class, dengan kode bodi W 211, atau biasa dipanggil mercy New Eyes oleh publik indonesia. Sedan ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 2002 di Eropa, dan baru masuk ke indonesia setahun kemudian (2003). Ya, memang umurnya sudah lumayan senior sih alias lumayan tua. tapi, saat tiba di lobby hotel atau lapangan golf, dijamin Anda masih dibukakan pintu mobil oleh petugas di sana, hehehe… Pasalnya, E-Class berkode W 211 ini terlihat masih gagah dan berwibawa tuh. Sayangnya, saat diluncurkan pertama kali di bulan Juli 2002, merupakan tahun paling rendah kualitas produksi untuk pabrikan asal Stuttgart, Jerman ini. Untungnya seiring dengan usia produksi selama tujuh tahun, hingga tahun 2009, kualitas produksinya makin membaik. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat akan meminang E-Class W 211. Seperti sistem kelistrikan dan modul komputer yang saat itu baru pertama kali diaplikasikan oleh mercedesBenz pada W 211. Facelift pertama untuk seri W 211, dilakukan mercedes-Benz di tahun 2006, dengan sekitar 2.000 ubahan dan perbaikan pada kualitas produksi dan tambahan ftur. masih di tahun yang sama, mercedes-Benz menghadirkan varian model E 500 dan E 63 AmG, yang pernah dijual juga di indonesia. Jadi, mercedes-Benz E-Class W 211 mana yang masuk ke dalam budget Rp 150-200 jutaan ini?

Baca Juga  Velg Mobil Elegan, dari Serat Karbon

Baca Juga : Sparepart Mobil Suzuki Isuzu Daihatsu Paling Murah

E 200K

Atau disebut juga E 200 Kompressor alias supercharger. Sedan 4 pintu lansiran tahun 2004 ini, dibekali mesin 4 silinder segaris berkapasitas 2.000 cc, lengkap dengan supercharger sebagai suplemen tenaga. Varian ini juga datang dengan sistem transmisi otomatis 5-percepatan triptonic. Harga pasaran model satu ini juga tergantung kondisi, berada di rentang Rp 130-150 jutaan. Jika kondisinya sangat sempurna dan tanpa masalah surat-surat juga teknis, harganya bisa mencapai hampir Rp 200 juta loh. “Untuk E200K, selama ini sangat jarang dijumpai masalah. Sama seperti seri W 211 lain, hanya seputar SCB. Remnya kadang mulai error,” jelas Anton, dari bengkel spesialis Mercedes-Benz, Joekey Motor di Jombang, Bintaro, Tangsel. Gejala masalah SCB ini, mobil kerap ngerem sendiri. “Itu sinyal peringatan agar mobil jangan digunakan, sampai SCB diperbaiki,” imbuhnya. Masalah lain yang juga kerap terjadi pada W 211, lampu depannya lazimnya mulai buram karena terpaan sinar matahari. Jangan lupa pula sebelum memutuskan menebusnya, cek juga kondisi kaki-kaki. Sebab, part kaki-kaki mobil ini bukan lah barang murah loh. Sementara untuk perawatan rutin, yang harus diperhatikan adalah pergantian oli mesin tiap 5.000-10.000 km sekali, plus ganti flter oli per 2 kali ganti oli. Maklum, mobil ini sudah berusia lebih dari 10 tahun. Selain oli mesin, flter udara juga harus diganti tiap 30.000-40.000 km, untuk menjaga agar tidak terjadi overheat pada mesin. Untuk pelumas transmisi, Anton menyarankan untuk menggunakan pelumas long life yang tidak perlu diganti kecuali ada kerusakan atau kebocoran.

Baca Juga  Mobil Diesel Terbaik Ternyaman dan Paling Irit 2019

E 260

Sedan lansiran 2003 ini, hadir dengan transmisi otomatis 5-speed. Mobil ini dipersenjatai mesin V6 berkapasitas 2.600 cc. E 260 terbilang masih nyaman dikendarai sebagai kendaraan harian. “Mesinnya lumayan bandel,” beber Anton soal sedan Mercedes-Benz yang satu ini. Untuk harga, tentu tergantung kondisi. Rata-rata berada di rentang antara Rp 125-150 jutaan. “Yang harus diperhatikan saat membeli E 260 keluaran 2003, juga soal sistem pengereman yang bernama SBC. Karena biasanya mulai bermasalah masuk usia antara 5-8 tahun. Kurang pakem dan timbul warning light di spidometer,” wantinya lagi. Nah, dari kedua model E-Class berkode W 211 ini, mana yang akan Anda pilih?

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.