Modifikasi Audio Mobil

  • Whatsapp

Modifikasi Audio Mobil

 

Meramu High Quality Audio Mobil,  Cara menghadirkan super sound quality unlimited dalam kendaraan Anda.

Dewasa ini perkembangan teknologi sebuah kendaraan bergerak semakin melesat, pun demikian halnya­­ dengan dunia audio mobil. Peranti audio disuguhkan untuk sekadar menjadi teman dan pemanja telinga, hingga diperuntukan untuk tampil di kompetisi lokal bahkan dunia. Banyak sekali faktor yang mempengaruhi kualitas tatanan suara audio mobil. Namun semua kembali lagi soal selera personal dan kepentingan dalam membangun sistem audio dalam mobil. Dalam special story edisi kali ini, kami hendak mengulas beberapa pilihan peranti audio untuk Anda yang gemar suara detil dan mengedepankan sound quality (SQ). Autocar mendatangi Audioworkshop untuk berbincang dan memberi resep mana saja produk yang cocok antara value dan banderol yang diberikan.

modifikasi-audio-mobil-1



Head Unit

Yang pertama soal pemilihan head unit (HU). Instalatur Audioworkshop menyarankan memakai head unit Sony yang dipercaya banyak berpengalaman dalam melansir produk home audio, mobile phone (smartphone), dan audio portable. Salah satu jajaran kelas hi­end, pihak pabrikan asal negara Jepang tersebut memperkenalkan salah satu produk terbaiknya. Salah satunya adalah head unit Sony RSX­GS9, yang memiliki kemampuan menghasilkan kualitas audio dengan resolusi tinggi. Penerima media model 1 DIN ini dapat dihubungkan dengan berbagai jenis perangkat seperti ponsel pintar android, perangkat IOS, dan komputer yang bisa untuk streaming secara langsung. File audio dikirim ke Internal D/A conventer internal yang berkualitas tinggi mencakup pemutaran Native DSD. Pada saat memutar file audio MP3, USB memori dan ponsel android hanya bekerja seagai alat penyimpan data. D/A Conventer terbaik sebagai pemutar Native DSD yaitu mewujudkan kenikmatan mendengarkan audio beresolusi tinggi, Sony telah memilik ES90185, performa tinggi di dunia 32­bit audio D/A converter dari ESS technology, INC. Berkat ES9018S, RSX­GS9 kopatibel dengan pemutar Native DSD, Tidak hanya sebagai pemutar DSD audio mobl pertama di dunia, tetapi juga memungkinkan berbagai jenis file musik yang akan dimainkan kembali dengan rentang dinamis yang belum pernah terjadi sebelumnya serta distorsi ultra yang cukup rendah. Dengan kemampuan seperti itu, head unit hi­end Sony RSXGS9 dibanderol seharga Rp 21 juta. “Untuk sistem audio semacam ini bisa menghasilkan suara yang detil. Biasanya bagi orang yang doyan audio, harga tersebut tidaklah menjadi masalah karena sesuai dengan kualitasnya,” papar Chandra Budiman, Brand Manager Sony Hi­Res Indonesia.

Baca Juga  Modifikasi Honda Beat untuk Balapan

modifikasi-audio-mobil-2

Audio Processor

Adalah fungsi dari processor untuk meningkatkan kualitas sinyal audio. Ia bekerja sebagai equaliser, effect, dan kompresor. Salah satunya adalah Alpine RUX­P800 dan PXA­H800. Kelebihan yang ia miliki adalah memiliki kinerja tinggi 32­Bit digital signal processor (DSP) yang menyediakan kekuatan pemrosesan sinyal secara double (kiri dan kanan) 31­band pemerataan, digital time alignment (time delay) untuk semua output pre­amp, dan 4­channel crossover. Processor ini memiliki presisi yang handal untuk mengolah frekuensi, teknologi linear tingkat tinggi untuk mengubah tegangan op­amp, hi­volt preamp output (5V) X 4 dan jalur sinyal digital langsung melalui USB. Pioneer DEXP99RS diklaim sebagai campuran ‘magis’ teknologi dengan seni, memberikan suguhan pengalaman khas yang tak dimiliki oleh merek lain.

Baca Juga  Mobil Sedan Mewah Milik Prabowo

modifikasi-audio-mobil-3

Speaker Hi-end

Speaker mobil adalah bagian dari komponen audio mobil stereo system untuk hadirkan suara midvokal. Perannya sangat utama untuk menghadirkan suara stereo sistem sehingga suara dapat terdengar. Ada beberapa jenis speaker yang sudah dikenal dan banyak dijumpai di toko audio mobil system. Namun untuk dentuman yang lebih baik, Afung, instalatur Audioworkshop menyarankan untuk memilih satu paket speaker Ultima lansiran Focal. Ultima adalah produk speaker car audio high end dari Focal Diambil dari home audio high end speaker nomor satu di dunia Focal Grand Utopia berharga US$ 20,000. Ultima mengalami evolusi teknologi sehingga menjadi speaker mobil paling top saat ini. Dibuat dari bahan material istimewa yaitu solid Beryllium dan konstruksi back chamber pada tweeter, akan memberi satu definisi baru akan arti kata detail dan ambience. Terdiri dari sepasang tweeter, sepasang woofer 6,5 inci, dan sepasang 8 inci subwoofer, Focal Ultima akan membawa anda masuk ke level yang lebih tinggi dalam dunia Super Sound Quality Unlimited. Hal tersebut bisa dilihat dari respon frekuensi yang dihasilkan mulai 40Hz hingga 40.000Hz.

 

Amplifier

Power amplifier diperlukan untuk menambah suara agar lebih bertenaga dan daya yang lebih besar untuk menaikan kinerja speaker dan subwoofer. Amplifier monoblok dibuat untuk memberi suara bass yang lebih kuat karena daya besar yang dimiliki amplifier tersebut, dan biasanya digunakan untuk membunyikan perangkat subwoofer saja. Sementara amplifier multi kanal dibuat untuk merepro speaker dan subwoofer secara bersamaan. Amplifier kelas A­B memiliki daya relatif kecil namun lebih efisiensi untuk suara musik yang melow seperti instrumen dapat memilih power amp jenis ini. Hal yang mesti dilakukan sebelum memutuskan membeli amplifier, baiknya sesuaikan dengan kebutuhan. Apakah butuh amplifier 4 kanal karena dapat mendrive atau membunyikan speaker dan subwoofer, atau monoblok untuk sekadar membunyikan perangkat subwoofer. Jika nanti ingin mengganti dengan amplifier kelas hi­end, disarankan untuk memakai produk yang memiliki kompetensi tebaik. Salah satunya adalah Sinfoni seri Desiderio, perangkat ini memiliki output hingga 2.100 watt (maksimal), dengan frekuensi respons 10Hz hingga 30KHz, signal rasio lebih dari 100 dB.

Baca Juga  Harga Toyota New Calya dan Harga Daihatsu New Sigra tahun ini

modifikasi-audio-mobil-4

Pemilihan Kabel

Fungsi kabel adalah menyalurkan sinyal audio dari head unit yang diproses di processor hingga ke speaker dan subwoofer. Kabel akan sangat mempengaruhi tingkat kejernihan suara yang dihasilkan. Nah untuk urusan kabel, menurut Afung tak bisa fokus pada satu merek saja. “Untuk top level biasanya pakai Tchernov Ultimate untuk kabel dan RCA. Namun kadang belum tentu pas karen justru kalau pakai kabel mahal frekuensinya malah jadi over. Malah pernah saya instalasi pakai peranti audio high­end justru cocok dengan kabel Domination yang harganya relatif lebih murah ,” tegasnya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.