Review Spesifikasi Harga Interior All New Brio 2019

  • Whatsapp

Review Spesifikasi Harga Interior All New Brio 2019

City car yang praktis untuk berada di kota-kota besar. Namun, tak meninggalkan sisi kesenangan selalu menjadi mobil untuk berkendara. Dengan ftur yang ada dan fungsional menjadikan city car jadi pilihan yang cocok. Paling tidak itulah yang kami rasakan ketika mencoba langsung All New Honda Brio RS CVT, city car keluaran terbaru dari PT Honda Prospect Motor (HPM). Meski memiliki banyak kesamaan dengan saudara kembarnya, All New Honda Brio Satya, di varian tertinggi ini punya kesenangan yang lebih. Terutama bagi yang senang memacu mobilnya. Secara tampilan, varian RS ini memang mewakili rasa berkendara sporty. Adanya spoiler di sekujur tubuh, pemakaian wingdan pelek berukuran 15 inci dengan aksen ‘kipas’ mempertegas kesan tersebut. Seberapa sporty-nya mobil berharga Rp 191 juta ini?

Harga All New Brio 2019

191 Juta

HANDLING

Sesuai dengan segmen yang dimasuki (city car), maka All New Honda Brio RS CVT ini harus punya kepraktisan yang tinggi. Terutama untuk handling saat berada di kemacetan dan juga dalam kondisi jalan kosong. Perputaran lingkar kemudi tidak boleh terlalu berat supaya tangan tak lekas pegal. Nah, karena sudah mengadopsi sistem electric power steering, semua kemudahan untuk beraktivitas dikepadatan lalu lintas terbayar. Berada dalam kepadatan lalu lintas tak perlu risau, karena perputaran lingkar kemudi tetap enteng. Sehingga kalau mau pindah lajur bisa dilakukan dengan mudah. Hal ini juga membantu ketika akan parkir. Dalam kecepatan rendah, putaran setir akan enteng yang membantu pengendara mudah mengarahkan mobil. Selain itu akan sangat membantu ketika bertemu jalan-jalan kecil atau bahkan harus berputar arah. Meski terasa enteng saat pelan, namun saat kecepatan tinggi bisa tetap stabil. Setirnya pun jadi tak terasa enteng, tapi juga tidak berat. Honda mampu mengatur kenyamanan setir di kecepatan rendah dan juga tinggi. Handling yang baik juga bisa dirasakan saat menikung dengan kecepatan tinggi. Mobil masih ‘nurut’ mengikuti pergerakan setir. Tidak ada gejala bodi mobil overshoot. Bisa jadi hal ini karena adanya revisi pada batang stabilizer. Dipakai yang ukuran lebih besar dibanding generasi sebelumnya, sehingga mampu menghasilkan pergerakan mobil yang presisi.

Baca Juga  Spesifikasi dan Harga Hyundai H 1

Baca Juga : Mengintip Mewahnya Fitur Mobilnya Habib Rizieq dan Prabowo

KENYAMANAN

Masuk kabin, nuansa serba hitam akan langsung menyelimuti. Lalu dimana letak nyamannya? Agaknya, Honda menerjemahkan kenyamanan justru dengan menghadirkan kabin dengan nuansa hitam tersebut. Ini bisa tercermin ketika berjalan di tengah terik matahari. Dengan kabin yang hitam, justru jadi tidak silau. Lalu, kalau ada yang bilang, warna hitamkan menyerap panas. Beruntung, pada mobil yang kami coba punya performa kaca flm yang baik. Dengan AC tetap di putaran terendah, terik matahari tak membuat kabin menjadi panas namun tetap menghadirkan kesejukan. Untuk joknya juga membawa kenyamanan yang baik. Dengan model semi bucket, membuat badan tetap menempel sempurna. ‘Nuansa’ layaknya dipeluk ciri khas bucket seat tetap bisa hadir, meski hanya sedikit saja. Namun bagi yang lebih menyukai model jok ‘datar’ dan terbebas dari ‘pelukan’, jelas tak akan menyukai model jok ini. Karena akan sedikit membatasi ruang gerak badan.

Sementara itu, untuk jok belakang punya feeling yang tak jauh berbeda dengan depan. Penumpang akan bisa nyaman duduk pada areanya. Enaknya lagi, di setiap pintu mobil ada konsol yang bisa untuk menyimpan botol minum. Bahkan di pintu bisa 3 botol sekaligus dan masih tersisa ruang untuk penyimpanan gadget atau dompet. Lanjut ke bantingan suspensi. Sebelum membaca, tentukan dulu mindset kenyamanan. Apakah yang mampu meredam setiap adanya bumpy aspal, atau nyaman untuk bermanuver ketika kecepatan tinggi. Jika memilih peredaman bumpy aspal, maka akan menyebut kalau All New Brio RS ini punya suspensi yang keras.Yup, memang benar, karena nyaris setiap perbedaan yang ada di aspal akan dirasakan pada mobil ini. Kami mencoba melindas batu, bantingan langsung terasa di badan. Ini sangat berbeda ketika mencoba pakai tipe Satya. Tapi kalau lebih pilih manuver, sebagai city car, mobil yang masih pakai mesin tipe L ini patut diacungi jempol. Justru dengan karakter suspensi yang ada (beberapa orang akan menyebutnya keras), akan menciptakan kenyamanan saat bermanuver di kecepatan tinggi. Disebut demikian karena mobil justru jadi lebih stabil. Disebabkan suspensi mampu bekerja baik supaya ban terus menapak sempurna di aspal untuk mendapatkan grip.Karakter manuver kecepatan tinggi sangat berbeda dibanding Satya. Pihak Honda menyebutnya sporty tuned suspension. Karakter suspensi tersebut benar-benar menghadirkan nuansa sporty pada varian RS ini

Baca Juga  Spesifikasi Harga Konsumsi BBM All New Chevrolet Trailblazer LTZ

AKOMODASI

Mobil kecil nan praktis, tapi jangan langsung menyangka punya daya tampung yang mungil juga ya. Dengan bodi yang lebih melar dibanding generasi sebelumnya, All New Brio RS ini punya kapasitas bagasi yang lebih baik dibanding generasi sebelumnya. Kapasitas bagasinya mampu menampung 4 koper besar dengan pengaturan yang sesuai. Jadi, bagi yang senang traveling tak perlu khawatir. Hal ini mungkin terjadi karena cekungan lantai bagasi cukup dalam. Sehingga daya tampung juga besar. Namun, ini juga sekaligus menjadi kelemahannya. Karena berarti untuk mengangkat barang dan memindahkannya ke bagasi perlu tenaga lebih.

AUDIO

Sistem audio yang dipasang cukup untuk menemani segala aktivitas. Karena menelpon sangat tidak dianjurkan ketika berkendara, tapi di Brio RS ini tetap bisa dilakukan. Tinggal pairing Bluetooth saja antara gadget dengan head unit, maka komunikasi bisa langsung dilakukan. Tangan tetap di lingkar kemudi, tapi urusan bisnis jalan terus. Enaknya lagi, sudah menggunakan layar 6 inci yang touch screen sehingga mudah terbaca dan juga dioperasikan. Jika hanya ingin menaikkan atau menurunkan volume radio,ah gampang itu sih. Pakai saja kontrol yang ada di lingkar setir, beres deh. Selain itu, sudah compatible juga dengan penggunaan kamera belakang. Sayangnya, kamera belakang bukanlah perangkat standar mobil.

Baca Juga  Cara Agar Udara di Dalam Mobil Tetap Fresh

PERFORMA

Masing menggunakan mesin tipe L dengan kapasitas 1.200 cc. Punya besaran tenaga sebesar 88,7 HP (90 PS) di putaran mesin 6.000 rpm, dengan torsi 110 Nm di putaran mesin 4.800 rpm. Teknologi mesin yang dipakai yakni SOHC 16 katup, i-VTEC dengan drive by wire (DBW). Mengenai angka-angka dan juga data-data tersebut, menyiratkan kalau performanya tidak jauh, bahkan sama seperti varian Satya yang berada di segmen LCGC (Low Cost Green Car). Bisa jadi ini untuk mengejar konsumsi bahan bakar supaya tetap efsien. Kombinasi tersebut jadi sangat cocok bagi city car yang memang penggunaannya akan lebih banyak di dalam kota. Meski demikian, bukan berarti punya daya lecut yang buruk. Contohnya, untuk mencapai 100 km/jam dari posisi diam waktunya 12,7 detik. Ini bisa saja terjadi karena sistem transmisi CVT yang dipakai sudah menggunakan Earth Dream Technology. Suatu teknologi yang terus dikembangkan oleh Honda.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.